Ini Dia.! Deretan Figur Bacawagub Asal "Mbojo" yang Dilirik Lalu Muhamad Iqbal di Pilgub NTB 2024

DR. Lalu Muhamad Iqbal, ketika menerima mandat dari Presiden RI yang ditugaskan sebagai Duta Besar RI di Turki

Panggung politik pemilihan Gubernur NTB telah memunculkan para figur dengan ide-ide segar nan progresif. Mobilisasi gagasan melalui silaturrahim dan media sosial sebagai sarana menggaet dukungan jelata menjadi senjata utama. Sederet nama beken pun bertengger kuat sebagai Bacagub NTB termasuk nama besar DR. Lalu Muhamad Iqbal, seorang Diplomat Ulung yang dimilki Bangsa Kelahiran Praya Lombok Tengah yang ditugaskan sebagai Duta Besar RI untuk negara Turki

BidikNews.net,NTB - Kehadiran DR. Lalu Muhamad Iqbal (Mamiq Iqbal) dalam bursa Bacagub NTB kini menjadi ancaman serius bagi para kandidat lain, apalagi LMI dikhabarkan akan menggandeng figur asal pulau Sumbawa sebagai pendamping di Pilkada Gubernur 2024. 

Beberapa hari terakhir, tensi politik di Provinsi NTB mulai memanas setelah  dikejutkan dengan munculnya sederet nama Bacawagub di panggung politik pemilihan Gubernur NTB yang berasal dari “Mbojo” Bima Dompu. Sejumlah nama yang muncul ini dikhabarkan bakal mendampingi Lalu Muhammad Iqbal sebagai Cawagub diantaranya, H. Arsyad Gani (tokoh sentral Mbojo), Hj. Dinda Dhamayanti Putri (Bupati Bima), H. Mori Hanafi, H. Syafrudin, Hj. Magdalena, dan terakhir dikagetkan dengan hadirnya Tiar Rachman Harun (putra mahkota Mantan Gubernur H. Harun Al Rasyid).

Upaya mereka menembus pentas politik pemilihan Gubernur NTB 2024 pun tidaklah mudah, mengingat putra asal Lombok pun bertengger banyak yang bakal dijadikan sebagai pendamping Lalu Muhamad Iqbal yang dijuluki “Idola Baru” masyarakat Bumi Gora yang bakal tampil sebagai kandidat kuat Gubernur NTB 2024-2029. 

Kehadiran nama-nama beken itu sebagai pendamping Mamiq Ikbal dalam kalkulasi politik masyarakat NTB dianggap sebagai langkah tepat Sang “Idola Baru” di Bumi Gora dinilai sebagai satu keajaiban untuk membungkam ambisi kandidat lainnya pada Pilgub November 2024 nanti.

Persaingan ketat pilgub NTB nanti  2024 dianggap sebagai “Pilkada dalam Bara” karena didalamnya terdapat nama kesohor yang akan bersaing ketat memperebutkan hati jelata. 

DR. Lalu Muhamad Iqbal, berpose bersama keluarga

Para figure terkemuka seperti, DR. Zul dan Hj. Rohmi (mantan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB) serta H. Suhaily yang pernah menjabat sebagai Bupati Lombok Tengah dua periode serta H. Suhaimi (mantan Bupati Lotim) dibaratkan sebagai tembok yang kokoh untuk ditembus oleh seorang Mamiq Iqbal yang dijulki “Idola Baru di Bumi Gora”.

Dengan bertengger kokohnya sejumlah nama diatas tentu membuath Mamiq Iqbal diharuskan berpikir keras untuk mencari figure yang mampu mengimbangi kekuatan para rival politiknya itu. 

Kecerdasan perhitungan politik seorang Diplomat akan diuji dengan menghadirkan pasangan wakil yang bakal mengantarkannya ke podium kemenangan, sehingga mamiq Iqbal harus cerdas memilih Bakal Calon Wakil yang mapu meraih pundi-pundi suara yang maksimal untuk menghentikan langkah para kandidat kuat tersebut menjunju kursi nomor wahid di Provinsi NTB. 

Ada yang menarik dari sikap mamiq Iqbal yang harus dihormati masyarakat NTB dalam pemilihan Gubernur 2024, yakni sikap bijaknya dalam menyikapi situasi politik di daerah ini. 

Sebagai Putra terbaik kelahiran Praya Lombok Tengah yang menghormati keberagaman, Mamiq Iqbal melihat NTB sebagai sebuah “istana” yang penuh warna, yang didalamnya terdapat banyak komponen masyarakat dengan bersikap bijak untuk berpasangan dengan figure dari pulau Sumbawa untuk bersama tampil pada Pemilihan Gubernur NTB 2024. 

Deretan nama yang dikhabarkan akan digaet Lalu Muhamad Iqbal sebagai Bacawagub pada Pilkada Gubernur NTB November 2024 mendatang antara lain :

H. Arsyad Gani.

Lalu Muhamad Iqbal bersama H. Arsyad Gani

Bagi masyarakat “Mbojo” Bima Dompu, menyodorkan nama H. Arsyad Gani sebagai bakal cawagub dari Lalu Muhamad Iqbal karena H. Arsyad Gani merupakan tokoh yang dihormati masyarakat NTB dan memilki seabrek pengalaman birokrasi yang mumpuni dan dinilai sebagai tokoh teladan bagi semua. 

Keinginan kuat masyarakat “Mbojo” terhdap H. Arsyad Gani tak terbendung untuk menjadi Bacawagub dari Lalu Muhamad Iqbal sehingga pundi-pundi suara masyarakat Mbojo yang ada diseluruh wilayah NTB diharap mampu memuluskan langkah LMI untuk menjadi Gubernur NTB 2024-2029.

Para tokoh Bima telah bergerak ke seluruh wilayah NTB guna mensosialisasikan nama H. Arsyad Gani sebagai Bacawagub NTB. Sosialisasi yang dilakukan mulai dari perkotaan hingga pelososk desa di seluruh wilayah NTB.

Hj. Dinda Dhamayanti Putri

Hj. Dinda Dhamayanti Putri atau akrab disapa Umi Dinda dikenal sebagai wanita tangguh di bumi NTB. Menjabat sebagai Bupati Bima dua Periode menjadikan dirinya lebih matang di dunia politik, sehingga banyak yang berharap dan tak sedikit yang mendorongnya untuk menjadi Bakal Calon wakil gubernur berpasangan dengan Lalu Muhamad Iqbal pada pilgub 2024 mendatang. 

Disisi lain Umi Dinda saat ini dihadapkan dengan dua pilihan yakni dirinya yang digadang-gadang sebagai Bacawagub dan perhatiannya pada Putra mahkotanya “Jenateke” yang akan maju menjadi calon Bupati Bima. 

Ditengah pergumulan politik yang sedang berlangsung ini nampaknya Umi Dinda senantiasa menghadapinya dengan tenang meski berada di “persimpangan jalan” antara politik pilkada dan Pilgub. 

Lalu Muhamad Iqbal dan Hj. Indah Dhamayanti Putri serta Tiar Rachman Harun (tengah)

Dua pilihan ini Bagi Umi Dinda akan menerima “pinangan” mamiq Iqbal sebagai Bacawagub atau tidak, sementara pada bagian lain hati dan pikirannya tertuju kepada putra tercinta yang akan maju sebagai calon Bupati Bima. 

Tentunya, sebagai seorang wanita yang menjadi ibu bagi masyarakat mbojo, Umi Dinda tak ingin di “Stempel” sebagai pribadi yang rakus akan kekuasaan, karena Umi Dinda sendiri sadar, terdapat banyak tokoh-tokoh bima lainnya yang bisa menjadi pendamping Lalu Muhamad Iqbal pada Pilgub NTB 2024. Tetapi jika partai menghendakinya untuk maju sebagai Bacawagub maka keputusan ada pada Umi Dinda itu sendiri.

Tiar Rachamn Harun

Pria yang akrab disapa Mas Tiar ini, beberapa hari terakhir disebut-sebut sebagai bakal cawagub yang akan mendampingi Lalu Muhamad Iqbal. Putra Mahkota Mantan Gubernur NTB H. Harun Al Rasyid ini dinilai memilki talenta dan piawai dalam dunia politik. 

Munculnya nama Pengusaha sukses yang bergelut Bidang usaha pertambangan ini cukup mengagetkan sehingga eskalasi politik NTB pun kian menarik perhatian.

Tiar Harun sendiri menyadari, sebagai tokoh muda akan senang jika bisa berada bersama yang lain turut serta membangun daerah dan masyarakat NTB.  

Bagi Tiar Rachman sangat menyadari bahwa ada banyak tokoh lain juga yang patut  untuk didukung sebagai Bacawagub mendampingi Lalu Muhamad Iqbal pada pemilihan Gubernur NTB 2024 seperti H. Arsyad Gani serta Hj. Dinda Dhamayanti Putri. Akan tetapi jika Mamiq Iqbal menjatuhkan pilihan pada dirinya ia pun mengaku siap  lahir bathin.

Tiar Harun sendiri ketika Pilgub 2018 pernah dielu-elukan berpasangan dengan H. Suhaili (mantan Bupati Lombok Tengah) karena berbagai kendala tehni dan situasi politik yang tidak memungkinkan untuk bersama rencana pasangan itu terhenti ditengah jalan yang akhirnya Suhaili memilih H.M. Amin sebagai Calon wakil.

H. Syafrudin (Rudi Mbojo)


Nama yang satu ini tak asing ditelinga masyarakat NTB, nama yang cukup familiar di pentas politik di Republik ini. Dua periode sebagai anggota DPR RI (Partai PAN) menjadikan dirinya makin  percaya diri untuk menjadi pemimpin baru di NTB. 

Beberapa kali bersua dengan Lalu Muhamad Iqbal seakan memberi sinyal bahwa keduanya akan berdayung bersama dalam bahtera politik menuju tahta Gubernur dan wakil Gubernur NTB periode 2024-2029. 

Tetapi khabar lain yang diperoleh media ini menyebutkan bahwa Rudi Mbojo bakal maju di Pilkada Walikota Bima memalui partai PAN yang telah membesarkan namanya dikancah politik nasional. 

Sayangnya H.Syafrudin yang dikenal dengan sebutan Rudi Mbojo ini gagal masuk kembali di Gedung senayan untuk periode ke tiga sebagai anggota DPR RI.

H. Mori Hanafi

Mori Hanafi yang memulai karir politik melalui partai Gerindra ini menjadikan dirinya sebagai anggota Dewan dan menjabat sebagai Wakil Ketua di DPRD NTB selama dua periode. 

Pada Pemilu 2024 ia berlabuh di partai Nasdem dan berhasil masuk di gedung senayan Jakarta sebagai anggota DPR RI melalui Dapil NTB I (pulau Sumbawa) dengan perolehan suara yang cukup signifikan. 

Kini nama Mori Hanafi masuk dalam daftar nominasi bacawagub mendampingi Mamiq Iqbal. Saat ini Mori Hanafi masih menduduki posisi Ketua Umum KONI NTB. 

Hj. Mahdalena 

Lalu Muhamad Iqbal bersama Mahdalena dan Mori Hanafi

Meskin terbilang baru didunia politik, Wanita asal Mbojo ini mampu mengukuhkan dirinya sebagai salah satu anggota DPR RI dari Partai PKB hasil pemilu 2024 lalu. Namanya kian populer ketika dihadapkan dengan sebuah pilihan politik untuk menjadi bacawagub untuk mendampingi Mamiq Iqbal pada Pilgub NTB 2024.

Sebuah pilihan yang terbilang sulit bagi seorang Mahdalena. Ketika baru saja terpilih sebagai anggota DPR RI, kini ia digadang-gadang untuk menjadi bacawagub. Keputusan itu berada pada Magdalena sendiri, apakah dirinya akan bertahan sebagai wakil rakyat  atau menjadi wakil Gubernur NTB. 

Lalu Muhamad Iqbal sendiri kini telah berada dipanggung politik setelah dirinya berkiprah dipemerintahan sebagai seorang diplomat yang kemudian dipercaya sebagai Duta Besar di Negara yang dipimpin Erdogan itu. Selama di pemerintahan pusat Lalu Muhamad Iqbal memilki kedekatan emosional dengan lingkaran elite yang berkuasa.

Terlahir dari keluarga terhormat bangsawan Sasak, Lalu Muhamad Iqbal  hadir sebagai Bakal Calon Gubernur NTB bukan tanpa perhitungan. Kans untuk terpilih sebagai Gubernur sangat terbuka lebar jika ia mampu menentukan pilhan wakilnya dengan cerdas. Apalagi, Lalu Muhamad Iqbal dikhabarkan akan didukung para pemodal besar serta para petinggi dari sejumlah partai besar yang berkuasa.  

Dilihat dari fenomena poitik yang kian dinamis, nampak terlihat ruang keberhasilan menjadi orang nomor satu di NTB bakal mulus, karena didukung oleh kemampuan membangun narasi politik yang kuat dan sikap bijaknya untuk mengambil bacawagub dari pulau Sumbawa, jika itu benar terjadi. 

Bagi masyarakat NTB khususnya masyarakt “Mbojo” yang ikut menikmati hiruk pikuk politik pilkada Gubernur saat ini tentunya sangat berbesar hati untuk menyerahkan sepenuhnya kepada Lalu Muhamad Iqbal untuk menentukan pilihannya. Semoga

Pewarta: TIM

0 Komentar