Kadis PUPR Dompu Optimis Pembangunan Jembatan Sicu Rampung Akhir 2022


BidikNews, Dompu - Pembangunan Jembatan Sicu ruas jalan karijawa - kandai satu R.105, Kab. Dompu, dengan pagu Dana Rp. 8.750.000.0000 milyar, yang bersumber dari dana Dak Reguler (dana Pokir Pusat) tahun 2022. dan kontraktor pemenang tender, CV. Samas dan pengawas pekerjaan Bidang Bina Marga Dinas PUPR Dompu.

Jembatan yang bentangan 30 M itu, direncanakan akan selesai pada tanggal 16 Desember tahun 2022 nanti, sesuai dengan yang tercantum dalam kontrak, namun yang dikhawatirkan masyarakat Dompu pada Pembangunan Jembatan tersebut tidak bisa Rampung tepat waktu, karena mengingat akhir tahun 2022, tinggal menghitung hari.
 
Hal itu ditanggapi Kepala Dinas PUPR Dompu Aris Ansary, ST.,MT, memang pekerjaan ini akan berakhir bulan Desember, tepatnya tanggal 16 Desember tahun 2022 nanti, sesuai isi kontrak sudah selesai pekerjaannya.

"Namun terjadi beberapa koreksi pekerjaan, sehingga mengalami keterlambatan diakibatkan karena faktor bencana banjir sebanyak 3X, yang mengakibatkan tiang penyangga peranca (rel balok) itu terbawa arus banjir karena memang yang memegang kendali jembatan 4 balok ini, jadi kalau balok ini belum terpasang, yang pasti semua pekerjaan diatas tidak bisa dikerjakan, itu yang menjadi kendala,"terang Aris Ansary sambil menunjukan balok tersebut.

Kemudian dipasang baru, datang banjir singkat lagi tiang penyangga yang berat-berat terbawa banjir lagi diganti lagi, karena pada konstruksi yang berpengaruh besar ini, jadi itu yang sebenarnya kendala utamanya.

"Selain dari syarat-syarat lain termasuk konflik lahan diawal-awal. dan perkiraan kita banjir seharusnya di bulan Desember, rupanya banjir terjadi di awal November."jelasnya.

disamping itu nantikan ada adendum penambahan waktu atau bisa juga dikenakan denda, klau memang alasan kontrakan sesuai hasil penilaian, kita kasih kesempatan dan waktu."ujar Aris Ansary yang ditemui awak media dilokasi pekerjaan.


Senada juga disampaikan pengawas pekerjaan Mardin, ST, bahwa Jembatan Sicu ruas jalan karijawa - kandai satu R.105, nantinya akan berakhir tepat waktu dan  akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Dompu.

"Insyaallah pekerjaan Jembatan sudah berjalan lebih kurang 87,50 % dan akan selesai tepat waktu, diakhir tahun 2022 ,"terang Mardin.

Dalam waktu dekat ini Jembatan menghubungkan 2 Kecematan yakni, kecamatan Dompu dan Kecematan Woja sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Dompu, "bahkan bisa untuk Selfi Canda Mami sapaan akrabnya sambil tersenyum,  juga berada di lokasi pekerjaan.

Pewarta : Iwan Westom

0 Komentar