Program Kampus Mengajar Angkatan 5 Tahun 2023 Mahasiswa Unram di SDN 20 Ampenan Kota Mataram Berakhir

Mahasiswa Kampus Mengajar berpose bersana Kepala sekolah dan Guru SDN 20 Ampenan Kota Mataram, NTB 

Kampus Mengajar adalah salah satu program merdeka belajar kampus merdeka yang diunggulkan Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi). Kampus Mengajar merupakan bagian dari kegiatan mengajar di Sekolah dari program Kampus Merdeka. Bertujuan untuk membekali mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan/ keahlian yang berguna untuk memasuki masa depan. 

BidikNews,Mataram,NTB - Menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi di SD dan SMP seluruh Indonesia, menjadi partner guru dan sekolah dalam melakukan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. 

Program kampus Mengajar pun dilaksanakan Universitas Mataram salah satunya dengan menenpatkan 4 Mahasiswa Fakultas Keguruan Program study PGPAUD dan PGSD pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 20 Ampenan Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

4 (Empat) Mahasiswa tersebut antara lain, Windy Rahmania Octaviani, Muna Iffat Nabilah, Liza Ayu Anggriani, Dian Luh Suci Kartikawati. Kegiatan Program Kampus mengajar 4 orang mahasiswa Unram itu didampingi Dosen Pembimbing Lapangan, Hidayati, M.Hum (Dosen Universitas Muhammadiyah Mataram) serta Kepala Sekolah SDN 20 Ampenan, Ahmad, S.Pd dengan Guru Pamong, Yayak Febria Handayani, S.Pd.

Pelaksanaan penugasan Program Kampus Mengajar ini 4 mahasiswa Unram ini dimulai sejak tanggal 20 Februari 2023 dan berakhir tanggal 19 Juni 2023 lalu.

Salah seorang Mahasiswa Program Kampus Mengajar, Windy Rahmania Oktaviani menjelaskan Dalam kegiatan itu Rancangan program kerja yang dilaksanakan antara lain: 

Pertama, Pendampingan literasi dan numerasi. Program ini merupakan program utama dari tim kampus mengajar angkatan 5 tahun 2023 SDN 20 Ampenan yang di khususkan untuk membimbing siswa yang belum bisa membaca atau belum lancar membaca. Selain itu kegiatan ini juga untuk meningkatkan minat belajar matematika yang menyenangkan untuk siswa.

Dua, Program kerja pengelolaan ruang baca. Program ini dirancang untuk mendukung terbentuknya gerakan literasi di sekolah agar mencapai kualitas literasi yang lebih baik lagi.

Tiga, Program kerja adaptasi teknologi. Tujuan dari program ini yaitu untuk menunjang pemahaman siswa terhadap pemanfaatan teknologi.

Empat, Program kerja asistensi mengajar dan membantu administrasi. Program ini merupakan bentuk kolaborasi antara mahasiswa kampus mengajar dengan guru untuk membantu proses pembelajaran di kelas.

Lima, Program kerja SDGs (Sustainable Development Goals) atau program kerja yang bertujuan untuk pembangunan berkelanjutan terkait dengan lingkungan sekolah. 

Pada program ini urai Rahmania bentuk partisipasi kami yaitu dengan membuat kegiatan berupa pembersihan wastafel dan penyediaan sabun cuci tangan agar siswa dapat nyaman ketika melaksanakan pembiasaan cuci tangan dengan sabun dan air bersih.

Enam, Program kerja individu. Program ini yaitu bentuk program kerja secara individu atau pribadi yang dilakukan oleh tiap mahasiswa.


Kegiatan tambahan yang dilaksanakan di sekolah, Tutur Rahmania, yaitu lomba memperingati hari lahir Pancasila yaitu lomba mewarnai, estafet karet dan lomba balap sendok kelereng.

Sejak awal observasi sekolah sampai dengan masa akhir penugasan kami sangat diterima dengan baik oleh pihak sekolah, kami sudah dianggap seperti keluarga sendiri dan tidak pernah dilupakan ketika ada acara-acara yang dilaksanakan oleh sekolah.” Ujar Rahmania yang diyakan tiga rekannya.

Windy Rahmania Oktaviani juga merngungkapkan Seluruh guru dan staf dan seluruh siswa di sekolah sangat baik dan ramah pada kami, sehingga membuat kami nyaman dan berat rasanya untuk meninggalkan sekolahSDN 20 Ampenan itu,” katanya dengan nada haru.

Dikahir Windy Rahmania Oktaviani beserta tiga rekannya menyampaikan terima kasih kepada Kepala sekolah dan para guru serta siswa-siswa SDN 20 Ampenan yang telah mengajarkan kami tetnag berbagai hal ketika mberhadapan dengan siswa di sekolah. 

Ucapan terima kasih juga kepada sivitas akademikan Unram khususnya Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan program studi PGPAUD dan PGSD yang memberi kepercayaan kepada kami untuk ikut program Kampus mengajar di SDN 20 Ampenan.” Tutup Windy Rahmania Oktaviani yang diamini tiga rekannya. 

Pewarta: Nia


0 Komentar