PT. STM Bantu Air Bersih untuk Warga Marada

Proses pengeboran sumur bor dalam untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Marada, Kamis (27/1/2022)

Kebutuhan air bersih semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Air bersih selalu jadi masalah bagi hampir semua wilayah di Kecamatan Hu’u. Selain terbatasnya air permukaan, selama ini sumur dalam pun tidak bisa menjamin ketersediaan air bersih untuk masyarakat.


BidikNews-PT STM sebagai salah satu dari sederet panjang perusahan pengelola Proyek Tambang di Indonesia. Salah satunya adalan Proyek Tambang Hu`u di NTB saat ini.

Ditengah pergulatan kepentingan dan kebutuhan masyarakat atas air bersih tersebut PT STM melakukan pengeboran air bersih untuk warga Desa Marada kecamatan Hu`u Kabupaten Dompu.

Pengeboran sumur bor dalam di lahan hibah dusun Madawa, Desa Marada, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, mulai dilakukan pada Rabu (26/1/2022) lalu yang direncanakan hingga mencapai kedalaman 100 meter.

Sebelumnya, konsultan ahli dari PT STM telah melakukan penelitian geolistrik untuk mengetahui titik air tanah dan kandungannya. Kepastian kandungan air itu akan terlihat saat pengeboran dan proses logging usai pengeboran. Berdasarkan perkiraan awal hasil penelitian, di lokasi titik bor memiliki potensi air yang siap dikonsumsi dan bahkan cukup memenuhi kebutuhan hingga 2 Desa di Kecamatan Hu’u.

foto : ilustrasi BidikNews

Sumur bor dalam bantuan PT STM ini sangat dibutuhkan masyarakat dan atas permintaan serta usulan pemerintah Desa Marada. Karena keterbatasan air bersih selalu jadi masalah bagi warga setempat.

Apalagi salah satu sumber airnya di so Mada Oi Lanco yang sebelumnya dialirkan dengan pipa ke pemukiman warga, pipanya sudah terbawa arus saat bencana banjir awal 2021 lalu. Hingga saat ini, air tidak ada yang mengalir.

Kepala Desa Marada, Abdullah pada Kamis (28/1/2022) mengungkapkan, selama jaringan perpipaan yang mengalirkan air dari so Mada Oi Lanco rusak, warga terbantukan dengan 6 sumur galian bantuan PT STM dan Sebagian lagi diambil dari desa tetangga. Itupun airnya mengering ketika musim kemarau.

“Kita bersama masyarakat Marada sangat bersyukur adanya sumur bor dalam bantuan dari PT STM,” kata Abdullah.


Pewarta : Tim BidikNews
Editor : BN-007

0 Komentar