Team Pusat Bantuan Hukum PERADI Mataram Peduli Atas Kasus Keributan di Meninting Lombok Barat

Team Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Mataram ketika melakukan rapat kordinasi

BidikNews.net,Lobar,NTB
– Peristiwa keributan yang terjadi di Dusun Montong Buwuh, Desa Meninting, Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat, pada Jumat malam (10/5/2024) sekitar pukul 23.00 WITA, mengundang simpati dari rekan rekan Advokat. 

Simpati yang mendalam atas peristiwa tersebut datang dari Pusat Bantuan Hukum DPC Peradi Mataram.

Dalam pernyataannya Ketua PBH Peradi Mataram Lalu Armayadi, SH meminta kepada Aparat Penegak Hukum Polda NTB untuk segera mengusut tuntas kasus ini, dan kami meminta Agar segera mungkin Menetapkan Tersangka & menangkap Para Pelaku Pernyerangan tersebut.

Peristiwa Penyerangan dengan Senjata Tajam yg dilakukan oleh kurang lebih 50 Orang yang memakan Korban di Montong Buwuh, Meninting Lombok Barat ini mengakibatkan dua orang mengalami luka-luka, dan saat ini sedang menjalani perawatan intensif di RSUD Kota Mataram.

Ketua PBH Peradi Mataram Lalu Armayadi, SH mengingatkan hal tersebut demi tercipta kekondusifitas di wilayah hukum Polres Lombok Barat di mana Kecamatan Batu Layar adalah salah satu destinasi Wisata yang harus kita jaga bersama keamanan dan kenyamanannya,”

Ditempat yang sama Advokat senior yg Juga masyarakat Montong Batu Layar Gabriel Gahing Tokan,SH yang ditunjuk oleh keluarga korban untuk mendampingi korban, meminta agar pihak kepolisan yg diyakini telah mengetahui apa latar belakang dan siapa intelektual dadernya dari kasus tersebut agar secepatnya melakukan tindakan pengamanan terhadap pihak pihak yg diduga terlibat sehingga persoalan tersebut tidak membias dan menimbulkan Isu liar yang dapat menimbulkan masalah baru,” kata Gabriel.

Gabriel Gahing Tokan,SH juga menghawatirkan terjadinya tindakan balas dendam dari masyarakat Montong terutama dari keluarga korban. Peristiwa ini pun di atensi pula oleh tokoh masyarakat Desa Meninting yang sekaligus mantan Kepala Desa Meninting Lalu Marzoan, SH, 

Mantan Kepala Desa Meninting Lalu Marzoan, SH dalam pernyataannya menghimbau kepada Aparat Penegak Hukum untuk memberikan perhatian yang khusus dalam penanganan perkara ini, sekaligus meminta kepada masyarakat Meninting dan Batu Layar pada umumnya untuk bisa menahan diri karena permasalahan ini dalam proses penanganan oleh  aparat Kepolisian Polda NTB.

Pada kesempatan yang sama Team Hukum dari PBH Peradi Mataram melalui Alvan Hadi, SH mengatakan bahwa pihaknya mendatangi management TVRI Nusa Tenggara Barat untuk ikut berpartisipasi dalam menyampaikan informasi ini secara luas kepada Masyarakat NTB agar tidak terburu-buru dalam menerima informasi yang tidak benar. 

Harapan kita bersama semoga pihak berwajib segera memenuhi ekpektasi dari masyarakat dalam rangka terciptanya kestabilan dan keamanan di bumi NTB yang kita cintai ini, lebih lebih memasuki tahun politik November 2024 mendatang.

Kapolres Lombok Barat, AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi., S.H., S.I.K., M.AP.,

Menyikapi hal itu, Kapolres Lombok Barat, AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi., S.H., S.I.K., M.AP., menegaskan peristiwa tersebut sedang ditangani dengan serius. 

"Kami mohon kepada masyarakat untuk tidak melakukan tindakan anarkis dan mempercayakan penyelesaian kasus ini kepada pihak kepolisian," kata AKBP Bagus.

KaPolres Lombok Barat juga menegaskan bahwa pihaknya akan menangani kasus ini dengan serius. "Kami akan melakukan penyelidikan secara menyeluruh dan menindak tegas para pelaku," tegas AKBP Bagus.

Saat ini, situasi di Dusun Montong Buwuh sudah berangsur kondusif. Petugas kepolisian masih berjaga di lokasi untuk mengamankan situasi. Polres Lombok Barat juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi yang tidak benar atau provokatif terkait dengan kejadian ini.

“Kejadian ini tentu menjadi keprihatinan bagi kita semua. Mari kita jaga kondusifitas dan tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Percayakan penyelesaian kasus ini kepada pihak kepolisian,” tandasnya.

TIM


0 Komentar