Rangkaian Kunker Pj. Gubernur NTB di Lotim, Menabuh Optimisme Masyarakat


BidikNews.net,NTB
- Rangkaian kunjungan kerja Pj. Gubernur NTB, Drs. HL. Gita Ariadi, M. Si atau disapa Miq Gite di Kabupaten Lombok Timur menjadi agenda yang penting dalam membangun komunikasi yang intens serta harmonis sekaligus untuk mengetahui secara langsung kondisi masyarakat sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap keberlangsungan pembangunan diberbagai bidang terutama sector  perekonomian.

Seiring tibanya musim tanam serta untuk memastikan ketersediaan pupuk bagi petani, dalam kunker ke Lotim Kamis 11 Januari 2024, berkesempatan dialog dengan petani dan meninjau gudang pupuk CV Hidayat di Desa Sikur Kec. Sikur lotim. 

Dalam kesempatan kunkernya tersebut Pj. Gubernur HL. Gita Ariadi didampingi pj Sekda Lotim dan juga dari PT Pupuk Indonesia, sekaligus memastikan komitmen pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pupuk petani melalui mekanisme yang terus dipermudah agar tidak menyusahkan petani.

Agenda kunker selanjutnya, Pj. Gubernur NTB HL. Gita Ariadi melakukan peninjauan aglomerasi pabrik hasil tembakau (APHT) di Desa Paok Motong Kec. Sikur. 


Ditempat itu Miq Gite mengapresiasi para pekerja yang kian rapi dan cepat dalam bekerja. Petugas bea cukai juga hadir mendampingi dan mengawasi penerapan cukai rokok. 

Dari sisi rasa, rokok yg dihasilkan jauh lebih enak dari rokok2 yg lbh dulu terkenal dan harga rokok hasil APHT ini jauh lbh murah. Mau coba ?,” ujar Miq Gite terseyum puas.

Dengan gaya kesederhanaannya, Miq Gite sejenak mampir di Mae Cenggo Masbagik. Selanjutnya melakukan panen cabe di Desa Kerongkong Kec. Suralaga. 

Pada kesempatan itu Miq Gite dilaporkan oleh Kadis Perdagangan NTB - Baiq Nelly, menyampaikan bahwa saat ini harga cabai rawit stabil di harga Rp. 34.000,00/kg. 

Sebelumnya kata Baiq Nelly harganya tembus hingga Rp. 60.000,00./kg. Stok Periode Minggu Kedua Bulan Januari 2024 sebesar 132.942 ton. 

Sedangkan kebutuhan Provinsi NTB selama 7 Hari sebesar 220 Ton. Artinya ketersediaan stok cabai di Provinsi NTB surplus.” Ujar Kadis Perdagangan Provinsi NTB itu. 


Dalam keterangannya, Pj. Gubernur HL. Gita Ariadi mengatakan sesuai arahan Presiden dan Mendagri dalam setiap memimpin rakor inflasi nasional, Pemprov NTB akan  mengambil langkah gerakan perluasan lokasi tanam cabai sebagai salah satu strategi menjaga stabilitas harga, meningkatkan jumlah produksi, menjaga inflasi dan  juga untuk menopang ketersediaan cabai nasional.” Katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTB -  Berry Arifsyah Harahap,  melaporkan bahwa Bank Indonesia bersama para komunitas petani cabai rawit mencoba untuk meningkatkan produksi dengan penanaman organik cabai. 

Kualitasnya lebih baik, tidak gampang busuk, produksinya naik dan pendapatan petani cabai meningkat. Dengan cabai organik,  menambah umur pohon cabai yang biasanya 6 bulan menjadi 8 bulan sampai 1 tahun dengan produksi yang optimal dan stabil.” Kata Berry

Kunker Pj Gubernur NTB di Lombok Timur pada Kamis, 11 Januari 2024 itu diakhiri dengan peninajauan Bendungan Pandan Duri. 

Kehadiran Pj. Gubernur HL. Gita Ariadi di Bendungan Pandan Duri itu guna meliaht langsung kondisi ril atas keluhan Masyarakat di wilayah hilir terhadap distribusi air yg terbatas sehingga mengancam musim tanam. 


Diinformasikan bahwa Bendungan pandanduri memiliki kapasitas tampung 29 jt M3 untuk melayani daerah irigasi seluas 5.100 Ha, utk layanan air baku, utk air bersih dan pembangkit listrik mikrohidro.

Saat ini kondisi tampungan air bendungan hanya tersedia 30% dan kondisi inflow yg sangat kecil yang dipengaruhi oleh fenomena elnino yg msh berlangsung sehingga utk berbagai kebutuhan tersebut harus dilakukan pengaturan penyaluran air ke sawah melalui saluran intake sebesar 1900 L/dtk. 

Hal ini memang  belum memadai bagi kebutuhan masyarakat petani sehingga dibutuhkan pola gilir air yg telah disepakati bersama antar petani/P3A dan pengamat pengairan.” Ujar Miq Gite.

Semoga di daerah hulu dan di sekitar bendungan segera turun hujan dengan curah tinggi sehingga air tampungan meningkat, petani tadah hujan maupun irigasi tehnis dapat tersenyum dan semua geger girang turun kesawah,” harap Miq Gite….. Aamiin YRA.

Dari hasil kunjungannya ke berbagai wilayah di NTB, Pj. Gubernur NTB, Miq Gite mengaku cita-cita luhur pemerintah mensejahterakan masyarakat melalui diberbagai bidang kehidupan terutama sector perekonomian akan terwujud dengan menabuh optimisme yang kuat bersama masyarakat.

Pewarta: Tim BidikNews


0 Komentar