Jurnal "ULUMUNA" UIN Mataram Masuk Daftar 100 Besar Jurnal Dunia

Rektor UIN mataram, Prof.DR.KH. Masnun Tahir, M.Ag bersama Wakil Direktur Pascasarjana UIN Mataram, Prof. Mohamad Abdun Nasir, M.A., Ph.D.,selaku pengelola Jurnal ULUMUNA

Menulis artikel pada jurnal bereputasi internasional merupakan pencapaian yang membanggakan dalam karier akademis dan ilmiah. Penulisan artikel yang diterbitkan di jurnal bereputasi internasional tentunya membutuhkan dedikasi dan kualitas yang tinggi. Artikel yang terpilih untuk terbit pastinya memberikan kontribusi yang berarti bagi komunitas ilmiah global. Demikian halnya capaian yang diraih Jurnal ULUMUNA UIN Mataram. 

BidikNews.net,Mataram,NTB – Sebagai Pendatang baru ULUMUNA UIN Mataram sebagai pendatang baru dalam jurnal Religious studies dengan predikat Q1 (Quartile 1) dari Scimago Journal & Country Rank (SJR) siap menjawab dan menampung kegelisahan para akademisi dan peneliti yang memiliki artikel terbaik untuk dipublikasikan.

Ulumuna journal of Islamic studies yang diterbitkan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram masuk dalam rangking 100 besar jurnal dunia dalam bidang religious studies versi Scimago Journal & Country Ranks 2023 dan peringkat ke 75 untuk semua bidang ilmu jurnal nasional. 

Dalam rilis terbaru tersebut, Ulumuna memperoleh Quartile 1 dalam bidang history dengan SJR 0.24. Capaian ini merupakan kerja keras sejak Ulumuna menjadi jurnal internasional tahun 2015.

Ulumuna terbit pertama kali tahun 1997 dan mengalami beberapa kali reorientasi baik dalam pembidangan dan skop kajian maupun menejemen pengelolaannya, seperti penggunaan platform open journal system (OJS), untuk disesuaikan dengan perkembangan publikasi ilmiah internasional mutakhir. Reformasi ini membuahkan hasil yang sangat baik yang menghantarkan Ulumuna menjadi jurnal ilmiah terindeks dan bereputasi.

Pada tahun 2012, Ulumuna memperoleh peringkat B (peringkat menengah/sedang) untuk kategori akreditasi jurnal nasional. Sejak diberlakukannya ketentuan penerimaan artikel dalam Bahasa Inggris tahun 2015,  input paper submission dari sarjana dan peneliti luar negeri meningkat secara signifikan.

Pada tahun 2018, Ulumuna mendapatkan peringkat Sinta 2 (dari range peringkat 1 sampai 6) dalam sistim pemeringkatan jurnal nasional bereputasi ARJUNA dan mendapatkan peringkat Sinta 1 pada tahun 2023. 

Wakil Direktur Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Prof. Mohamad Abdun Nasir, M.A., Ph.D.,

Dengan persiapan yang matang, baik pada aspek editorial board, skop kajian, diversitas penulis yang berafiliasi dengan perguruan tinggi maupun pusat riset nasional dan internasional, pada tahun 2022 usulan Ulumuna terindeks Scopus berhasil diperoleh.

Humas UIN Mataram merilis, Semenjak terindeks Scopus tahun 2022, paper submission Ulumuna meningkat tajam dan semakin kompetitif. Ulumuna terbit dua kali setahun dengan jumlah artikel kini rata-rata 15 untuk setiap nomor terbitan. Sebagai upaya untuk menjaga mutu dan kualitas terbitan, semua artikel Ulumuna melewati proses review yang ketat, fair dan terbuka untuk dilacak secara online melalui OJS Ulumuna.

Secara lebih spesifik tema-tema kajian yang diangkat dalam Ulumuna meliputi hukum Islam, pendidikan Islam, tafsir dan hadis, tasawuf, filsafat Islam, ilmu kalam, dakwah serta politik Islam. Namun, tema-tema lain sepanjang menyangkut aspek normativitas Islam secara kritis maupun sisi historisitas dan kultural Masyarakat Muslim, termasuk persinggungannya dengan masyarakat multikultural dalam setting global maupun lokal, tetap memiliki peluang untuk diterima.

Dengan fokus kajian utama studi Islam (skop kajian arts and humanities dalam bidang religious studies dan history) dan masuk dalam 100 besar jurnal dunia, kini Ulumuna merupakan jurnal ilmiah internasional bereputasi yang mempromosikan hasil-hasil kajian multi dan transdisipliner dalam ranah teoritik, filosofis dan historis maupun hasil riset-riset empiris terkait Islam dan masyarakat Muslim. 

Sementara itu, Rektor UIN Mataram Prof. DR.KH. Masnun Tahir, M.Ag melalui Wakil Rektor II Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Prof. DR. H. Maimun Zubair, M.Pd mengaku bangga dan bersyukur atas capaian jurnal Ulumuna di UIN Mataram sehingga tembus dalam rangking 100 Besar Jurnal dunia. 

Dikatakannya, Menulis artikel pada jurnal bereputasi internasional merupakan pencapaian yang membanggakan dalam karier akademis dan ilmiah. Penulisan artikel yang diterbitkan di jurnal bereputasi internasional tentunya membutuhkan dedikasi dan kualitas yang tinggi. " ungakpnya.


Artikel yang terpilih untuk terbit pastinya memberikan kontribusi yang berarti bagi komunitas ilmiah global. Demikian halnya capaian yang diraih Jurnal ULUMUNA UIN Mataram. " tutur Wakil Rektor II itu dengan rasa bangga.

Wakil Rektor II UIN Mataram itu mengungkapkan, ULUMUNA UIN Mataram sebagai pendatang baru dalam jurnal Religious studies dengan predikat Q1 (Quartile 1) dari Scimago Journal & Country Rank (SJR) siap menjawab dan menampung kegelisahan para akademisi dan peneliti yang memiliki artikel terbaik untuk dipublikasikan." jelasnya.

Pewarta: Dae Ompu

0 Komentar