UIN Mataram Jadi Pilot Proyek PTKIN SPI se Indonesia


Bidik News,Mataram,NTB
- Itjen Kementerian Agama memilih UIN Mataram sebagai salah satu dari tujuh PTKIN yang dijadikan pilot proyek penguatan Satuan Pengawasan Internal (SPI). 

Sejak 2 Oktober Tim Itjen Bersama tim humas sudah datang ke kampus UIN Mataram dan memulai pemetaan dalam mewujudkan tata kelola UIN Mataram dalam mewujudkan Good University Governance. Jum’at (05/20/2023)

Rektor UIN Mataram Prof.Dr.H.Masnun Tahir, M.Ag. menjelaskan bahwa SPI merupakan organ penting sebagaimana yang tertuang melalui Peraturan Menteri Agama Nomor 18 Tahun 2017 tentang Statuta UIN Mataram pada Bab II bagian ke tiga Pasal 91 sampai 94 yang menegaskan tentang  tugas SPI untuk melakukan fungsi pengawasan non-Akademik untuk dan atas nama Rektor. 

Lebih lanjut rector juga menegaskan bahwa dalam melaksanakan fungsi pengawasan terhadap program non-akademik, peran SPI masih membutuhkan peningkatan dan akselerasi. Karena itu menjadikan SPI UIN Mataram menjadi salah satu pilot proyek akan membantu lembaga untuk menjalankan fungsi pengawasan non-akademik yang mencakup bidang keuangan, asset, dan kepegawaian.

Penguatan kapabilitas SPI kali ini setidaknya akan menghasilkan hasil akhir; Pertama, penyelenggaraan organisasi dan program dari seluruh unit terkait pelaksanaan Tridharma Perguruan tinggi akan lebih efisien dan efektif. Kedua, Asset yang dimiliki kampus akan aman dan digunakan secara maksimal dalam mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan tatakelola kelembagaan yang baik. Ketiga, menghasilkan Informasi dan laporan keuangan yang akurat. 

Tim pendampingan dalam program penguatan kapabilitas SPI yang tengah berlansgung di tujuh kampus PTKIN ini terdiri dari tim auditor dan tim humas irjen yang akan memantau secara lansgung seluruh rangkaian proses penguatan dan untuk selanjutnya dipublikasikan. 

Target publikasi kolaborasi humas irjen dan humas UIN Mataram setidaknya harus mencakup lima aspek penting tediri dari video testimoni, publikasi internal web dan medos kampus, pemberitaan media lokal dan nasional, artikel popular, dan poster digital. 

Demikian disampaikan kepala bagian Humas dan Kerjasama Universitas Islam Negeri - UIN Mataram, H. Sapardi, MM kepada media di Mataram

Pewarta: Dae Ompu


0 Komentar