Balai Inseminasi Buatan (BIB) Disnakeswan NTB Siap Menjadi yang Terbaik

Kepala Balai Inseminasi Buatan (BIB) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Muhammad Nur, S.Pt., M.Si,
             
Balai Inseminasi Buatan (BIB) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB terus berniovasi untuk menjadikan NTB yang makmur di bidang peternakan. Seiring pesatnya perkembangan tehnologi, BIB NTB tak ingin kehilangan kesempatan sehingga berbagai program yang dicanagkan pemerintah di bidang peternakan, BIB NTB selalu hadir menjadi yang terbaik untuk mewujyudkan NTB yang Gemilang.

Seiring berjalannya waktu sejak tahun 2000, pemerintah terus melakukan penyempurnaan program dan kegiatannya dalam rangka peningkatan populasi sapi dan kerbau dalam negeri. Penyempurnaan ini didasari oleh keinginan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan daging dalam negeri dengan merangkul usaha peternakan rakyat, selain untuk mengurangi pasokan impor secara bertahap.

Kepala Balai Inseminasi Buatan (BIB) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB menjelaskan sejak tahun 2015 Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) telah berhasil melakukan Pengembangan Inseminasi Buatan (IB).

Muhammad Nur juga mengungkapkan, Mulai tahun 2000 dengan Program Swasembada Daging Sapi, dilanjutkan dengan upaya peningkatan kelahiran melalui Gertak Birahi dan Inseminasi Buatan (GBIB) tahun 2015 – 2016, dilanjutkan lagi dengan Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) pada tahun 2017 – 2019, dan disempurnakan menjadi kegiatan SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) mulai tahun 2020, sehingga tingkat keberhasilan IB juga turut merangkak naik.

Berpose bersama ketika Rapat Koordinasi Pembahasan Penyediaan Semen Beku Sikomandan Tahun Anggaran 2022 yang dilaksanakan di Hotel Novena - Lembang Bandung


Saat dihubungi BidikNews, Muhammad Nur, S.Pt., M.Si, mengungkapkan, dalam rangka mendukung Program Nasional  Sikomandan Tahun 2022, pemerintah telah melakukan rapat Koordinasi Pembahasan Penyediaan Semen Beku Sikomandan Tahun Anggaran 2022 yang dilaksanakan di Hotel Novena - Lembang Bandung, beberapa waktu lalu.”ujarnya.

Dijelaskan Muhammad Nur, dalam rapat tersebut dibahas kesiapan sejumlah BIB Nasional dan BIB Daerah untuk menyediakan Semen Beku dalam melakukan Pelayanan Inseminasi Buatan di Lapangan.

Rapat Koordinasi yang dipimpin langsung oleh PLT Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Drh. Agus Sunanto, MP dan dihadiri oleh beberapa Pembahas antara lain Prof. Bambang Purwantara dari IPB, Prof. Trinil dari Universitas Brawijaya dan Mantan Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Ir..Abubakar, MM serta beberapa praktisi yg berkecimpung dalam proses produksi Semen Beku.” Kata Muhammad Nur.

Banyak hal yg menjadi topik bahasan utama oleh peserta rapat, terutama refresh terhadap proses produksi Semen Beku, serta kebijakan kebijakan pemerintah dalam optimalisasi plasma Nutfah pada tiap tiap daerah dengan acuan dan rekomendasi dari beberapa jurnal dalam dan luar negeri.” Kata Nur.

Pada Rapat Koordinasi tersebut, Kepala BIB NTB Muhammad Nur, S.Pt., memaparkan terkait ketersediaan produksi Semen Beku Sapi Bali  yg akan digunakan dalam mendukung Program Sikomandan di NTB Tahun 2022, serta menyepakati kontrak dengan Ditjen PKH untuk penjualan Semen Beku sebagai Produk yg menghasilkan PAD buat Prov. NTB.

Muhammad Nur, menjelaskan, untuk penyediaan Semen Beku Eksotik antara lain Semen Beku  Simental dan Angus dari BIB Lembang, Limousine dari BIB Ungaran, Kerbau Belang dari BIBD Sulawesi Selatan, Brahman dan PO dari BBI Singosari.

Target Produksi Semen Beku dari BIBD NTB untuk Tahun 2022 seseuai dengan RPJMD  adalah sebanyak 125.000 dosis dengan nilai PAD Rp. 831.250.000. Sedangkan untuk kebutuhan Semen Beku Lokal (Sapi Bali) sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian No. 36/2006 mengamanatkan 60 persen kebutuhan Semen Beku dalam suatu wilayah berasal dari jenis Sapi Lokal terutama yg terkait dengan keunggulan genetik plasma Nutfah  selebihnya 40 persen  adalah jenis semen beku eksotik seperti Simental, Limousine, Angus, Belgian Blue, Wahyu, Glacian Blond.

Dianugerahi Piagam Penghargaan dari Pemerintah

Kepala BIB NTB yang dianugerahi Piagam Penghargaan oleh pemerintah atas keberhasilan dalam program peternakan sapi ini, memaparkan, Sebagai upaya mengantisipasi lonjakan permintaan masyarakat terhadap kebutuhan Semen Beku Eksotik BIBD NTB telah berupaya melakukan penjaringan hasil Transfer Embrio sebanyak 2 ekor Sapi Simental dan Hibah dari BPTU HPT Padang Mangatas 2 ekor Simental dan 1 ekor jenis Limousine, sehingga kedepan NTB akan siap memenuhi ketersediaan bibit dalam rangka menuju IB Mandiri.

Kontrak Tahap I antara BIBD NTB dengan Direktorat JENDERAL peternakan dan Kesehatan Hewan  ini sejumlah 27.000 dari total kebutuhan Semen Beku Sapi Bali sebanyak 75.000 dosis dengan Nilai kontrak Rp. 179.550.000, sisa kontrak untuk tahap selanjutnya disesuaikan dengan tahapan waktu

Pria kelahiran Desa Tente kecamatan Woha Kabupaten Bima NTB ini berharap agar warga NTB terus mendukung upaya pemerintah dalam hal ini, Balai Inseminasi buatan (BIB) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB dalam setiap inovasi dibidang Peternakan sehingga nantinya memberi dampak ekonomi yg lebih baik untuk meningkatkan kesejahteraan  masyarakat dalam rangka mewujudkan NTB yang Gemilang, dengan Motto :  Froozen Semen Bali Cattle Proud of NTB.” Ujar Muhammad Nur.


Pewarta : dae ompu
Editor  : BN-007

0 Komentar