Penutupan Asesmen Lapangan Prodi Piaud FTK UIN Mataram, Rektor Masnun Tahir Menyerahkan Kepada yang Kuasa dan Kepada Yang Maha Kuasa


Asesmen sebagai upaya untuk mendapatkan data/informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa baik kinerja mahasiswa, kelas/mata kuliah, atau program studi dibandingkan terhadap tujuan/kriteria/capaian pembelajaran tertentu. Seperti halnya yang dilakukan UIN Mataram, berikut laporannya.

BidikNews,Mataram,NTB - Asesmen Lapangan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Mataram dimulai 9 November 2023 kemarin berakhir setelah selesai melakukan observasi pembelajaran pada perkuliahan di lingkungan Program Studi PIAUD di Gedung SBSN UIN Mataram.

Penutupan Asesmen Lapangan (AL) dihadiri oleh kedua asesor, Rektor UIN Mataram, Prof. Dr. TGH Masnun Tahir, M.Ag, Wakil Rektor 1 Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag, Wakil Rektor 2 Prof. Dr. H. M. Zaki Athar, M.Pd,  Ketua LPM UIN Mataram Prof. Dr. Winengan, Dekan FTK UIN Mataram, Dr. Jumarim, S.Ag., M.HI, beserta Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Wakil Dekan 3, Kabag TU, kelompok jabatan Fungsional  dan para dosen PIAUD.

Dua asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK), Dr. Ocih Setiasih, M.Pd dari Universitas Pendidikan Indonesia Semarang, dan Prof. Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I, M.Pd dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan observasi di kelas-kelas PIAUD di Gedung SBSN untuk memastikan  proses perkuliahan berjalan sesuai dengan konsep-konsep pembelajaran yang sesuai dengan abad 21.

Pada acara penutupan yang dipandu oleh Wakil Dekan 1 FTK UIN Mataram, Dr. Saparuddin, M.Ag memberikan kesempatan kepada kedua asesor untuk menyampaikan hasil penilaian terhadap pengelolaan program studi PIAUD di FTK UIN Mataram apakah telah memenuhi standar atau melampaui standar pengelolaan sebuah program studi berdasarkan undang-undang pelaksanaan pendidikan tinggi.

Dr. Ocih Setiasih, M.Pd memberikan pujian terhadap semua komponen penilaian yang disambut tepuk tangan meriah oleh semua peserta termasuk Wakil Rektor 1 Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag., Wakil Rektor 2 Prof. Dr. H. M. Zaki Athar, M.Pd, Ketua LPM UIN Mataram Prof. Dr. Winengan dan para dosen PIAUD. Terlebih dengan besarnya perhatian Rektor UIN Mataram Prof. Dr. TGH Masnun Tahir, M.Ag mengawal proses asesmen lapangan akreditasi program studi PIAUD yang tampak sejak penerimaan pembukaan kemarin.

Prof. Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I, M.Pd, yang mendapatkan kesempatan kedua dalam panel hasil asesmen lapangan memberikan beberapa saran yang konstruktif untuk kemajuan Program Studi PIAUD di waktu yang akan datang terkait dengan Jabatan fungsional dosen, publikasi internasional dosen dan keseimbangan gender mahasiswa. Secara umum, pengelolaan program studi PIAUD di FTK UIN Mataram sudah sangat luar biasa, singkatnya.

Rektor UIN Mataram Prof. Dr. TGH Masnun Tahir, M.Ag yang memiliki latar belakang almamater sama dengan Mas Prof Sigit menyampaikan bahwa semua tim akreditasi program studi PIAUD telah mencurahkan semua potensi yang dimiliki dengan maksimal untuk mendapatkan hasil akreditasi terbaik maka selanjutnya kami serahkan kepada yang kuasa yaitu para asesor yang memiliki wewenang untuk menilai dan kepada Yang Maha Kuasa,” tutupnya. 

Pada kesempatan yang berbeda Dekan FTK UIN Mataram, Dr. Jumarim, M.HI mengakui bahwa perolehan akreditasi yang maksimal adalah salah satu indikator kontrak kinerjanya dengan Rektor UIN Mataram minimal dengan memperoleh akareditasi baik sekali, jika akreditasi prodi PIAUD ini memperoleh nilai UNGGUL berarti indikator kontrak kinerja saya telau melampui, itulah yang menjadi harapan semua," singkatnya. 

#UINMataram

#UniversitasIslamNegeriMataram

#FTKUINMataram

#PIAUDUnggul

Demikian disampikan Kabag Humas dan kerjasama UIN Mataram kepada media di Mataram

Pewarta: Tim BidikNews


0 Komentar