Peringatan Isra` Mi`raj di Masjid Al Achwan GPI Mataram, Hadirkan Penceramah Prof. DR. H. Abdul Fatah, M.Fil.I


Isra Mi’raj merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam. ‘Isra’ sendiri merupakan peristiwa yang menceritakan perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsa di Yerusalem. Sementara ‘mi’raj’ merupakan perjalanan Rasulullah SAW dari Bumi menuju Sidratul Munthaha untuk menerima perintah sholat dari Allah SWT.

BidikNews.net,Mataram,NTB - Pada hari Minggu, 1445 Hijriyah bertepatan dengan Tanggal, Hari Ahad, 11 Februari 2024 M, Jamaah Muslim Griya Pagutan Indah Mataram mengadakan peringatan Isra Mi’raj dengan tema “ Isra` Mi`raj Nabi Muhammad SAW sebagai Wahana Menjaga Perdamaian dalam Bingkai Keberagaman”.

Acara peringatan Isra` Mi`raj yang dilaksanakan setiap tahunnya ini di selenggarakan atas kerjasama Pengurus Takmir Masjid Al Achwan bersama Jamaah Muslim di Lingkungan Griya Pagutan Indah (GPI) Kelurahan Pagutan Barat Kecamatan Mataram Kota Mataram Provinsi NTB.

Peringatan Isra` Mi`raj kali ini menghadirkan Prof. DR. H. Abdul Fatah, M.Fil.I sebagai penceramah. Abdul Fatah sendiri merupakan salah satu dari puluhan Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.

Acara yang berlangsung khidmat di masjid Al Achwan tersebut dihadiri seluruh jamaah muslim Griya Pagutan Indah, antara lain, Imam Besar Masjid Al Achwan Drs. H. Muhammad Nasikhin, M. Ag, Prof. DR. H. Ahmad Amir Aziz, M.Ag (Guru Besar UIN Mataram).

Turut hadir Lurah Pagutan Barat, Irawan Kusumahadi, SH,MH, Bhabinkamtibmas Pagutan Barat, Aipda Adhar, Remaja Masjid dan Ibu-ibu Majlis Taklim Al Achwan, Kepala Lingkungan dan seluruh ketua RT se GPI.


Acara peringatan Isra` Mi`raj ini dipandu oleh Sekretaris Takmir Masjid Al Achwan, Ustadz Ilhamuddin, S.Pd, dan diawali dengan sambutan Ketua Takmir Masjid Al Achwan Prof. DR. H. Maimun Zubair, M.Pd. yang juga Guru Besar Universitan Islam Negeri (UIN) Mataram

Dalam sambutan singkatnya, Prof. DR. H. Maimun Zubair, M.Pd. menyampaikan terimakasih kepada seluruh Jamaah Muslim di Lingkungan Griya Pagutan Indah Mataram yang hingga saat ini tiada henti mengikuti syiar-syiar dakwan Islam seperti peringatan Isra` Mi`raj yang dilaksanakan saat ini. 

Dengan mengenal dan mengenang perjalanan Rasulullah, semoga menambah getar keimanan ini kepada Allah dan selalu bersyukur, sekaligus untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT,” Kata Ketua Takmir Masjid Al Achwan itu diawal sambutannya.

Peringatan Isra Mi’raj dengan tema “ Isra` Mi`raj Nabi Muhammad SAW sebagai Wahana Menjaga Perdamaian dalam Bingkai Keberagaman” ini, berangkat dari pemikiran bahwa dengan keberagaman yang dimiliki Indonesia, hendaknya kita semakin bersatu, bukan tercerai berai,” Kata Prof. Maimun Zubair

dalam sambutannya Prof.Maimun Zubair mengatakan, Keberagaman yang ada adalah kekayaan dan keindahan yang dimilki bangsa Indonesia. Untuk itu pemerintah terus mendorong keberagaman tersebut menjadi suatu kekuatan untuk bisa mewujudkan persatuan dan kesatuan nasional menuju indonesia yang lebih baik.

Tentunya makna yang dikandung dari tema yang diusung pada peringatan Isra` Mi`raj kali ini untuk memperkuat sikap toleran dalam kehidupan beragama yang dapat menumbuhkan kedamaian, sehingga keharmonisan pun tetap terjaga dengan baik. 

Dikahir sambutannya ketua Takmir Masjid Al Achwan, Prof.DR. H. Maimun Zubair mengajak kita semua untuk menjadikan peringatan Isra Miraj ini sebagai momentum untuk mempererat tali silaturahim, meningkatkan amal ibadah, semoga peringatan Isra Miraj ini pula menjadi ladang keberkahan bagi kita semua.” Tutup Guru Besar UIN Mataram itu.

Sementara itu, Prof. DR. H. Abdul Fatah, M.Fil.I dalam uraian hikmah Isra` Mi`raj mengutarakan, peristiwa Isra` Mi`raj adalah perjalanan luar biasa yang dialami oleh Rasulullah SAW, di mana Beliau diberangkatkan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan kemudian naik ke langit-langit yang tinggi, menembus dimensi-dimensi yang tidak dapat dijangkau oleh akal manusia.

PenceramahProf. DR. H. Abdul Fatah, M.Fil.I Berpose bersama dengan Ketua Takmir Masjid Al Achwan Prof.DR. H. Maimun Zubair, beserta tokoh agama, serta Lurah Pagutan Barat, Irawan Kusumahadi, SH,MH dan Bhabinkamtibmas Pagutan Barat, Aipda Adhar

Peristiwa ini bukan hanya sekadar pengalaman pribadi Rasulullah, tetapi juga merupakan satu-satunya peristiwa di mana manusia diizinkan merasakan kebesaran Allah secara langsung.” Kata Prof. DR. H. Abdul Fatah, M.Fil.I mengawali ceramahnya.

Dari uraian himah Isra` Mi`raj kali ini ada banyak hikmah yang diambil dari isi ceramah yang disampaikan Prof. DR. H. Abdul Fatah, M.Fil.I bahwa, Perjalanan Isra Miraj memberikan pelajaran berharga bagi kita semua antara lain sebagai berikut:

Pertama, ia mengajarkan tentang kekuasaan Allah yang tak terbatas. Betapa besar dan luas cakrawala yang Allah ciptakan untuk mengajarkan kita tentang kemahaan-Nya. Dalam setiap langkah Isra Miraj, kita diajarkan untuk merenungkan keagungan dan kebesaran Sang Pencipta.

Kedua, Isra Miraj mengajarkan kita tentang pentingnya salat. Rasulullah SAW menerima perintah salat dalam perjalanan ini, dan ini menjadi kewajiban yang harus diemban oleh setiap Muslim. Salat adalah sarana bagi kita untuk menghadap Allah, bersyukur atas segala nikmat-Nya, dan memohon petunjuk-Nya.

Ketiga, Isra Miraj mengingatkan kita akan pentingnya tawakal dan kepercayaan kepada Allah. Rasulullah SAW melewati berbagai tingkatan langit dan bertemu dengan para nabi yang mendahului-Nya. Ini adalah bukti bahwa Allah memiliki rencana yang sempurna untuk setiap hamba-Nya. 

Oleh karena itu, kita perlu meyakini bahwa setiap ujian dan cobaan yang kita hadapi adalah bagian dari rencana-Nya yang lebih besar. Ujar Prof. DR. H. Abdul Fatah, M.Fil.I

Hikmah lain yang dapat diambil dari uraian ceramah Guru Besar UIN Mataram itu mengajarkan kita sebagai umat Islam, kita memiliki tanggung jawab untuk mengenang dan memahami peristiwa Isra Miraj ini. 

Dikahir uraian hikmahnya Prof. DR. H. Abdul Fatah, M.Fil.I  mengajak kita semua agar mengambil hikmah dan pelajaran darinya untuk meningkatkan kualitas iman dan ibadah kita.

Mari kita tingkatkan kecintaan kita kepada Allah, teguhkan ketaatan kita, dan jadikan Isra Miraj sebagai inspirasi untuk meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat. 

Akhir kata, marilah kita bersama-sama mendoakan agar kita selalu diberikan kekuatan iman, ketabahan dalam menghadapi cobaan, dan mendapatkan rahmat serta maghfirah Allah SWT.” tutup Prof. DR. H. Abdul Fatah, M.Fil.I yang diamaini seluruh jamah muslim yang memehuni Masjid Al Achwan GPI.

Pewarta: Dae Ompu




0 Komentar