Infaq dan Sedekah sebagai “Peredam Murka Allah”


BidikNews,Mataram,NTB
- Bersedekah selain mendatangkan pahala berlipat, juga menghindari murka Allah. Nabi Muhammas SAW bersabda : "Sedekah sirri (secara rahasia) memadamkan murka Allah dan sedekah secara terang-terangan merupakan Perisai dari Neraka”.

Berbicara infak dan sedekah tentu bukan sesuatu yang aneh, tetapi sesuatu kata yang sangat familiar di telinga, karena kata infak dan sedekah sering kita dengar diberbagai pengajian keagamaan, berbagai media, baik elektronik maupun media cetak. 

Pertanyaannya sudah berapa jauh manusia memahami makna dan keistimewaan infak dan sedekah itu merasuk dalam diri dan menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.? Sebagai salah satu perintah Tuhan, seberapa jauhkah infak dan sedekah memberi andil dalam pembentukan spiritual pada setiap diri manusia? 

Berikut Penjelasan Profesor H.Tato Asmuni, Dosen senior di Universitas Mataram ketika memberikan ceramah kepada jamaah sholat subuh pada Selasa, 28 Maret 2023 bertepatan dengan tanggal 6 Ramadhan 1444 H bertempat di Masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram, Nusa Tenggara Barat, 

Dalam ceramah singkatnya, Profesor H.Tato Asmuni menyebutkan ada banyak ayat Alquran tentang Infaq dan Sedekah serta keutamaannya. 

Disebutkan dalam hadits bahwa pintu surga pun terbuka bagi orang-orang yang ikhlas menyedekahkan hartanya di jalan Allah maupun untuk membantu sesama yang sedang kesusahan.” Tutur Guru Besar Senior Universitas Mataram itu.

Dalam uaraiannya, Profesor H.Tato Asmuni menjelaskan bahwa Berinfaq dan sedekah tidak mengenal waktu. Dalam artian, tidak harus menunggu saat sudah kaya atau sukses karena akan datang penyesalan kelak jika ajal menjemput.

Dikatakannya, Allah SWT mengingatkan setiap orang yang melalaikan kewajiban berinfaq dan sedakah pasti akan merasa menyesal dan akan merasakan kebinasaan. 

Memperjelas pentingnya berinfaq dan sedekah ini, Profesor H.Tato Asmuni mengutip peringatan Allah SWT sebagaimana yang dituangkan adalam Al Qur`an surat Al Imram, ayat 92 yang Artinya, 

“Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh, Allah Maha Mengetahui.”

Allah juga berjanji, bahwa sedekah dapat melipatgandakan harta di dunia dan akhirat. Bahkan dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa Allah akan melipatgandakan menjadi 700 kali lipat keberkahan pahala.” Kata Guru Besar yang selalu tampil sederhana ini. 


Sedekah atau shodaqoh berasal dari kata "shadaqa" yang artinya jujur, benar, memberi dengan ikhlas. Ini mengisyaratkan bahwa orang-orang yang bersedekah berarti telah berlaku jujur kepada dirinya sendiri mengenai kelebihan yang telah di berikan oleh Allah.

Mengapa Allah dan Rasulullah memerintahkan umatnya untuk bersedekah? Sebab, di dalam sedekah itu tertanam berlipat-lipat pahala. Allah memberikan ganjaran dan menyayangi umatnya yang peduli terhadap sesama.

Dan di saat sakit parah pun masih ada orang-orang yang meminta agar usianya diperpanjang sekalipun hanya sebentar untuk bertobat dan menyusul semua amal yang dilewatkannya termasuk bersedekah. 

Pewarta: Dae Ompu

0 Komentar