Wabup H. Syahrul Parsan Inginkan Dompu Menjadi Role Model Kabupaten Layak Anak

Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan ST. MT ketika melaunching Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Dompu

BidikNews.net,Dompu
- Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan ST. MT menginginkan Kabupaten Dompu menjadi role model Kabupaten Layak Anak di Propinsi NTB bahkan Indonesia.

Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri dan melaunching Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) terintegrasi dengan program Pola Asuh Remaja di era Digital (PAAREDI) yang bersih dari Narkoba (Bersinar) di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dompu, Selasa (05/03/24).

Syahrul Parsan mengatakan, perempuan dan anak masih tergolong dalam kategori masyarakat rentan. Sebab, perempuan dan anak masih sering mengalami berbagai masalah diskriminasi.

Berbagai masalah yang kerap ditemui, antara lain kemiskinan, konflik, kekerasan, dan lain sebagainya. Berbagai masalah yang harus dihadapi perempuan maupun anak-anak ini turut berpengaruh pada kebijakan program dan pembangunan Desa.

Dilauchingnya DRPPA yang terintegrasi dengan PAAREDI menuju Desa Bersinar, diharapkan Desa  mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan Desa. Serta pembinaananya harus dilakukan secara terencana, menyeluruh,  dan berkelanjutan.

“Kita semua yakin dan percaya ketika semua elemen  yang ada di desa bergerak, kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat diminimalisir serta perederan narkoba yang ada di desa dapat ditekan”ungkapnya

Sebelumnya PLT. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu H. Burhan, SH. dalam laporannya mengatakan berdasarkan lampiran surat keputusan Bupati Dompu Nomor : 303/DP3A/2022 terdapat 14 Desa yang menjadi role model dan rintisan Desa ramah Perempuan dan Peduli anak Di Kabupaten Dompu.

Ditahun 2023 Lima Desa telah dilaunching yaitu Desa Cempi Jaya, Tembalae, Mbawi, Katua dan Bakajaya. Sedangkan untuk tahun 2024 hari ini ada 9 Desa yaitu Desa Marada, Hu’u, Wawonduru, Nangamiro, Soro, Anamina, Malaju, Kadindi, dan Bara.

Ikut hadir diacara launching Jajaran Forkopimda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan perangkat Daerah, Ketua GOW, DWP, Perwakilan Camat, Kepala Desa dan Forum Anak.

Pewarta: Iwan. Westom

0 Komentar