PT. STM Serahkan Beasiswa Sebagai Pengabdian untuk Diingat Sepanjang Kenangan.


Mendapatkan beasiswa adalah sebuah kebanggan tersendiri sehimngga motivasi kuliah lebih kuat. Beasiswa juga sangat penting karena tidak hanya membantu perkuliahan tapi juga meringankan beban orangtua.


BidikNews - Banyak orang tua yang walaupun mereka hanya lulusan SD, tetapi sangat menginginkan supaya anak-anaknya bisa lulus sampai memperoleh gelar sarjana atau doktoral. Beasiswa sangat perlu untuk memenuhi harapan perkuliahan hingga selesainya.

Bisa dibayangkan berapa puluh juta rupiah yang harus dkeluarkan setiap semesternya untuk menjadi mahasiswa Universitas Negeri ataupun swasta? Mahasiswa harus membayar UKT, SPP, SKS, dan biaya praktikum yang tentunya tidak murah.

Problema –problema kesulitan keuangan yang dihadapi masyarakat kecamatan Hu`u itulah yang membuat  PT Sumbawa Timur Mining (STM) merasa terpanggil untuk memberikan beasiswa prestasi bagi 10 orang mahasiswa dan mahasiswi asal Kecamatan Hu’u. dikutip dari Beasiswa ini hadir di saat para orang tua sedang mengalami masa sulit untuk memberikan biaya kuliah anak-anak mereka.

Salah satu orang tua penerima beasiswa dari PT STM adalah Yasin. Dikatakan Yasin, disaat ekonomi dan keuangan mengalami kelesuan, Yasin sangat bingung untuk membiayai kuliah anaknya.

Dalam setiap waktu sholatnya, Yasin dengan kepala menunduk dan tangan memohon keatas berharap pertolongan Allah. Dalam do`anya yang disertai butiran-butiran air mata yang menetes di pipi, Yasin Memohon agar anaknya dapat melanjutkan kuliah seperti anak-anak yang lainnya.

Allah memang maha Pemurah Do`a Yasin didengar dan dikabulkannya. Campur Tangan Allah tersebut dengan mengirimkan PT. STM untuk membantu Yasin dan keluarga dengan memberikan Beasiswa kuliah sampai dengan selesai.

Akhirnya Yasin,SE dan Ibu Dewi Aryani, orang dari Deyan Syahirah Khairunnisa asal Desa Daha yang saat ini sedang berada dibangku kuliah pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram Jurusan Pendidikan Guru Jasmani.


Syahirah Khairunnisa mahasiswi Universitas Mataram asal desa Daha kecamatan Hu`u kabupaten Dompu sebagai penerima Beasiswa dari PT STM ini di beri kesempatan untuk memberikan kesan sekaligus mewakili rekannya sebanyak 10 orang mahasiswa/mahasiswi penerima beasiswa dari PT STM pada seremoni penyerahan beasiswa di aula Kantor Camat Hu’u, Kamis (30/12/2021) lalu.

Usai seremoni penyerahan Beasiswa oleh PT STM kepada 10 Mahasiswa yang berasal dari kecamatan Hu`u tersebut, Deyan mengaku bersyukur karena beban orang tua untuk membiayai kuliah dirinya sudah berkurang.

Dengan adanya Beasiswa ini, kami lebih bersemangat, dan lebih giat untuk terus belajar. Selain itu kami bisa memiliki jaringan pertemanan yang lebih luas, Jaringan pertemanan ini sangat penting karena ada banyak pelajaran yang bisa ditemukan dalam perkuliahan. Melalui jaringan pertemanan, kita bisa belajar berpikir lebih luas atau bahkan bisa jadi bagian penting untuk meraih kesuksesan.” Ujar Deyan.

Deyan mengatakan , ada banyak kisah inspiratif yang bisa bagikan kepada rekan rekan mahasiswa lainnya ketika kita mendapat beasiswa, dengan membagikan kisah inspiratif yang kita alami, tentu dapat membantu mahasiswa lainnya sekaligus memberi semangat supaya mereka juga pasti punya peluang yang sama seperti yang kita peroleh. Hal seperti ini tentu merupakan salah satu kebaikan yang tidak ternilai sekaligus menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih bermanfaat.

Deyan, bersyukur dan berterima kasih yang tak terhingga kepada PT STM yang telah memberikan beasiswa kepada dirinya dan kepada yang lainnya di kecamatan Hu`u.

“Insya Allah apa yang telah diperbuat oleh PT STM sebagai sebuah pengabdiannya kepada kami yang akan selalu kami ingat sepanjang kenangan,” kaya Deyan penuh rasa syukur.


Sementara itu, Bapak Yusuf dan Ibu Suharn orang tua dari Andika Darmansyah mahasiswa penerima beasiswa dari PT STM yang kini sedang kuliah pada jurusan Teknik Pertambangan,Universitas Muhammadiyam Mataram, mengaku senang setelah anaknya Andika Darmansyah mendapat rejeki beasiswa sehingga beban biaya kuliah anaknya pada saat kelesuan ekonomi saat ini dapat teratasi.

Yusuf, tak menyangka jika anaknya mendapat beasiswa dari PT STM. Karena itu ia dan seluruh keluarganya selalu berdo`a semoga PT STM yang saat ini tengah beraktifitas di wilayah Hu`u sebagai perusahan pertambangan senantiasa dimudahkan segala urusannya. Ia juga berharap agar PT STM untuk terus berbuat dan mengabdi untuk kemaslahatan ummat di kecamatan Hu`u dan masyarakat Dompu umumnya.

Ucapan yang sama dari seluruh orang tua mahssiwa penerima beasiswa dari PT STM, semoga pengabdian tulus PT STM tak hanya untuk puluhan mahasiswa, tetapi jika perlu beasiswa untuk biaya pendidikan ini agar terus dilaksanakan.

Bagi PT Sumbawa Timur Mining upaya peningkatan kualitas pendidikan bagi sekolah-sekolah maupun siswa dan mahasiswa yang ada di Kecamatan Hu’u merupakan salah satu dari sederat panjang program yang dilaksanakannya untuk masyarakat.

PT STM menilai pendidikan merupakan hak dan kebutuhan mendasar bagi masyarakat, selain itu juga merupakan sarana utama dalam menciptakan generasi penerus yang cemerlang yang akan meneruskan pembangunan di Kecamatan Hu’u khususnya dan Kabupaten Dompu pada umumnya.

Berbagai program peningkatan kualitas pendidikan yang dilaksanakan melalui program pemberdayaan masyarakat PT Sumbawa Timur Mining, bukan saja menyasar para siswa dan siswi, tetapi juga memberikan pembekalan kepada Guru dan Kepala Sekolah mengenai proses belajar mengajar yang efektif dan pengelolaan sekolah secara baik.

Karena itu PT Sumbawa Timur Mining Dikutip  dari bulletin Bune Haba, menyebutkan bahwa PT STM memberikan 10 beasiswa untuk tahap pertama bagi para mahasiswa berprestasi dalam menempuh pendidikan di berbagai universitas. Para penerima beasiswa ini telah melalui seleksi yang ketat dan layak menyandang mahasiswa berprestasi kebanggaan kita semua.


Pewarta : Tim BidikNews
Editor  : BN-007

0 Komentar