Ramadhan, Bulan Pendidikan Bertobat dan Bersedekah Bersama Ustadz H. Chamim Tohari di Masjid Al Achwan GPI Mataram


BidikNews.net.Mataram
- Firman Allah, QS Ali Imran  133 menjadi rujukan materi ceramah subuh yang disampaikan Ustadz, H.Chamim Tohari pada Ahad,23 Maret 2024 bertepatan dengan Hari ke 12 Ramadhan 1445 H bertempat di masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram.

Ustadz H.CHamim Tohari menyebut bahwa sebelumnya ketika Ramadhan 1444 H lalu pergi meninggalkan manusia-manusia yang bertaqwa dan ditahun 1445 H ini Ramadhan hadir kembali sekaligussebagai jawaban atas doa2 hamba yang senantiasa ingin bertobat mengharap ampunan Allah SWT. 

Beruntunglah seseorang ketika mendapatkan bulan Ramadan dalam keadaan sehat dan penuh dengan kesempatan untuk meneguk segarnya belajar dan beramal, karena Ramadan merupakan bulan madrasah penuh dengan berkah, rahmat, ampunan, dan kasih sayang, dari Allah untuk para hamba-Nya.

Mengutip ayat 133 QS Ali Imran tersebut Ustadz H. Chamin Tohari mengatakan bahwa ayat 133 QS Ali Imran tersebut mengajarkan manusia untuk bertobat mengaharap ampunan Allah SWT. 

“Bersegerah menuju ampunan Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi ,yang disediakan untuk orang orang yang bertaqwa.” 

Untuk memperoleh ampunan dan surganya Allah yang seluas langit dan bumi, tentunya dua hal harus dilakukan yakni meninggalkan segala yang dilarang Allah SWT dan melakukan amal shaleh dalam kehidupannya.” Ujar Ustadz H.Chamim Tohari.

Apa yang disampaikan Ustadz H.Chamim Tohari dapat dimaknai bahwa Tobat, merupakan jalan satu-satunya yang sangat tepat untuk meminta ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang pernah kita lakukan. 

Bertobat artinya berhenti melakukan kesalahan yang sama. Bertobat itu juga artinya membuat diri kita menjadi individu yang lebih baik, karena Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Pemaaf dan Maha Pengampun. 

Maka dari itu, kita janganlah bersegan-segan untuk bertaubat dan meminta ampun kepada-Nya. Setelah itu, kita harus berjanji untuk selalu konsisten atau istiqomah menjalankan tobat itu. 

Sebagaimana Firman Allah SWT dalam surat An-Nur ayat 31 yang artinya:"…Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung."

Infak dan Sedekah


Selain itu, dalam ceramah subuhnya tersebut Ustadz H.Chamim Tohari mengutip QS.Al Baqarah,ayat 261 yang berbunyi,

Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.

Dengan mengutip QS Al baqarah ayat 162 tersebut, ustadz H. Chamim Tohari mencoba untuk menitip pesan kepada hamba-hamba yang bertaqwa bahwa, Perumpamaan yang sangat mengagumkan dari orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah dengan tulus untuk ketaatan dan kebaikan, seperti keadaan seorang petani yang menabur benih. 

Sebutir biji yang ditanam di tanah yang subur menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji sehingga jumlah keseluruhannya menjadi tujuh ratus. 

Bahkan Allah terus melipatgandakan pahala kebaikan sampai tujuh ratus kali lipat atau lebih bagi siapa yang Dia kehendaki sesuai tingkat keimanan dan keikhlasan hati yang berinfak. 

Dan jangan menduga Allah tidak mampu memberi sebanyak mungkin, sebab Allah Mahaluas karunia-Nya. 

Dan jangan menduga Dia tidak tahu siapa yang berinfak di jalan-Nya dengan tulus, sebab Dia Maha Mengetahui siapa yang berhak menerima karunia tersebut, dan Maha Mengetahui atas segala niat hamba-Nya.

Dalam ajaran Islam Infak dan sedekah sangat tinggi nilainya. Selain mengikis sifat-sifat yang tidak baik seperti kikir dan mementingkan diri sendiri, infak dan sedekah juga juga menimbulkan kesadaran sosial yang mendalam, bahwa manusia senantiasa saling membutuhkan, dan seseorang tidak akan dapat hidup seorang diri. 

Sebab itu harus ada sifat gotong-royong dan saling memberi sehingga jurang pemisah antara yang kaya dan yang miskin dapat ditiadakan, persaudaraan dapat dipupuk dengan hubungan yang lebih akrab.

Demikian intisari hikmah Ceramah subuh yang disampaikan Ustadz.H. Hamim Tohari di Masjid Al Achwan Griya pagutan Indah mataram, NTB pada Ahad,23 Maret 2024. Bertepatan dengan hari ke-12 Ramadhan 1445 H.

Pewarta : Dae Ompu


0 Komentar