Gelar Kontes Sapi, Disnakeswan Dompu Banjir Pujian


BidikNews.net,Dompu
– Beberapa waktu lalu tepatnya Selasa, 30 April 2024, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, menggelar kontes sapi yang digelar di Lapangan Transat Kecamatan Manggelewa. 

Kontes Sapi yang dilaksanakan di Lapangan Trans AD Desa Doromelo Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu,tersebut dihadiri Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, M.T dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Muhamad Riadi, SP, M.Ec.Dev didampingi oleh Kepala Balai Inseminasi Buatan Daerah Banyumulek Muhammad Nur, S.Pt.M.Si serta Forkopimda dan seluruh OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu 

Wakil Bupati Dompu, Syahrul Parsan, mengaku bangga dengan kegiatan tersebut. Menurut Wabup, kontes sapi yang rutin di gelar setiap tahun ini, merupakan upaya menunjukkan pada dunia, bahwa Dompu gudangnya sapi unggul.

Dalam sambutannya, H. Syahrul Parsan, ST, M.T menyampaikan optimalisasi pemanfaatan pakan harus dilakukan untuk memberi kecukupan terhadap kebutuhan pakan. 


Hal lain yang disampaikan dalam kesempatan tersebut adalah kolaborasi dan sinergitas antara Dinas Pertanian, Peternakan dan Transmigrasi serta Tenaga Kerja, dimaksudkan untuk memberi nilai tambah pada produk limbah pertanian serta meningkatkan jumlah tenaga kerja di subsektor peternakan.

Melihat sapi-sapi yang ditampilkan dalam kontes ini, menujukkan juga bahwa dunia peternakan di Kabupaten Dompu, sangat maju. Sebab, dari peserta kontes ini, sapi-sapi yang ditampilkan memiliki keunggulan dan diyakini akan menjadikan Dompu, penghasil sapi-sapi unggul.

“Ada banyak daerah di Nusa Tenggara Barat ini mengembangkan sapi, namun Dompu yang populasinya paling banyak,” sebut Wakil Bupati Dompu  H. Syahrul Parsan, ST, M.T 

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh mengatakan, dalam kontes ini, selain menujukkan produksi peternak Dompu mumpuni, juga merangsang peternak lain untuk dapat menghasilan bibit-bibit unggul.

Wakil Bupati Dompu  H. Syahrul Parsan, ST, M.T dengan sapi yang ikut kontes

“Kita yakin, ada efeknya dari pada kontes ini. Dan saya yakin kedepan kita akan buktikan bahwa kita bisa mengirim sapi-sapi unggul,” kata Kadisnakeswan Dompu yang murah senyum itu.

Dalam keterangannya,  Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh mengatakan, dalam kontes ternak ini menurunkan beberapa kelas diantaranya kelas Ras Sapi Bali. Dalam kelas ini, Janta Super, Pejantan Unggul, Induk Unggul dan Calon Induk Unggul. 

Dijelaskan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh Pada kelas Ras Sapi Hisar (Sumbawa), kelas yang dilombakan mencakup Jantan Super, Induk Unggul dan Calon Induk Unggul. Sementara untuk kelas Ras Sapi hasil Silangan (IB), mencakup Jantan Super dan Jantan (bakalan) super usia 6 – 12 bulan.

Sementara itu, Kadisnakeswan Provinsi NTB Muhamad Riadi, SP, M.Ec.Dev melalui Kepala Balai Inseminasi Buatan (BIB) Disnakeswan Provinsi NTB Muhammad Nur, S.Pt.M.Si menyampaikan Selamat dan Sukses buat Dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Dompu yang telah menyelenggarakan Kontes Ternak Tahun 2024 dg dukungan penuh dari APBD Kab. Dompu.

Muhammad Nur, S.Pt.M.Si menyebutkan, Kegiatan ini memiliki esensi dan memberikan apresiasi kepada seluruh peternak dan pelaku usaha peternakan dengan menempatkan peternakan sebagai sebuah potensi yg mampu mendorong tumbuhnya sektor ekonomi dan dampak sosial terhadap masyarakat Kab. Dompu” katanya dengan bangga.


Semoga kegiatan ini dapat menggugah Kabupaten lainnya di Prov. NTB untuk melakukan hal yang sama sehingga akan lebih menumbuhkembangkan  minat masyarakat peternak untuk lebih giat dalam  melakukan usaha Budidaya ternak khususnya ternak sapi dan Kerbau,” tutur Muhammad Nur, S.Pt.M.Si.

Diakhir kegiatan kontes ternak diberikan hadiah dan penghargaan pada peternak dengan beberapa hadiah menarik seperti 4 ekor sapi, kulkas dan beberapa hadiah menarik lainnya yang disiapkan oleh pihak sponsor. Kegiatan kontes ternak ini diikuti oleh seluruh Kecamatan Kabupaten Dompu dengan jumlah ternak sebanyak 160 ekor dari berbagai kategori kontes.

Kontes Sapi yang digelar Disnakeswan Kabupaten Dompu ini pun mendapat pujian dari berbagai elemen masyarakat. 

Salah satu Alumni Fakultas Peternakan Uninersitas Mataram, Ir. H. Yusuf Umar mengungkapkan, kontes Sapi yang diselenggarakan Disnakeswan Kabupaten Dompu ini patut di beri apresiasi guna mendapatkan bibit Sapi yang berkualitas dalam rangka peremajaan. 

Selain itu kata Yusuf Umar kontes sapi ini diharapkan dapat Memotivasi dan merangsang peternak untuk memproduksi bibit Sapi yang berkualitas sekaligus Memberi penghargaan kepada peternak yang berprestasi.


Pada kesempatan yang sama, Ir. Syaifuddin yang juga alumni Fakultas Peternakan Unram selaku juri kontes sapi yang berlangsung meriah itu mengungkapkan  rasa bangganya karena para peternak cukup bersemangat mengikuti kegiatan itu. 

Sapi-sapi yang dihadirkan dalam kontes tersebut dinilainya merupakan sapi-sapi unggul yang berkwalitas.” Ujar Ir. Syaifuddin.

Ir. H.Yusuf Umar dan Ir. Syaifuddin berharap kegiatan yang diselenggarakan Disnakeswan Dompu ini dapat dilakukan oleh Disnakeswan lainnya di Provinsi NTB. 

Pada kesempatan yang sama sejumlah peternak yang turut dalam kontes sapi terse3but mengungkapkan rasa senang dan terimakasih kepada Disnakeswan Kabupaten Dompu karena bisa mengevaluasi sejauh mana keberhasilan dari pengembangan bibit hewan ternak di kabupaten Dompu pada khususnya. 

“kami peternak menilai kegiatan ini sangat positif, apalagi digelar setiap tahun. Kami harapkan, kegiatan ini lebih ditingkatkan lagi minimal 2 -3 kali setiap tahunnya,” ujar salah satu peternak yang hadir dengan sapi kebanggaannya. 

“kami sangat mengapresiasi kontes ini, apalagi juri untuk kontes ini juga berasal dari para ahli, dan sarjana peternakan,” ucapnya. Semoga

Pewarta: Iwan Westom


0 Komentar