Kontes Sapi di Kabupaten Dompu, Potret Keberhasilan Program "Jara Pasaka"

 


Kontes sapi/ ternak ini merupakan Etalase Usaha Pertenakan yang dapat dijadikan Cerminan dan Potret hasil kerja serta karya masyarakat Dompu dalam meningkatkan kualitas ternak melalui program “Jara Pasaka” di era kepemimpinan AKJ-Syah

Bidiknews, Dompu, NTB - Merespon banyaknya Apresiasi maupun Pujian dari berbagai pihak atas suksesnya Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu yang telah menggelar Lomba Kontes Sapi.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Dompu, Muhammad Abduh, SE,.MSi, melalui Kabid Budidaya dan Pengembangan Ternak, Sukaemi, SPt pada media Bidiknews diruang kerjanya, Selasa, 07/05/23.

Sukaimi, sebelumnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah memberikan Apresiasi maupun Pujian atas keberhasilan lomba kontes Sapi ini.

"Khususnya, kami ucapkan terimakasih pada Redaksi Media Bidiknews atas pemberitaannya, semoga jaya selalu. tetap terdepan dalam memberitakan fakta dan data," kata Sukaimi mengawali penyampaiannya.

Sukaimi, mengatakan dilatar belakangi oleh besarnya Animo masyarakat menjadikan usaha Pertenakan Sapi sebagai usaha pokok kedua bagi rumah tangga dan keluarga.

Selain Pertanian Padi dan Jagung, maka pemerintah hadir berbagai kebijakan Sektor Pertenakan yang dapat memberikan kepastian berusaha masyarakat Dompu.

Lebih lanjut Sukaimi menjelaskan kontes sapi/ ternak ini merupakan Etalase Usaha Pertenakan yang dapat dijadikan Cerminan dan Potret hasil kerja serta karya masyarakat Dompu dalam meningkatkan kualitas ternaknya.

Sehingga bisa memberikan gambaran yang nyata atas keberhasilan melaksanakan Intefikasi usaha Pertenakan, maka dalam kegiatan Kontes ternak itu pula akan terjadi momen berharga 

"Sebagai ajang komunikasi dan interaksi langsung peternak dengan peternak dan antar peternak dan pedagang ternak serta Pemerintah." terang Sukaimi penuh semangat.

Ditambahkan Sukaimi bahwa hasil akhir dari usaha Pertenakan yakni menghasilkan produk ternak yang berkualitas, baik itu daging maupun olahannya yang dapat dijual dengan harga yang menguntungkan.

"Berdampak pada keberhasilan rumah tangga dan keluarga peternak serta mampu memberikan peningkatan (Inkam Generating)", jelas Sukaimi Penuh optimis.

Dengan sendirinya pemerintah akan memberikan peran positif dalam perubahan ekonomi masyarakat melalui sektor Pertenakan, sekaligus mewujudkan Program Jara Pasaka yang merupakan Program unggulan Pemerintahan Daerah.

"Semoga Lomba Kontes Sapi ini kedepannya bisa lebih baik dari sekarang," ujar Sukaimi dengan rendah hati.

Pewarta : IwanWestom.

0 Komentar