PT STM Tegaskan Proyek Hu`u Masih Dalam Tahapan Ekspolorasi

Ketika Principal Government Relation PT STM melakukan Presentasi di Kantor Dinas Penanaman Modal & PTSP Provinsi NTB

Teka teki terkait kepastian pelaksanaan eksploitasi dan penambangan pada proyek Hu`u oleh PT Sumbawa Timur Maining (STM) di wilayah Hu`u Kabupaten Dompu Provinsi NTB terjawab sudah, setelah Principal Government Relation PT STM, melakukan presentasi di kantor Dinas Penanaman Modal & PTSP Provinsi NTB pada Jum`at 1 April 2022.


BidikNews - Dihadapan Kepala Dinas Penanaman Modal & PTSP Provinsi NTB, Ir. H. Mohammad Rum, MT beserta dua pejabat antara lain, Azhar dan Baiq Indriani selaku Koordinator Bidan Perijinan dan Kooirdinator Bidang Penanaman Modal pada Jum`at 1 April 2022 bertempat di Kantor Dinas Penanaman Modal & PTSP Provinsi NTB jalan Udayana Mataram. Principal Government Relation PT STM, Yuyud Indrayudi mengungkapkan banyak hal terkait kegiatan eksplorasi dan ekploitasi pertambangan Hu`u mendatang.

Diungkapkan Yuyud, barang tambang agar bisa dimanfaatkan diperlukan eksplorasi yang maksimal. Untuk bisa menemukan lokasi tambang yang tepat, memerlukan perencanaan dan pencarian yang akurat sehingga pada saat penambangan dilakukan tidak berakhir sia-sia.” Kata Yuyud.

Yuyud menjelaskan bahwa, kegiatan Eksplorasi yang dilakukan PT STM sampai saat ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai kondisi geologi untuk menemukan dan memperoleh perkiraan cadangan bahan tambang di wilayah kerja yang ditentukan.” Jelas Yuyud.

Eksplorasi pertambangan yang dilakukan oleh PT STM saat ini, kata Yuyud sedang dikerjakan oleh para ahli yang berkompeten guna mendapatkan titik lokasi tambang yang tepat dengan perkiraan cadangan bahan tambang yang memadai.

Principal Government Relation PT STM, Yuyud Indrayudi bersama Azhar dan Baiq Indriani selaku Koordinator Bidang Perijinan dan Kooirdinator Bidang Penanaman Modal dan staf Dinas Penanaman Modal & PTSP Provinsi NTB

Eksplorasi jelas Yuyud Indrayudi di wilayah Hu`u saat ini mengarah kepada pencarian informasi potensi lokasi penambangan dan jumlah cadangannya. Proses kegiatan Eksplorasi oleh PT STM juga menggandeng sejumlah perusahan sebagai kontraktor pelaksana yang bergerak dibidang konstruksi untuk membantu proses pelaksanaan eksplorasi. Mengingat areal lokasi eksplorasi cukup luas maka diperlukan adanya fasilitas jalan darat.

Selama ini kegiatan eksplorasi berlangsung PT STM menyediakan trasportasi udara berupa Helicopter untuk mengangut para pekerja menuju lokasi. Karena itu PT STM saat ini mempercayakan PT Macmahon sebagai kontraktor pelaksana untuk membuat jalan sepanjang 14 KM menuju lokasi pengeboran, dan saat ini sudah dikerjakan baru sekitar 4 KM ” jelas Yuyud.

Yuyud juga mengungkapkan bahwa, sampai saat ini, jumlah pekerja yang terlibat di lokasi eksplorasi pertambangan Hu`u baik pada PT STM maupun Kontraktor per Desember 2021 antara lain, Pekerja local sebanyak : 574 org (60%) sedangkan Non Lokal sebanyak 385 org (40%). Total pekerja di proyek eksplorasi pertambangan Hu`u sebanyak 959 orang.

Principal Government Relation PT STM, Yuyud Indrayudi bersama Pewarta BidikNews

Disinggung, waktu pelaksanaan Ekslpoitasi atau penambangan, Yuyud memastikan bahwa saat ini PT STM masih melakukan kegiatan eksplorasi pertambangan sehingga tahapan ekploitasi yang menjadi pertanyaan banyak pihak itu, dapat dilakukan sampai dengan kegiatan eksplorasi benar-benar menemukan cadangan bahan tambang yang memadai, sehingga kegiatan ekplorasi ini tidak sia-sia, yang pada gilirannya Negara dan masyarakat rugi serta PT STM sebagai pelaksana eksporasi pertambangan juga ikut terseret merugi.”ujar Yuyud.

Karena itu, Yuyud meminta agar semua pihak memaklumi dan bersabar untuk menunggu hasil yang maksimal sehingga dapat meberikan manfaat yang menjanjikan untuk kemakmuran rakyat dan daerah,” harapnya.

Yuyud juga berharap agar investasi besar yang masuk di daerah dompu ini dapat dijaga agar tetap kondusif dan aman, sehingga pada gilirannya nanti kita dapat merasakan hasilnya secara bersama sama pula untuk kesejahteraan masyarakat dan daerah.


Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Penanaman Modal & PTSP Provinsi NTB, Ir. H. Mohammad Rum, MT sangat memahami bahwa pelaksanaan eksplorasi pertambangan memerlukan waktu panjang. Meski demikian Ia optimis bahwa kegiatan eksplorasi pertambangan yang sedang dilaksanakan oleh PT STM saat ini tentu akan memberikan harapan besar untuk kemajuan dan kemakmuran daerah dan masyarakat.

Muhammad Rum juga menjelaskan, setelah adanya kegiatan eksplorasi pertambangan hingga pelaksanaan penambangan nantinya akan dapat menciptakan begitu banyak lapangan kerja.

Tetapi perlu diwaspadai pula bahwa dampak – dampak yang berimplikasi pada kerusakan lingkungan tak bisa dihindari. Hal ini perlu dipertimbangkan secara matang oleh PT STM sehingga nanti ketika kegiatan penambangan berakhir tidak mewariskan persoalan bagi anak cucu kita.” Kata H. Muhammad Rum.


Pewarta : Tim BidikNews
Editor    : BN-007



1 Komentar