Toleransi Beragama Terjalin Indah di GPI Mataram, Warga Muslim Bantu Kawal Kegiatan Piodalan Umat Hindu Banjar Griya Hita


Piodalan adalah rangkaian upacara Dewa Yadnya yang ditujukan kepada Ida Sang Hyang Widi pada sebuah pura atau tempat suci. Piodalan bagi umat Hindu merupakan upacara agama yang dilaksanakan melalui persembahyangan bersama.

Bidiknews,Mataram,NTB – Bagi umat Hindu Banjar Griya Hita Lingkungan Griya Pagutan Indah (GPI) Mataram NTB melaksanakan upacara Piodalan sebagai kewajiban karma desa dalam rangka membayar hutang kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa beserta seluruh manifestasinya. Kegiatan yang dilaksanakan di pura Banjar Griya Hita Lingkungan Griya Pagutan Indah (GPI) Mataram tersebut berlagsung khidmat.

Upacara keagamaan ini untuk memupuk kesadaran umat sebagai  bentuk wujud bhakti umat Hindu, selain itu upacara memberikan pemahaman nilai dan makna yang terkandung dalam sarana upacara. Hal itu disampaikan Ketua Banjar Griya Hita Lingkungan Griya Pagutan Indah (GPI) Mataram, I Putu Widanta usai acara dilaksanakan.  

Warga Muslim Griya Pagutan Indah Mataram turt ambil bagian untuk melakukan penjagaan guna memberikan rasa aman dan nyaman selama upacara Piodalan yang berlagsung di Banjar Griya Hita Griya Pagutan Indah Mataram sekaligus sebagai bentuk perhatian dan penghormatan kepada umat Hindu yang melaksanakan ibadah keagamaan.

Pengamanan kegiatan Piodalan umat Hindu tersebut dipimpin langsung oleh kepala Lingkungan Griya Pagutan Indah,(GPI) Matatam, Indra Gunawan beserta Ketua-ketua RT dan pemuka masyarakat muslim lainnya di Lingkungan GPI.

Ketua banjar Griya Hita Lingkungan Griya Pagutan Indah Mataram menyampaikan terima kasih yang tiada terhingga atas partisipasi ummat Islam dan Kepala Lingkungan serta ketua-ketua RT se GPI sehingga upacara Piodalan umat hindu di Lingungan GPI dapat berlangsung khidmat, aman dan lancar.

I Putu Widanta mengatakan, upacara piodalan menjadi sebuah momentum untuk melaksankan ajaran agama, belajar untuk melatih kesadaran tinggi serta menjadi sebuah ajang untuk saling merekatkan kembali tali persaudaraan di antara umat Hindu.” Tutup I Putu Widanta.

Sebelumnya memberitakan bahwa, Umat Hindu di Lingkungan GPI juga telah mendarma bhaktikan dirinya untuk memberikan pelayanan pengamanan terhadap kegiatan ibadah ummat islam ketika melaksanakan sholat taraweh Bulan Ramadhan selama sebulan penuh. 

Kegiatan saling membantu dan toleransi Beragama di Lingkungan GPI telah berlangsung bertahun-tahun sehingga kehidupan toleransi beragama yang terjalin indah selama ini terus dirawat dengan baik.

Pewarta: Dae Ompu


0 Komentar