Safari Ramadhan di Kec.Donggo, Bupati Bima Apresiasi Toleransi Beragama yang Tetap Terjaga


Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah dan juga penuh ampunan. Memanfaatkan momen di Bulan Ramadhan, Bupati Bima Hj.Indah Damayanti Putri beserta jajarannya mengadakan berbagai kegiatan disejumlah wilayah kecamatan se Kabupaten Bima  selama Bulan suci Ramadhan.

BidikNews,Bima,NTB – Kegiatan Ramadhan berbagi pada Senin (27/3) tahun 2023 ini menjadikan Desa Palama Kecamatan Donggo sebagai lokasi ketiga kegiatan Ramadhan Berbagi Pemerintah Kabupaten Bima setelah sehari sebelumnya Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, SE beserta jajaran melakukan kegiatan yang sama di kecamatan Wera dan Ambalawi. 

Bupati Bima yang didampingi Staf Ahli Iwan Setiawan SE, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Fatahullah, S.Pd, Ketua Baznas Kabupaten Bima H. Zainudin beserta para pengurus, beberapa pejabat Eselon II dan Eselon III lingkup Pemerintah Kabupaten Bima menjelaskan arti penting kegiatan  Ramadhan Berbagi. 

"Pemerintah hadir untuk memberi contoh akan pentingnya saling berbagi. Dengan memberi secara ikhlas, orang akan menerima dengan rasa syukur. Karena itulah, semangat silaturahmi dan berbagi antar sesama muslim harus terus kita galakkan". Tutur Bupati dalam sambutannya singkatnya. 

Di hadapan, tokoh masyarakat, alim ulama, Pimpinan organisasi Islam dan jajaran pendidikan Kecamatan Donggo, dan Camat Donggo Ardavis S.ST beserta unsur Muspika, Bupati pada kesempatan itu mengharapkan agar seluruh pejabat, dan Camat beserta jajaran dapat meneruskan ikhtiar untuk turun ke masyarakat berbagi kepada warga masyarakat yang kurang mampu.

Selain menyampaikan arahan akan pentingnya berbagi dan kewajiban membayar zakat bagi kaum muslimin Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE juga memberikan apresiasi terkait situasi kehidupan beragama yang aman dan damai di wilayah tersebut. 

"Keluarga di Donggo bisa hidup rukun dan damai meski berbeda keyakinan. Terima kasih kepada Camat, Muspika,  para kepala desa tokoh agama dan tokoh  serta  masyarakat Donggo yang senantiasa menjaga kerukunan umat beragama.” Ujar Bupati Bima itu. 


Saya pastikan Kecamatan Donggo selalu menjadi contoh yang bisa dibanggakan dalam  toleransi kehidupan beragama ". Ungkap Bupati di Masjid Sabilul Muhtadin Desa Palama. 

Dalam kesempatan itu Bupati Bima dirilis Laman resmi Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kab. Bima berharap ada peran dari seluruh elemen untuk menjaga situasi damai.

"Saya berharap seluruh unsur, baik lembaga adat maupun tokoh masyarakat untuk terus mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terprovokasi jika ada pihak yang menyebarkan Informasi yang tidak benar dan ingin memecah belah kehidupan yang rukun dan harmonis di wilayah ini". Imbuh Bupati. 

Pada kesempatan yang sama Ustadz Hariyanto S.Pdi dalam tausiyahnya mengajak umat Islam khususnya para jamaah Masjid Sabilul Muhtadin Desa Palama agar senantiasa menjaga lisan.

"Barang siapa yang tidak meninggalkan dusta maka Allah SWT tidak akan mengangkat derajatnya.  Jaga lisan dari adu domba yang menimbulkan perkelahian. Juga jangan berbuat ghibah atau membicarakan aib saudara yang  tidak  kita sukai.” Kata Ustadz Hariyanto S.Pdi mengingatkan.

Acara kemudian  dilanjutkan dengan penyerahan 50 bingkisan untuk para takmir masjid dan kaum duafa. 

Pewarta: Dae Ompu


0 Komentar