Dikpora Dompu Bersama Dispora NTB Gelar Seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi


Kabid Olahraga Asrulriadi, SPd, MPd
: Seleksi Pemuda Pelopor Tingkat NTB, Hasilkan Pemuda-Pemudi Yang Memberikan Dampak Positif bagi Lingkungan Sekitarnya.


BidikNews,Dompu,NTB
- Dispora NTB bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kab. Dompu menggelar Kegiatan Seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi NTB tahun 2023 dalam rangka menyeleksi Calon Pemuda Pelopor yang memiliki potensi kepeloporan, berlangsung di aula kantor Dikpora Dompu, kamis 25/05/23.

Kegiatan dimaksud meliputi 5 kategori bidang, sementara Kabupaten Dompu hanya mengirimkan 2 orang peserta, masing-masing pada Bidang Pendidikan dan bidang Agama, sosial dan budaya, dengan Tim Penilai dari Provinsi NTB.

Dalam sambutannya Sekretaris Dikpora Dompu, Muhammad Iksan S.ST. MM.,mengatakan bahwa kegiatan Pemuda Pelopor tersebut harus terus di laksanakan dan ditingkatkan, terutama sekali dalam jumlah peserta yang ikut.

" Menurut penjelasan tim Dispora Provinsi NTB, tadi ada 5 kategori yang dilombakan, Dompu hanya mengikuti 2 kategori," kata Muhammad Iksan, yang biasa disapa Papi Iron.

Papi Iron juga menyampaikan untuk kedepannya, kami berharap Dompu bisa mengikutkan pesertanya untuk 5 kategori bidang tersebut.

" Karena mengingat dompu punya banyak potensi anak-anak muda yang punya talenta dan kinerja bagus, dalam membangun aktifitas dan kreativitas." ucap mantan Playmaker persidom Dompu.

Serta membangun kolaborasi program yang mampu menumbuhkan hal-hal positif bagi diri sendiri dan orang lain serta lingkungan sekitarnya." harap papi dalam penyampaian singkatnya.

Pada kesempatan yang sama Kabid Pumuda dan Olahraga Dikpora Asrulriadi, SPd,.MPd, menyampaikan Kegiatan Seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi NTB bertujuan menggelorakan semangat kepeloporan dikalangan pemuda khususnya di kabupaten Dompu.

" Menemukan dan kenali pemuda yang memiliki potensi kepeloporannya dan memberikan penghargaan kepada para pemuda yang dinilai telah  memenuhi persyaratan dan kriteria sebagai Pemuda Pelopor tingkat  kabupaten," kata Asrulriadi.
 
Kemudian dengan hasil yang dicapai yaitu  : 

a. Terseleksinya calon pemuda pelopor yang memiliki potensi kepeloporan  
dalam bidang-bidang yang telah ditetapkan
b. Terpilihnya pemuda-pemuda pelopor yang memiliki karya nyata  
berkualitas di bidang kepeloporannya didasarkan pada kecerdasan,  
kreatif, kepribadian, jiwa kegotong royongan dan kemandirian
c. Meningkatnya potensi kepeloporan pemuda dalam berbagai bidang.

" Dimana nantinya Pemuda/Pemudi inilah yang akan memberikan dampak positif signifikan dari kepeloporannya, memberikan manfaat yang besar untuk lingkungan dan sekitarnya." Pungkas Kabid Muda dan Cerdas.

Serta selalu memberikan inovasi baru dari kepeloporan di 5 bidang yaitu :
1. bidang pendidikan;
2. bidang agama, sosial dan budaya;
3. bidang sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata;
4. bidang pangan; dan
5. bidang inovasi teknologi.
 
Diakhir Ketua PGRI Dompu ini menyampaikan bahwa Kabupaten Dompu mengirimkan 2 orang peserta," yaitu Pak Iwan kepala sekolah SMK Kreatif We Save di Bidang Pendidikan dan ibu Fifnur TBM Oo mantika di bidang Agama, sosial dan budaya." Papar pria berkarir cemerlang.

Pewarta: Iwan Westom

0 Komentar