Terowongan Mina Sempat Mati Lampu, Begini Kejadiannya


BidikNews
- Mati lampu di terowongan mina Mina, tepatnya di terowongan atas menuju jalur atas Jamarat tiga atau lantai tiga, sempat mengalami mati lampu. Jemaah haji diminta tidak panik. 

Peristiwa itu terjadi pada Minggu (10/7) pukul 05.15-06.10 waktu Arab Saudi. demikian Wakasatops Masyair 3 Harun Al Rasyid kepada Media Center Haji (MCH) 2022, di Mina, Makkah.menjelaskan kronologi padamnya listrik itu.

Saat kejadian, terowongan sedang dipadati jemaah. Beruntung petugas Arab Saudi segera menuju lokasi melakukan penanganan.

"Tadi tepatnya pada jam 05.15 WAS sampai jam 06.10 WAS di terowongan arah menuju jalur atas Jamarat tiga atau lantai tiga," kata Wakasatops Masyair 3, Harun Al Rasyid,

Harun menyebut, insiden mati listrik diduga karena arus pendek yang menyebabkan korsleting. Sebenarnya, kata Harun, petugas mulai curiga karena malam hari lampu di area terowongan kadang hidup dan tiba-tiba mati.

"Kemudian tadi pagi, begitu jemaah habis subuh mau melakukan jumrah masuk melalui terowongan tersebut, terjadi mati lampu dan Alhamdulillah bisa segera diatasi oleh pihak Arab Saudi dan kita berharap bisa normal kembali," tegas Harun.

"Tadi pagi, begitu jemaah selesai Subuh mau ke Jamarat melewati terowongan tersebut terjadi mati lampu, tapi Alhamdulillah tidak lama segera bisa diatasi oleh pihak Arab Saudi dan sekarang sudah normal kembali," katanya.

Saat kejadian mati lampu, jemaah diberi edukasi juga informasi oleh petugas seputar Jamarat yang akan mereka lalui di lantai tiga. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Kami lihat mereka (petugas) segera melakukan dengan baik dan atas kejadian ini, mereka sudah menyiapkan tenaga ahlinya bagian listrik untuk mengantisipasi kejadian tersebut," jelas Harun.

Harun mengimbau jemaah tidak panik jika terjadi lagi mati listrik karena dalam keadaan panik justru situasi tidak kondusif, ditambah padatnya jemaah, maka jemaah haji diimbau tetap tenang.

Pewarta : Tim BidikNews
Editor    : BN-007


0 Komentar