Ciptakan Peserta Didik yang Berkwalitas SMPN 6 Dompu Terapkan Pendidikan Karakter


BidikNews,Dompu,NTB
- Pada dasarnya, penguatan Pendidikan karakter bermuara kepada terbentuknya peserta didik yang memiliki keselarasan dan keseimbangan antara pengetahuan akademik, sikap/prilaku yang baik dan ketrampilan menuju era revolusi industry. maupun era Society.

Dalam rangka untuk memberikan nilai positif bagi peserta didik, SMPN Negeri 6 Dompu terus berupaya dalam melakukan Pengembangan maupun Penguatan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 6 Dompu, dengan menerapkan kebiasaan perilaku positif tertentu dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Sehingga nantinya akan menghasilkan Peserta didik yang tidak hanya mempunyai Pengetahuan akademik yang baik, tetapi juga memiliki karakter yang berkualitas.

Maka perlu disupport oleh keteladanan, pengajaran dan penguatan. dari sisi keteladanan, dimana guru, orang tua atau anggota masyarakat dapat menjadi panutan/model positif bagi peserta didik. Hal tersebut disampaikan Kepala Sekolah SMPN 6 Dompu Suhada H.Ibrahim, SPd.


Didampingi Wakakur, St Nurwahidah, SPd, Kasek SMPN 6 Dompu itu mengatakan bahwa Pembiasaan merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang, baik dilakukan secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri.

" Juga akan menghasilkan suatu kompetensi, dalam Pengembangan karakter melalui pembiasaan ini dapat dilakukan secara terjadwal atau tidak terjadwal baik di dalam maupun di luar kelas." Kata Kepsek SMPN 6 Dompu.

Ada beberapa kegiatan rutin yang dilaksanakan di SMP Negeri 6 Dompu diantaranya yaitu:

1. UDARA BERSIH (Upacara Bendera Berdisiplin dengan gigih)
2. SEMARAK (Senin Meriah Bersama Wali Kelas)
3. GELISAH MERANA (Gerakan Literasi Melatih Rasa dan Nalar)
4. MELAWAN NASIB (Menyanyikan Lagu Wajib Nasional Bersama)
5. SORBAN (Sholawat dan Tadarusan Bersama Teman)
6. JAGA HATI (Jumat Religi atau Sehat Ramai-Ramai)
7. SABAR (Sabtu Bersih dan Lestari)

Dijelaskan dari sisi pengajaran, guru dan keluarga mengajarkan karakter/nilai-nilai yang baik serta menggabungkan pengetahuan akademik dengan nilai-nilai kearifan lokal.


Kemudian yang lebih penting juga dari sisi penguatan dimana sekolah dan keluarga harus dapat meningkatkan atau memperkuat karakter dan nilai–nilai yang baik dengan kegiatan pendukung di luar sekolah, diluar rumah, maupun dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat

" Karena Karakter merupakan faktor penting dalam diri seseorang yang akan mempengaruhi caranya bersikap terhadap sesuatu. Khususnya Pada diri siswa karakter juga sangat penting," papar ibu Kepsek dikenal miliki banyak ide

Sehingga perlu dibangun sejak awal. Guru harus paham dan menguasai bagaimana cara membangun karakter siswa tersebut, sebagai pengganti orang tua.

" Kegiatan-kegiatan tersebut Alhamdulillah telah dilaksanakan dengan baik dan semoga mampu mewujudkan peserta didik yang religius, tangguh, cerdas dan berkarakter." ucapnya.

Diakhir Semoga dengan selalu melakukan penguatan Pendidikan karakter akan menghasilkan peserta didik yang tidak hanya mempunyai pengetahuan akademik yang baik tetapi juga memiliki  karakter yang berkualitas." Harap Ibu Kepsek murah senyum ini.

Pewarta: Iwan Westom

0 Komentar