Dipantau Langsung Kapolri, Polres Dompu Gelar Tanam Pohon Sebagai Wujud Lestarikan Negeri


BidikNews,Dompu,NTB
- Sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT RI ke-78 Tahun 2023, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) serentak menggelar Kegiatan penanaman pohon, tak terkecuali Polres Dompu.

Kegiatan bertema "Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan sejak dini" ini digelar di Kawasan Desa Lanci Jaya, Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, di pimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit prabowo, M. Si. secara virtual, Rabu (23/8/2023) sekira pukul 08.00 Wita.

Hadir saat kegiatan Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT. selaku Pemerintah Daerah, Ketua DPRD Kab. Dompu diwakili Jamaludin,S Sos, selaku unsur DPRD, Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain S.I.K bersama Ketua Bhayangkari Cabang Dompu dr. Dian Anggreini Vitasari.

Tampak pula, Dandim 1614 Dompu diwakili oleh Danramil 06/Manggelewa Letnan Satu Inf. Syaifuddin, Wakapolres Kompol Abdi Mauluddin, S.Sos, Kabag Sumda Polres Dompu, KOMPOL Burhanuddin beserta sejumlah PJU lingkup Polres Dompu.

Tak ketinggalan, Kadis Dinas Lingkungan Hidup, Jufri, ST., M.Si, Camat, Syaiful Arif M.Pd., Kapolsek IPTU Ramli, S.H, beserta Anggota., Kepala BKPH Ampang Riwo Nurwana Putra, S.Hut, beserta Anggota hingga sejumlah tamu penting lainnya.

Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain S.I.K 

Pada pelaksanaannya, kegiatan dimulai sekitar pukul 08.30 Wita dilaksanakan apel persiapan penanaman pohon Yang di pimpin oleh Kapolres Dompu.

Saat memaparkan maksud kegiatan, Kapolres Zulkarnain menyebutkan bahwa penanaman pohon secara serentak ini di pimpin langsung oleh Kapolri yang dilaksanakan secara simbolis.

Lanjutnya, kegiatan tersebut turut di laksanakan oleh beberapa Kepala Kepolisian di Asean (Ketua AMMTC dan Ketua SOMTC) maupun Kepala Kepolisian Negara besar lainnya yang turut diundang, seperti dari CHINA dan AUSTRALIA di pulau Rinca Kab. Manggarai Barat Provinsi NTT.

"Pelaksanaan penanaman pohon ini juga dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polri mulai dari tingkat Polda, Polres Hingga Polsek," jelas Kapolres.

Lebih lanjut, paparnya, Polri menggalakkan atau mendorong kembali kegiatan penanaman pohon dalam rangka berkontribusi untuk mencegah perubahan iklim agar lingkungan lebih baik dan lebih hijau.

"Kegiatan penanaman pohon ini, tidak hanya dilakukan oleh anggota Polri, tapi bersinergi dengan unsur komponen masyarakat lainnya, mulai dari teman-teman TNI, Pemerintah Daerah, Masyarakat kemudian dari seluruh komponen bangsa ikut bersama-sama menanam pohon," sebut Kapolres.

Lebih lanjut, ungkapnya, kegiatan penanaman pohon atau penghijauan ini merupakan momentum bagi seluruh komponen masyarakat untuk bisa berkontribusi di tengah perubahan iklim global, kondisi perubahan iklim saat ini yang cukup ekstrim, terjadi sejumlah kekeringan bahkan kebakaran hutan dan lahan seperti di MAUI HAWAI yang menewaskan 100 orang.

"demikian pula di wilayah indonesia, juga sudah ada sebagian yang mengalami kekeringan dan kebakaran hutan serta lahan," tutur Kapolres.


Kapolres juga mengingatkan, bahwa kepedulian terhadap lingkungan merupakan investasi yang akan diwariskan kepada anak cucu mendatang, oleh karena itu, kegiatan penanaman yang dilakukan oleh kita semua bukan sekedar seremonial, dan kegiatan ini bukan sekedar seremonial, dan berlangsung satu hari saja, diharapkan bisa tetap berkelanjutan dihari-hari mendatang.

Usai paparan Kapolres, sekira Pukul 08.50 wita melaksanakan zoom bersama Kapolri, dilanjutkan dengan penanaman pohon sebanyak 2000 bibit Pohon (Mahoni,Jambu mente, Rambutan dan Sawo).

Kegiatan penghijauan berakhir pukul 10.00 wita berjalan aman dan lancar ditandai dengan sesi foto bersama.

Pewarta: Iwan,Westom

0 Komentar