Efek Anis Capres, Mori Hanafi Berpeluang Masuk DPR RI Dapil NTB 1 di Pileg 2024


Keputusan Partai NasDem untuk mencalonkan Anies Baswedan dipastikan membawa dampak secara politik. Ada potensi kenaikan suara, serta kemungkinan perginya sejumlah kecil kader dan pemilih berpindah haluan.

BidikNews,Mataram,NTB - Sejak nama Anies Baswedan mengerucut sebagai salah satu calon presiden bersama Muhaimin Iskandar, Masyarakat di berbagai wilayah mulai melirik partai-partai pengusung pasangan "Amin" ini 

Salah satu Dapil yang memberi efek politik adalah Daerah Pemilihan DPR RI NTB 1 meliputi Kabupaten Sumbawa, Sumbawa barat, Dompu Kabupaqten Bima dan Kota Bima.

Di Dapil NTB 1 tersebut bercokol sejumlah nama salah satunya nama H. Mori Hanafi yang berada di urutan 1 Partai NasDem. Ada juga nama H.Johan Rosihan di Partai PKS yang berada di nomor urut 1 dan ada juga caleg DPR RI melalui Partai PKB.

Oleh banyak pengamat memandang bahwa Mori Hanafi dan Johan Rosihan berpeluang besar untuk menduduki kursi DPR RI melalui Dapil NTB 1. Hal tersebut terjadi akibat efek yang ditimbulkan oleh masuknya Anis Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai Capres periode 2014-2029 mendatang.

Hasil pantauan media ini menyebutkan kebanyakan masyarakat saat ini khususnya dapil NTB 1 pulau Sumbawa menginginkan Anis Baswedan sebagai Presiden RI yang mengusung tema Perubahan, sehingga dampak dari pencalonan pasangan “Amin” ini sangat menguntungkan bagi Partai pengusungnya dalam memilih calon-calon anggota DPR RI pada pileg 2024.

Ketika keinginan masyarakat kebanyakan tertuju pada sosok Anies Baswedan Maka dapat dipastikan suara pemilih akan banyak tertuju pada partai-partai pengusung dan pendukung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Kepada media ini, sejumlah masyarakat pemilih mengatakan, diusungnya Anis Baswedan sebagai capres maka yang akan diuntungkan adalah partai pengusung dan partai pendukung pasangan "Amin".

Berpeluangnya Mori Hanafi (NasDem) dan Johan Rosihan (PKS) masuk di DPR RI peride 2024-2029 mengingat seringnya terdengar kalimat yang kerap dilontarkan para pemilih yang menyebutkan apapun partainya presidennya Anies. 

Sepanjang partai itu mencalonkan Anies, ya dukungan kepada caleg partai yang mengusung dan mendukung pasangan Amin itu,” ujar sejumlah warga yang dihimpun media ini.

Berpeluangnya Mori Hanafi masuk sebagai Anggota DPR RI pada pileg 2024 mendatang sangat beralasan mengingat militansi serta simpatisan masih setia dengan mantan Wakil Ketua DPRD NTB itu. Mori Hanafi juga hingga saat ini masih dipercaya sebagai Ketua KONI NTB. 

Pewarta: Dae Ompu


0 Komentar