Kepala DPMPTSP NTB H. Muhammad Rum Pastikan Pembangunan Kereta Gantung Rinjani Tanpa Kendala

Foto : Repro BidikNews

BidikNews,Mataram,NTB
- Proyek pembangunan kereta gantung pada Gunung Rinjani di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan segera terealisasi. Kepala Dinas DPMPTSP NTB, H. Muhammad Rum memastikan pembangunan kereta gantung Rinjani yang berlokasi di Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, berlangsung tanpa kendala. 

Hal tersebut terungkap ketika Kepala DPMPTSP NTB, H. Muhammad Rum melakukan Rapat korrdinasi dengan Sekretaris Daerah Pemprov NTB Drs. HL. Gita Aryadi bertempat di Ruang Rapat Sekda terkait percepatan investasi pembangunan kereta gantung.

Rakor tersebut dipimpin oleh bapak Drs. H. Lalu Gita Ariadi M.Si pada 17 Mei 2023. Turut hadir dalam rakor tersebut antara lain, Sekda Kab. Loteng Ir. Lalu Firman, MT beserta Kadis PUPR Kab. Loteng, Kadis PMPTSP Prov NTB perwakilan Dinas PUPR, Dinas LHK, Biro Pemerintahan dan wakil investor PT Indonesia Lombok Resort.

Dalam Rakor tersebut dihasilkan beberapa kesimpulan sebagai berikut, 1. Titik 0 pembangunan jalan akses di Desa Kr Sidemen; 2. Pembangunan jalan akses sepanjang 5 KM dilaksanakan oleh Dinas PUPR Provinsi yang akan kerjasama dengan investor; 3. Pembangunan jalan akses ruas jalan Pemepek-Kr Sidemen akan dilakukan kerjasama antara Pemkab dengan Pemprov; 4. Dinas LHK mengawal penyusunan Amdal untuk keperluan IPPKH; 5. Dinas PMPTSP mengawal proses administrasi, proses investasi dan memberikan informasi keluar.

Dijelaskan H. Muhammad Rum, Proyek pembangunan kereta gantung Gunung Rinjani ini ditargetkan selesai dibangun pada 2025 mendatang. Proses pembangunannya akan dilakukan secara bertahap. Tak hanya kereta gantung, nantinya akan diikuti pembangunan fasilitas yang lain.” ucapnya, 

Dalam keterangannya H. Muhammad Rum memastikan pembangunan kereta gantung tersebut berada di luar Taman Nasional Gunung Rinjani, sehingga tidak akan merusak habitat hutan yang ada di Kawasan tersebut.

Foto: Repro BidikNews

Pada kesemptana terpisah sebelumnya, kepada wartawan di Mataram, Gubernur NTB DR.H.Zulkieflimansyah mengemukakan, bahwa pembangunan kereta gantung di Rinjani ini akan menjadi "milestone" atau tonggak pencapaian baru bagi pembangunan di provinsi itu.  

"Detail desainnya, bagus sekali. Kalau terlaksana, ini akan menjadi "milestone" baru buat NTB. Kenapa? Karena investasinya sangat besar, perusahaannya sangat besar dan kereta gantung itu langkah awal saja," tuturnya.

Gubernur NTB juga meyakini bahwa kelak akibat pembangunan kereta gantung tersebut tidak akan merusak mata pencarian porter, maupun lingkungan sekitar. Alasannya, investor yang mengerjakan proyek tersebut sudah punya keahlian dan teknologi yang bagus.

Total luas lahan yang disiapkan 500 hektare sebagai lokasi pembangunan kereta gantung, disertai dengan jalur kereta sekitar 10 kilometer yang nantinya dilengkapi fasilitas pendukung lainnya. 

Pewarta : Tim BidikNews


 

0 Komentar