Daerah Miskin APBD, Presiden Jokowi Siapkan Dana Jumbo untuk Perbaiki Jalan Rusak


BidikNews,Jakarta
-- Presiden Jokowi menyiapkan anggaran Rp34 triliun pada tahun ini untuk pemerintah daerah (Pemda) yang betul-betul tak mampu memperbaiki jalan rusak di wilayahnya.

Karena itu Jokowi meminta para pemimpin daerah yang merasa tak mampu untuk angkat tangan dan bilang supaya bisa segera dibantu pemerintah pusat.

"Kalau ada jalan rusak segera perbaiki, gubernur, bupari, wali kota, segera perbaiki karena itu tugas bapak ibu. Kalau (jalan rusak), tapi nggak mampu betul (memperbaiki) dan angkat tangan betul, ngomong," ujar Jokowi dalam pembukaan Rakornas Pengendalian Inflasi 2023 di Istana Negara, Kamis (31/8).

Jokowi mengatakan menaruh perhatian besar kepada kondisi jalan di daerah karena salah satu kunci keberhasilan mengendalikan inflasi adalah distribusi tak terganggu. Caranya dengan memastikan infrastruktur jalan dalam kondisi baik.

Namun, Jokowi menekankan pemerintah pusat hanya betul-betul menggelontorkan bantuan perbaikan jalan ke wilayah yang APBD nya memang seret atau sedikit.

"Saya cek lapangan nanti, kalau APBD berat dan jalan rusak betul, ya (pusat ambil alih) karena sudah disiapkan dari menteri keuangan Rp34 triliun. Jangan sampai APBD dipakai yang lain, jalan dibiarkan rusak," pungkasnya.

Pewarta: Tim BidikNews


0 Komentar