Pesan Wabub Dompu Dihari Kunjung Perpustakaan, Kebiasaan Mendongeng Pada Anak Jadikan Sebagai Tradisi


BidikNews,Dompu,NTB
- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyambut hari Kunjung Perpustakaan mengadakan lomba mendongeng antar Guru TK/Paud dan SD/MI Se-Kabupaten Dompu bertempat di gedung Dinas  Selasa (26/09/23).

Perlombaan mengangkat tema “Membangun Karakter Anak Melalui Mendongeng” dihadiri Pimpinan OPD, Bunda Literasi, Guru /Wali Murid serta anak didik TK/Paud, SD dan MI.

Wakil Bupati Dompu dalam amanatnya mengatakan kebiasaan mendongeng harus menjadi tradisi orang tua kepada anak, terutama pada saat menjelang tidur.

Karena menumbuhkan inspirasi dan inovasi bagi anak, menjadi gambaran sikap dan prilaku mereka, digambarkan lewat cerita sikap baik dan buruk seseorang.

Wabup menambahkan tradisi mendongeng merupakan  ciri khas bangsa kita dan budaya ini harus dilestarikan.

Daerah Bima-Dompu banyak dongeng menceritakan nilai-nilai yang mengajarkan kemandirian, ketekunan dan kedisiplinan kehidupan untuk diajarkan kepada anak.

Diakhir sambutannya H. Syahrul Parsan berpesan kepada orang tua, agar tidak terbiasa mendidik buah hati dengan cara dimanja.

Hal ini harus dibiasakan agar mereka menjadi pribadi yang biasa mencari jalan keluar setiap masalah yang dihadapi dengan cara mereka sendiri.

“Insya Allah jika kebiasaan ini diterapkan anak kita akan mudah meraih kesuksesan dimasa mendatang”ungkapnya.

Kesempatan yang sama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dompu Wahidin M.Si dalam laporannya menyampaikan peserta  lomba mendongeng berasal dari TK/Paud dan SD/MI Negeri/Swasta yang ada di kabupaten Dompu sebanyak 20 orang peserta.

Tujuan pelaksanaannya, Memberikan ruang kreatifitas bagi guru pendidik dalam mendongeng, Meningkatkan keterampilan guru dalam mendongeng sebagai media pembelajaran di lingkungan sekolah serta Menanamkan pendidikan karakter pada anak usia dini 

Pewarta: Iwan.Westom




0 Komentar