PMKRI Cabang Mataram Lakukan Aksi Bersih Bersih Pantai Loang Baloq


Bidik News, Mataram - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia atau PMKRI Cabang Mataram Sanctus Thomas Aquinas melakukan kegiatan bakti sosial yaitu bersih bersih pesisir pantai.

Kegiatan bersih-bersih dilaksanakan di pantai Loang Baloq, Kcematan Sekarbela Kota Mataram, Minggu 21 Mei 2023.

Kegiatan bakti sosial ini telah diinstruksikan dari PP PMKRI kepada seluruh cabang PMKRI di Indonesia untuk melakukan kegiatan bakti sosial.

PMKRI Cabang Mataram ambil bagian. Kegiatan bakti sosial ini dilakukan dalam rangka menyambut Dies Natalis PP PMKRI Sanctus Thomas Aquinas yang ke-76 tahun.

Tema yang di angkat untuk Dies Natalis PMKRI Pusat adalah “Mengabdi Untuk Negeri Menyongsong 2045’.

“PMKRI Cabang Mataram memilih pantai Loang Baloq karena pantai Loang Baloq menjadi salah satu pantai cukup banyak sampah. Dan tentu harus menjadi perhatian kita bersama,” kata Ketua PMKRI Cabang Mataram, Paskalis Waceka

Ia menjelaskan, data menyebutkan bahwa sebanyak 3,9 juta ton sampah dihasilkan di Nusa Tenggara Barat (NTB) selama empat tahun.

Dari data tersebut, sebanyak 2 juta ton sampah belum dikelola dengan baik.

“Selama empat tahun progam Zero Waste, ada sekitar 3,9 juta ton sampah di NTB dan hanya 1,9 juta ton yang terkelola di TPA,” kata Paskalis Waceka.

Ia menilai selama empat tahun kepemimpinan Zul Rohmi program Zero Waste belum mampu menangani persoalan sampah.

Menurutnya, kebijakan Zero Waste tentu harus diapresiasi dan diterapkan oleh semua lapisan masyarakat sehingga NTB menjadi Provinsi yang bersih dri sampah.

Zero Waste menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Provinsi NTB dengan target 70 persen pengelolaan dan 30 persen pengurangan sampah di tahun 2023 ini.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, maka semua elemen masyarakat harus terlibat dan mengambil peran nyata untuk mengendalikan dan mengelola sampah,” tutur Paskalis Waceka.

NTB adalah salah satu dari banyaknya  Provinsi yang memiliki keindahan pantai. Keindahan pantai dan alam yang menjadikan objek wisata NTB sebagai salah satu tujuan wisatawan nusantara bahkan wisatawan manca negara.

Pewarta: Hadi

Editor: BN-02

0 Komentar