Ibu-ibu Tahsin Qur`an Al Achwan GPI Mataram Laksanakan “Tadabur Alam” Untuk Menyaksikan Langsung Keagungan Sang Pencipta


Tadabbur alam sebagai salah satu cara untuk lebih mengenal tanda-tanda kebesaran Allah SWT dengan merasakan dan hadir langsung melihat ciptaan-Nya yang indah dan mengagumkan.  Tadabbur alam juga termasuk salah satu bentuk ibadah yang dapat mendekatkan diri kita kepada Sang Pencipta yang dapat meningkatkan keimanan kita.

BidikNews.net,Mataram - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah kedekatan dengan Allah SWT, salah satunya melalui kegiatan tadabbur alam. Bagi masyarakat Islam, kegiatan ini dikenal juga dengan istilah tafakur alam.

Demikian hikmah yang dapat diambil dari kegiatan Tababur alam yang dilaksanakan Ibu-ibu Tahsin Al Achwam Griya Pagutan Indah Mataram yang berlokasi di Pantai Kerandangan Senggigi Lombok Barat sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 H/2024 Masehi.

Tadabur alam ini diikuti oleh 25 dari 30 anggota yang tergabung dalam Ibu-ibu Tahsin Al Qur`an Al Achwan Grriya pagutan Indah. Turut hadir dalamm kegiatan Tadabur alam ini antara lain, Ketua Majelis Taklim Al Achwan, Ibu Hajjah Nurhasanah H. Slamet Mawardi dan Ketua Tahsin Ibu Hj. Nurfitriani H. Syarifuddin serta Ketua Kelas Tahsin Ibu Sri Aryani Ilyas yang dipandu oleh Pengajar Tahsin Qur`an Ustadzah Luluk Haryanti.

Dilokasi Tadabur Alam, Pengasuh sekaligus Guru Tahsin Qur`an Ustadzah Luluk Haryanti menyampaikan bahwa Allah telah menciptakan alam dengan begitu indah, tugas sebagai manusia adalah menjaga dan melestarikan segala anugerah keindahan tersebut.’ Ujar ustadzah Luluk.


Dengan melakukan aktivitas di alam seperti ini akan semakin mendekatkan kita pada alam melalui kegiatan Tadabur alam.” Lanjut Guru Ngaji Ibu-ibu Tahsin ini.

Dalam suasana yang syahdu di panorama alam yang indah pantai kerandangan itu, Ustdazah  Luluk Haryanti mengungkapkan, Tadabur alam merupakan sarana pembelajaran untuk lebih mengenal Allah SWT yang menciptakan langit dan bumi beserta isinya. 

Tadabur alam akan membersihkan diri dan jiwa kita dari energi-energi negatif yang mungkin telah bersemayam di hati dan fikiran kita dan sebagai rasa syukur atas karunia Allah yang maha luas.” Katanya.

Pada kesempatan itu pula Ketua Majlis Taklim Al Achwan Griya Pagutan Indah (GPI) Mataram  Hj. Nurhasanah H. Slamet Mawardi, menyampaikan dengan Tadabur alam yang dilakukan ibu-ibu Tahsin Qur`an diharapkan ini dapat memotivasi ibu-ibu yang lain untuk bisa lebih aktif dalam kegiatan yang sama sekaligus untuk mempererat tali silaturrahmi antar ibu-ibu yang ada di lingkungan Griya Pagutan Indah (GPI) Mataram.


Hj. Nurhasanah H. Slamet Mawardi juga berharap agar kegiatan Tadabur alama ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya agar kita dapat lebih mengenal dengan baik keindahan alam sebagai Maha Karya Allah SWT.

Dari sejumlah sumber yang dihimpun media BidikNews.net menyebutkan bahwa, Tadabbur alam adalah proses merenung dan memikirkan secara mendalam tentang kenampakan alam yang terjadi di sekitar kita dengan tujuan untuk mengambil makna dan hikmah atas peristiwa tersebut. Sehingga, umat Muslim mampu meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT.

Pewarta: Nursyamsiah

0 Komentar