UIN Mataram Posisi ke 5 Jumlah Penerima Pendaftaran UM-PTKIN 2024 dari 59 PTKIN se Indonesia


BidikNews.net,Mataram,NTB
- Universitas Islam Negeri Mataram sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia kian menunjukkan diri sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang paling diminati oleh aanak bangsa. 

Hal itu terlihat dari jumlah peserta pendaftar SNBT tahun 2024 yang tembus pada angka 8605 ribu pendaftar.

Dengan jumlah pendaftar sebanykak 8605 tersebut UIN Mataram berada pada posisi ke 5 setelah UIN Alauddin Makasar yang berada pada posisi ke empat. Sedangkan posisi pertama hingga ke tiga yakni, UIN Sunan Gunung Djati Bandung disusul UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Posisi urutan ke 5 penerima pendaftar UM-PTKIN bagi Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram merupakan kehormatan sekaligus sebagai bukti bahwa UIN Mataram dinilai oleh masyarakat sebagai PTKIN yang berkwalitas melayani ummat untuk mengenyam pendidikan yang lebih baik.

Pembuktian membludaknya peserta UM-PTKIN di UIN Mataram sekaligus menepis berita yang di muat oleh salah satu media online detikEdu, Kamis, 13 Jun 2024 yang menyebutkan bahwa pendaftar UM-PTKIN di UIN Mataram hanya sekitar 106 pendaftar.

Rekapitulasi data pendaftaran UM-PTKIN se Indonesia.

Pemberitaan yang dimuat media online tersebut mendapat reaksi dari Kabag Humas dan kerjasama UIN Mataram, H. Sapardi, SE,MM. 

Dikatakannya, pemberitaan salah satu media online itu sangat tidak berdasar sementara data yang dikeluarkan oleh Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam negeri dengan jelas menyebutkan UIN Mataram berada pada urutan 5 jumlah pendaftar UM-PTKIN dari 59 PTKIN se Indonesia tahun 2024.

Di Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram sendiri terdapat 5 fakultas ditambah satu Program Pasca Sarjana dan 37 prodi, sehingga dikatakan UIN memilki jumlah prodi sedikit itu sangat tidak benar seperti dalam pemberitaan media online itu.

Pewarta: Dae Ompu


0 Komentar