Giat Ibu-Ibu Posyandu "Flamboyan" GPI Mataram Layani Bayi Ibu Hamil dan Lansia

Gita Ibu-ibu Posyandu "Flamboyan" Griya Pagutan Indah (GPI) Mataram NTB

BidikNews.net,Mataram,NTB
- Bertempat di Aula Posyandu “Flamboyan” Lingkungan Griya Pagutan Indah (GPI) Kelurahan Pagutan Barat Kecamatan Mataram Kota Mataram Provinsi NTB dilaksanakan kegiatan posyandumelayani balita serta ibu hamil dan lanjut usia (Lansia) secara rutin setiap bulannya. kegiatan ini sangat bermanfaat bagi ibu dan anak dan lansia demi menjaga kesehatan.

Peran posyandu Flamboyan Griya Pagutan Indah (GPI) di tengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur dan lansia.

Keberadaan Posyandu (pos pelayanan terpadu) “Flamboyan” di Lingkungan GPI bersama petugas kesehatan Puskesmas Karang Pule Kota Mataram merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak serta lansia. 

Salah satu program utama posyandu Flamboyan di Lingkungan GPI Mataram ini adalah menyelenggarakan pemeriksaan bayi dan balita secara rutin. Hal ini penting dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendeteksi sejak dini bila anak mengalami gangguan tumbuh kembang.

Pantauan media ini Jenis pelayanan yang diselenggarakan posyandu “Flamboyan”untuk balita mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lain-lain berhubungan dengan perkembangan kesehatan anak. Hasil pemeriksaan tersebut kemudian dicatat di dalam buku KIA atau KMS.

Selain itu Posyandu Flamboyan GPI Mataram ini melakukan Pelayanan KB serta Imunisasi wajib sebagai salah satu program pemerintah yang mengharuskan setiap anak usia di bawah 1 tahun untuk melakukan vaksinasi. Tak hanya anak, ibu hamil pun juga dapat melakukan vaksinasi di posyandu Flamboyan GPI.

Suasana giat Posyandu Flamboyan di GPI Mataram

Peran lainnya yang dilakukan Ibu-ibu Posyandu Flamboyan GPI Mataram adalah kegiatan pemantauan gizi dalam mencegah risiko stunting pada anak. Pelayanan gizi di posyandu meliputi pengukuran berat dan tinggi badan, deteksi dini gangguan pertumbuhan, penyuluhan gizi, dan pemberian suplemen.

Selain itu, Posyandu Flamboyan Griya Pagutan Indah (GPI) Mataram Posyandu juga dapat menjadi sarana bagi para ibu untuk menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak, baik dengan petugas kesehatan maupun dengan peserta posyandu lainnya. 

Dengan pengetahuan yang baik, diharapkan kualitas kesehatan ibu dan anak dapat meningkat. Kegiatan posyandu dan manfaatnya bisa semakin dirasakan jika diikuti secara rutin.” Kata Ibu Nurma selaku Koorditor Posyandu Flamboyan Griya Pagutan Indah Mataram disela-sela kegiatan pelayanan berlangsung.

Nampak hadir di Posyandu Flamboyan Griya Pagutan Indah (GPI) Mataram Bapak-bapak usia lanjut yang turut memeriksa kesehatannya antara lain, H. Zainal, H.Rivai, Cak Mustofa dan lain-lain.

Pewarta: Dae Ompu

0 Komentar