Kemeriahan Dies Natalis UIN Mataram ke 57 Gambarkan Kebersamaan Civitas Akademika


Bagi perguruan tinggi, Dies Natalis mempunyai makna yang penting, karena bukan hanya sebagai penanda bertambahnya usia, tetapi juga menjadi penanda tingkat kedewasaan dalam berkarya, dan merupakan suatu kesempatan untuk menguatkan komitmen akan perubahan demi kemajuan perguruan tinggi tersebut. 

Bidiknews,Mataram,NTB - Peringatan hari lahir perguruan tinggi dan dianggap sebagai peristiwa penting yang menandai awal perjalanan pendidikan dari suatu lembaga pendidikan. Seperti halnya Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram. 

Senin 23 Oktober 2023 UIN Mataram telah memasuki usianya yang ke 57 Tahun. Usia yang telah matang dan juga menjadi salah satu Universitas idola bagi ummat di Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Kesempatan Dies Natalisnya yang ke 57 ini UIN Mataram mengadakan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan seperti gerak jalan sehat dan donor darah.

Kemeriahan dies natalis Universitas Islam Negeri Mataram menggambarkan UIN telah mempersatukan anak bangsa dari Sabang sampai Merauke. Tidak hanya mahasiswanya namun juga para pegawai dan seluruh civitas akademikanya. 

Dies natalis UIN Mataram yang ke 57 tahun juga menggambarkan semangat dengan satu visi meningkatkan kualitas layanan proses penyelenggaraan pendidikan yaitu semangat bekerja bersama menuju Indonesia yang maju.

Rangkaian kegiatan Dies ke-57 UIN Mataram tahun 2023 ini melibatkan partisipasi dari mahasiswa, dan seluruh civitas akademika dengan berbagai kegiatan seperti gerk jalan sehat dan bakti sosial donor darah. 

Kegiatan tersebut untuk menanamkan rasa kebersamaan seluruh civitas akademika UIN Mataram sekaligus untuk peningkatan wibawa akademik selain program dan keberhasilan yang spektakuler lainnya yang telah ditorehkan.

Sejak berdirinya pada tahun 1966 silam, kini, Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram sudah berumur 57 tahun. Berawal dari kampusnya yang cukup sederhana UIN Mataram mengalami perubahan demi perubahan sehingga menjadi sebuah kampus yang ternama dan menjadi kebanggaan masyarakat NTB khususnya dan bangsa Indonesia umumnya. 


Sebelumnya UIN Mataram dikenal dengan nama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Cabang Mataram. Seiring perjalanan waktu kampus ini berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mataram. Beberapa tahun kemudian STAIN Mataram mengganti nama menjadi Istitut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram.

Tak cukup sampai di situ, perjalanan sebagai lembaga pendidikan yang terus berinovasi membangun ummat, IAIN Mataram terus menapak kemuka sehingga pada tahun 2017 berubah menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.

Di usianya ke 57 tahun ini UIN Mataram semakin maju dan berkembang. Terdapat  16 ribu mahasiswa yang menimba ilmu melalui 5 fakultas yang tersedia dan didukung oleh 36 guru besar. 

Untuk itu UIN Mataram akan menggelar sidang senat terbuka dalam rangka Dies Natalis untuk memperingati hari jadinya yang ke-57, pada Selasa 24 Oktober 2023.

Pewarta : Dae Ompu

0 Komentar