Percepat Layanan Pada Masyarakat, Dinas PUPR Bentuk UPT Baru Pemeliharaan Jalan

Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, H. Ridwan Syah 

BidikNews, Mataram
- Dalam rangka melakukan efisisensi dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat Dinas PUPR telah membentuk Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Balai Pemeliharaan jalan untuk wilayah pulau Sumbawa bagian Timur. Karena sebelumnya Balai Jalan Provinsi hanya ada dua yakni Balai jalan Pulau Lombok dan Balai Jalan Pulau Sumbawa.

Demikian disampaikan Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, H. Ridwan Syah saat dicegat sejumlah wartawan di gedung DPRD NTB usai diskusi dan konsultasi dengan Komisi IV pada Kamis, 3/11/22 di Mataram.

Ridwan Syah menjelaskan, mengingat pelayanannya tidak beimbang karena ruas jalan di Pulau Sumbawa lebih panjang dari ruas jalan di pulau Lombok dan luasnya pun tiga kali lipat dari pulau Lombok, sehingga rentang kendali pengawasan dan kecepatan pelayanan kepada masyarakat terhambat sehingga dibentuklah Balai untuk pemeliharaan jalan (Wilayah Timur Pulau Sumbawa) yang mencakup Kabupaten Bima Kota Bima dan Kabupaten dompu.” Ungkapnya.

Dengan adanya penambahan Balai pemeliharaan jalan Provinsi ini kata Ridwan Syah, maka Balai pemeliharaan jalan Provinsi NTB menjadi tiga, yakni, Balai Jalan Pulau Lombok yang menangani seluruh ruas jalan Provinsi di Pulau Lombok. Sedangkan Balai Jalan Sumbawa menangani ruas jalan Provinsi di Kabupaten sumbawqa dan kabupaten Sumbawa Barat.” Terangnya.

Untuk Balai jalan Sumbawa Timur, akan menangani ruas Jalan provinsi, pada wiayah Kabupaten Dompu, kab.Bima dan ruas jalan Provinsi yang ada di wilayah Kota Bima. Untuk Kegiatan Balai pemeliharaan jalan Sumbawa bagian timur ini mulai efektif pada tahun 2023.” Lanjut Ridwan Syah.

Diungkapkannya, dengan penambahan UPT baru Balai pemeliharaan Jalan ini pihak Dinas PUPR Provinsi NTB akan menggunakan sistim kegiatan swakelola yang dilaksanakan oleh Dinas PUPR sendiri yang dianggarkan melalui Balai Pemeliharaan Jalan.

Mengapa pemeliharaan jalan ini dilakukan melalui sistim swakelola, karena Dinas PUPR punya tenaga serta alat sendiri sehingga lebih cepat pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan dan menginginkan ruas jalan yang baik dan mantap.” Ujarnya.

Meski demikian Kepala Dinas PUPR POrovinsi ini Syah tidak menampik jika beberapa alat yang dimilki dinas PUPR masih kurang karena ada sebagian yang sudah rusak sehingga diperlukan penambahan anggaran untuk pemeliharaan jalan.

Peralatan yang rusak tentu harus diperbaiki sehingga memudahkan pelayanan sekaligus mempercepat  kegiatan pemeliharaan jalan agar lebih layak dan mantap untuk dimanfaatkan oleh masyarakat.” Kata Ridwan Syah.

Pewarta : Tim BidikNews

0 Komentar