Peringatan Nuzulul Qur`an 2024 di Masjid Al Achwan GPI, Hadirkan DR. KH. M. Zaidi Abdad Sebagai Penceramah

DR. KH. M.Zaidi Abdad, M.Ag ketika memberikan ceramah peringatan Nuzulul Qur`an di Masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram, NTB.

Salah satu peristiwa penting 17 Ramadhan yang sudah begitu termasyhur di kalangan umat Islam adalah Nuzulul Quran. Nuzulul Quran adalah salah satu momen paling bersejarah yang dialami oleh umat Islam, pasalnya momen itu menjadi saksi awal turunnya Al-Qur'an kepada Rasulullah SAW.
 

BidikNews.net,Mataram,NTB - Di Masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram Nuzulul Quran diperingati pada 30 Maret 2024 bertepatan dengan hari ke 20 Puasa Ramadhan dengan menghadirkan penceramah yakni DR. KH. M.Zaidi Abdad, M.Ag yang dilaksanakan usai sholat taraweh berjamaah.

Peringatan Nuzulul Qur`an dengan mengusung tema "Aktualisasi Nilai Al Qur'an dalam Perilaku Sosial dan Spiritual" tersebut diawali dengan sambutan Prof. DR. H. Maimun Zubair, M.Pd selaku Ketua umum Takmir Masjid Al Achwan.

Dalam sambutannya  Prof. DR. H. Maimun Zubair, M.Pd mengingatkan kepada kita semua bahwa kitab suci Al Quran adalah sebagai sumber pokok ajaran islam yang menjadi pedoman dan petunjuk yang diturunkan oleh Allah SWT ke bumi pada bulan yang penuh rahmat yakni bulan suci ramadhan.

Melalui peringatan Nuzulul Quran ini dapat menjadi pengingat bagi setiap muslim untuk senantiasa membaca Al-Quran dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga acara peringatan Nuzulul Quran hari ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita sekalian," kata Guru Besar UIN Mataram itu mengahirui sambutannya.


Sementara itu, DR. KH. M.Zaidi Abdad, M.Ag dalam hikmah Nuzulul Quran menyampaikan, agar kita semua bisa memahami isi Al Qur`an dengan baik karena didalamnya terdapat pedoman dan petunjuk agar kita semua selamat dinuia dan diakhirat.

“Al Qur`an mengajarkan bagaimana anak-anak berbakti pada orang tua, Quran juga mengajarkan bagaimana kita menjaga sikap dan tutur kata yang baik.” Kata DR. KH. M.Zaidi Abdad, M.Ag.

Selain itu, DR. KH. M.Zaidi Abdad, M.Ag juga menyampikan Al-Qur’an adalah kitab suci bagi umat Islam yang menjadi pegangan dan dasar bagi kehidupan. 

DR. KH. M.Zaidi Abdad, M.Ag juga menjelaskan bahwa, Al-Qur’an tidak diturunkan sekaligus kepada Rasulullah SAW. Ayat-ayat Al Qur’an diturunkan secara bertahap, sedikit demi sedikit dan berangsur-angsur dalam kurun waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari." tuturnya.

“Dengan peringatan Nuzul Qur’an, umat Islam diharapkan menjadi semakin mencintai Al-Quran, rajin membaca dan mendalami maknanya, serta menghayati dan mengamalkannya” ujar DR. KH. M.Zaidi Abdad, M.Ag. 

DR. KH. M.Zaidi Abdad, M.Ag bersama Prof. DR. H. Maimun Zubair, M.Pd (tengah) dan H.Ta`amin, S.Pd

Dari uraian Hikmah yang disampikan DR. KH. M.Zaidi Abdad, M.Ag tersebut terdapat pesan akan keutamaan, kemulian dan keistimewaan Al Qur’an untuk ummat Islam antara lain, untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta sebagai edukasi mendekatkan diri kepada Al-Qur’an, lebih mencintai, memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an. 

Al Qur`an juga mengingatkan bahwa segala sesuatu yang diciptakan Allah SWT pasti ada manfaat dan fungsinya. Al-Qur’an mengandung banyak pokok ajaran, sehingga seluruh hidup dan kehidupan ini menjadi teratur. 

Dikahir uraian hikmahnya, DR. KH. M.Zaidi Abdad, M.Ag mengajak kita semua agar memperbanyak membaca Al-Quran di bulan Ramadhan ini dan menjadikannya sebagai kebiasaan yang terus dilakukan setiap harinya. 

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan kemudahan dalam melaksanakan amal kebaikan ini sekaligus menjaga kemurnian isi Al Qur`an.” Pesan mantan Kakanwil Kemenag Provinsi NTB itu.

Pewarta: Dae Ompu


0 Komentar