Shalat Idul Adha 1445 Hijriah di GPI Mataram Berlangsung Khusyu dan Khidmat, Ribuan Jamaah Larut Dalam Hikmah Ilahiyah

Ribuan Jamaah sholat idul Adha 1445 H/2024 M di Griya Pagutan Indah Mataram

BidikNews.net,Matatam
- Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 Hijriah, ribuan umat muslim Lingkungan Griya Pagutan Indah yang di pusatkan di Lapangan SDN 47 Mataram, pada senin, 17 Juni 2024 berlangsung khusyu’ dan penuh khidmat, 

Pantauan dilapangan, tampak hadir ditengah-tengah jamaah shalat, Rektor II UIN Mataram, Prof. DR. H. Maimun Zubair , Prof. DR.H. Ahmad Amir Aziz,M.Ag, Drs. H. Muhammad Nasikhin,M.Ag, Prof.H.Tato Asmuni, Drs. H. Zaenal, Kadis Pariwisata Kota Mataram, Cahya Samudra, Lurah Salagalas Yusrin dan lainnya. 

Pada saat prosesi ibadah shalat id ribuan jamaah larut dalam hikmah ilahiyah, tenggelam dalam takbir, tahmid dan tahlil serta beragam pujian kepada sang Khalik.

Shalat yang dimulai tepat pukul 07.00 Wita, dipimpin imam Ustadz DR. H. Abdul Quddus, MA dan bertindak selaku Khatib.

Inti Khutbah yang disampaikan, tentang bagaimana meneladai ketaatan dan keteguhan Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail dalam menjalankan perintah sang pencipta, meskipun dengan ujian yang cukup berat.

Ibadah kurban menekankan ketaqwaan, mengikhlaskan sebagian harta demi kepentingan umat. Menyembelih egoisme dan ketamakan, memotong kuasa setan dalam aliran darah manusia,  yang secara simbolis dilambangkan dengan memotong hewan kurban.

Dalam uraian hikmahnya, Idul adha kata DR. H. Abdul Quddus, MA mengatakan, sebagai Momentum untuk perbaikan, peningkatan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Idlu Adha/qurban juga dijadikan sebagai sarana bagi ummat muslim untuk meningkatkan kwalitas dan kwantitas ibadah individual dan sosial.

Dari kiri ke kanan, Prof. DR.H.Maimun Zubair, Prof.DR. H. Ahmad Aimir Aziz, DR.H. Abdyl Quddus, MA (Imamdan Khatib Sholat idul Adha), dan HL. Muhammad Ismail, M.Pd.

Selain menguatkan iman da taqwa jadi sebuah keniscayaan bagi kita untuk senatiasa bersyukur kepada Allah yang telah memberikan berbagai nikmat yang tak terhitung jumlah dan nilainya. “ Maka nikmat manakah yang kamu dustakan” (Quran Surat Arrahman ayat:13).

DR.H. Abdul Quuds,MA juga menyampaikan bahwa Hari raya Idul Adha/Qurban dan haji di bulan Djulhijjah merupakan momentum yang membutuhkan keikhlasan tingkat tinggi yang akan menjadi barometer keimanan dan ketakwaan kita pada Allah.

Pada kesempatan yang sama ketua Panitia Idul Adha dan Qurban, Agus Fikriadi dalam laporannya menyampaikan terimakasih kepada warga muslim Griya Paggutan Indah mataram yang telah memberikan kepercayaan untuk menyalurkan daging qurbanya sebanyak 17 ekor Sapid an 6 ekor kambing yang diperuntukkan kepada saudara-saudaranya uang lain dengan penuh rasa bahagian dan senang.

Diakhir laporannya, Agus Fikriadi mengungkapkan kalimat hikmah “Hari ini adalah hari yang membuat kita bersama di dalam satu tempat, menciptakan senyum di semua wajah, dan meningkatkan cinta antara satu dengan yang lain. Karena itu, Mari kita Awali kurban dengan senyum dan bahagia sebagaima saudara-saudara kita yang bahagia menerima daging qurban darimu”. 

Usai pelaksanaan shalat, tampak Rektor II UIN Matarama yang juga Ketua Umum Takmir Masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah itu saling berjabatan tangan dengan jamaah shalat id yang hadir pada kesempatan ini.

Berpose bersama usai sholat id merupakan momen sekaligus berbagi kebahagiaan antar satu dengan yang lain di hari raya idul adha.

Usai shalat id dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban berupa Sapi sebanyak 17 ekor dan 6 ekor kambing yang dilaksanakan di area masjid Al Achwan.

Berikut suasana sholat id dalam gambar yang diabadikan media ini:

Berpose bersama usai sholat idul adha 1445 H/2024 M

Ibu-ibu turul larut dalam kebahagiaan di hari raya idul adha 1445 H/2024 M

Berslam-salaman usai sholat idul adha

Pewarta: Dae Ompu

0 Komentar