450 Prajurit Terbaik TNI AD dan AU, Gelar Latihan Gabungan di Langit Sengkol Lombok Tengah-NTB

Dankodiklat TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M., bersama Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr. (Han),
Foto : Repro BidikNews.

BidikNews,Lombok Tengah
Dalam rangka menguji kesiapan pelaksanaan Presidensi Group of 20 (G20) di Provinsi Bali pada bulan November 2022 mendatang, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) menggelar Latihan Gabungan Utama Lintas Udara ( Latgabud Linud ) TNI-AD Tahun 2022 di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Sabtu,(17/9/2022).

Latgab Linud tersebut melibatkan 450 penerjun yang terdiri dari prajurit terbaik TNI AD dan TNI AU (Angkatan Udara).Di Lombok tengah NTB tersebut berlangsung sukses dan terlaksana dengan baik dan lancar.

Ratusan penerjun dibawa dengan menggunakan 5 Pesawat Hercules dan terjun di atas wilayah Kecamatan Pujut dan Kecamatan Praya Barat pada pukul 08.00 Wita.

Berdasarkan Pantauan media ini, Atraksi ratusan penerjun tersebut disaksikan oleh warga masyarakat di wilayah Desa Sengkol, Ketare, Tanak Awu, Desa Pengembur, Kecamatan Pujut dan di wilayah Desa Penujak, Kecamatan Praya Barat.

Latgab Linud ini juga ditinjau langsung oleh Dankodiklat TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M., Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr. (Han), Danpuslat Kodiklat TNI Marsma TNI Tahyodi, S.A.P., Dirlat Kodiklat TNI Brigjen TNI Arkamelvi Karmani, S.E., Danrem 162/WB Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo, S.Sos., M.M., Direktur Samapta Polda NTB Kombes Pol. Frido Sitomorang, S.H., S.I.K., Kabinda NTB Wara Winahya, S.Sos., M.Si., Kasrem 162/WB Kolonel Inf Lalu Habibburahim, S.I.P., M.Si., M.Han yang dilaksanakan di daerah Sengkol, Lombok Tengah,  pada Sabtu, (17/9/2022) itu.

Latgab Utama Linud TA 2022 ini merupakan event besar karena latihan ini melibatkan 2 matra TNI yakni TNI AD yaitu Satuan Brigif PR 18/Trisula Divif 2 Kostrad dan TNI AU dari Lanud Abd. Saleh.

 Warga Lombok Tengah ketika menyaksikan para Prajut Terbaik TNI AD dan AU melakukan Latgab. Foto: Repro bidikNews

Kegiatan Penerjunan di awali 1 tim KDOL dari Denpandu Taikam Brigif PR 18/Trisula dan Denmatra TNI AU yg melaksanakan penerjunan statik di ketinggian 1.500 kaki dengan parasut taktis militer lengkap dengan senjata dan perlengkapan tempur.

Setelah penerjunan, Tim KDOL menyiapkan Droop Zone (Daerah Penerjunan) telah dikuasainya, lanjut memandu Pasukan Linud melaksanakan Terjun Taktis.

Selang beberapa waktu, Terlihat 4 unit Pesawat Hercules TNI AU melintasi langit Sengkol dan menerjukan Ratusan Prajurit Para Handal dengan menggunakan Payung Statik yang menghiasi keindahan Langit di Bumi Lombok Tengah, NTB.

Dilokasi Latihan Mayjen TNI Syafrial Selaku Pangkogasgab Linud kepada wartawan mengungkapkan, latihan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan 5 operasi Linud guna mengatasi serta menanggulangi ancaman terhadap pertahanan dan keamanan nasional yang diperkirakan akan terjadi.

Tujuan lain yaitu sebagai show a force kepada dunia luar, bahwa TNI telah siap dan sigap untuk mengamankan dan menyukseskan kegiatan yang berskala internasional yaitu KTT G20 yang akan digelar pada pertengahan November 2022 di Bali nanti,” ujarnya.

“Selain dari Latihan Gabungan Utama Linud TA 2022, Latihan ini juga untuk meningkatkan kesiapan prajurit Satuan Divif 2 Kostrad sebagai satuan PPRC TNI dalam menghadapi tugas-tugas operasi ke depan yang semakin kompleks dan untuk meningkatkan kemampuan serta keterampilan seluruh prajurit Divif 2 Kostrad dalam hal penerjunan sehingga akan tercapai kesiapan operasional yang tinggi,” sambungnya.


Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., menambahkan, Satuan Divisi Infanteri 2 Kostrad sebagai satuan yang terbesar dan terkuat ini telah mendapat mandat dari pucuk pimpinan TNI yaitu Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, dan harus bisa menuntaskan tugas mulia ini dengan profesional dan optimal".

Kemudian Dankodiklat TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M., sangat mengapresiasi Para peterjun, “Saya sangat senang dan bangga terhadap kehebatan prajurit Linud satuan Divif 2 Kostrad, karena latihan ini berjalan dengan lancar, aman tanpa kendala. Masyarakat disini pun sangat antusias dan mendukung melihat jalannya latihan prajurit Linud satuan Divif 2 kostrad,” katanya.

Di akhir kegiatan, Letjen TNI Bambang Ismawan dan Mayjen TNI Syafrial beserta Forkopimda Lombok Tengah melaksanakan Bakti Sosial berupa pemberian ratusan paket Sembako kepada masyarakat Setempat.

Pewarta:Tim BidikNews. Editor: BN-007

0 Komentar