IGORNAS NTB Siap Gelar Lomba “Menpora Cup 2022” Tingkat SMP di Mataram


BidikNews, Mataram
- Dalam rangka membangkitkan semangat serta motivasi akan pentingnya olah raga, Ikatan Guru Olah Raga Nasional (Igornas) Provinsi NTB kembali melakukan kegiatan sekaligus merelaisasikan perintah Undang-undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan serta Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang menempatkan olahraga sebagai salah satu fokus pembangunan Pemerintah dalam upaya memajukan peradaban dan taraf hidup masyarakat Indonesia. 

Demikian Ketua Umum IGORNAS Provinsi NTB, Mone Febrianto, S.Pd ketika dihubungi media ini terkait rencana kegiatan  “MENPORA CUP 2022” Tingkat SMP pada Sabtu, 26 November 2022 nanti. 

Kegiatan “MENPORA CUP 2022” yang akan dipusatkan di Kota Mataram Provinsi NTB ini , kata Mone Febrianto akan memperlombakan sejumlah cabang olahraga unggulan berdasarkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Antara lain, 1. Atletik, Bulu Tangkis, dan Tae Kwon Do.

“ Tiga cabang olah raga ini akan dilombakan pada kegiatan “Menpora Cup 2022” yang dakan digelar pada Sabtu, 26 November 2022 nanti,” kata Mone Febrianto.

Mone febrianto menjelaskan, Kegiatan ini merupakan agenda Kementerian Pemuda dan Olah Raga RI melalui Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan dalam rangka memotivasi dan menyalurkan bakat dan minat siswa terhadap keolahragaan di sekolah yang mana kegiatannya dilaksanakan oleh IGORNAS masing-masing Provinsi termasuk IGORNAS Provinsi NTB.

Mone juga menjelaskan, adapun tujuan diadakan kegiatan ini adalah, untuk  Meningkatkan pemahaman dan wawasan pengetahuan keolahragaan dan kesehatan jasmani peserta didik, kemudian guna menumbuhkan sikap dan perilaku hidup sehat peserta didik melalui kecintaan terhadap aktivitas olahraga. 


Selain itu, kata Mone, kegiatan ini bertujuan menumbuhkembangkan iklim kompetisi yang sehat di lingkungan peserta didik di tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional, sekaligus meningkatkan rasa persaudaraan dan persatuan antar generasi muda Indonesia.

Dan yang lebihb penting lagi kata Mone febrianto, dengan kegiatan diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengenali dan memahami keragaman budaya dari berbagai wilayah Indonesia, sekaligus menumbuhkan motivasi peserta didik untuk menguasai dan meraih prestasi di bidang olahraga. 

Kegiatan ini pula kata Guru olah raga di salah satu SDN di Kota Mataram ini untuk menggali potensi atau bakat olahraga peserta didik tingkast Sekolah Menegah pertama (SMP) yang nantinya untuk ditampilkan di tingkat nasional hingga internasional. 

Dampak positif yang diharapkan melalui kegiatan “Memp[ora Cup 2022” ini tutur Mone Febriyanto adalah terciptanya kegiatan yang bermanfaat bagi siswa se- provinsi Nusa Tenggara Barat.

Mone Febriayanto juga menegaskan bahwa, Kegiatan olahraga pelajar “MENPORA CUP2022” ini merupakan sebuah implementasi Gerakan “Ayo Olahraga” guna terciptanya pembudayaan olahraga dimasyarakat Provinsi NTB dengan harapan meningkatkan Kesehatan dan kebugaran, menumbuhkan kembangkan potensi olahraga di satuan Pendidikan dan memiliki karakter yang kuat.” Ujarnya. 


Dalam kegiatan ini, Irwan Satriawan, S.Pd , ditunjuk sebagai Penanggung jawab, sedangkan ketua pelaksana, dpipercayakan kepada Mone Febryanto, S.Pd, Wakil Ketua, Budi Satriyadi, S.Pd serta Abdul Rachim, S.Pd di percaya sebagai Sekretaris pelaksana. 

Dalam kegiatan ini juga dibantu oleh sejumlah pengurus Igornas NTB, antara lain, Hadi Yuladi, S. Pd, Abdul Haris, S.Pd, Sribani, S.Pd, Loren, S.Pd, Dedy Widyanto, S.Pd, Muhammad Muhajir, S.Pd, Mahmuda Permata Sari, S.Pd, L. Sukri Hendrayadi Anwar, S.Pd, Lanang Ariayawan, S. Pd, Chaerul Hadi, S.Pd, Hendra Supian Hadi, S.Pd yang bertindak sebagai anggota panitia pelaksana “ Menpora Cup 2022”. Yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 26 November 2022 di Mataram.

Pewarta : Dae Ompu

0 Komentar