Puas dengan Penjelasan PT STM Warga Nangadoro Buka Jalan yang Diblokir

warga Dusun Nagadoro kec. Hu`u saat blokir jalan

BidikNews
- Puluhan warga masyarakat dusun Nangadoro desa Hu'u kec Hu'u kab Dompu melakukan asi pemblokiran Jalan guna menuntut Air bersih yg kurang Lancar. Hal tersebut dilakukan warga Pada Selasa, 29 Maret 2022 Sekitar Pkl 05.30 Wita usai sholat subuh.

Dalam aksinya tersebut warga dusun Nanga doro Desa Hu'u menyesalkan sikap PT STM yang hanya memberikan janji saja tetapi tidak ditepati. Aksi blokir jalan ini kata warga dilakukan agar PT STM segera meralisasikan penyediaan air bersih untuk kebutuhan warga masyarakat di susun Nangadoro.

Warga masyarakat juga mengancam untuk tidak akan membuka jalan sebelum pihak PT STM menjelaskan kepada warga masyarakat terkait tidak lancarnya penyaluran air bersih ke warga.

Dengan adanya pemblokiran jalan oleh warga dusun Nagadoro, sejumlah pihak menuju lokasi antara lain, Humas PT STM, yang diwakili Emil, Sawan dan Suhardin, Pimpinan Nawakara, Apri Hidayat, Danru Brimob, Aipda Satria serta Humas PT Macmahon Taufik Abdul Malik, dan anggota SatPolPP Kec. Hu`u Sulaiman.

Dialog antara PT STM bersama para pihak dan warga Dusun Nangadoro Kec Hu`u

Diketahui bahwa, PT. Macmahon adalah milik pengusaha asal Australia merupakan salah satu kontraktor PT STM dalam pembuatan jalan akses eksplorasi dilokasi proyek tambang Hu`u.
 
Ketika dilokasi sejumlah pihak tersebut melakukan dialog dengan warga masyarakat guna meredam aksi pemblokiran jalan oleh warga dusun Nangadoro Desa Hu`u tersebut.

Dalam dialog tersebut warga masyarakat menuntut agar pihak PT STM mencari alternative supaya air bersih yang dibutuhkan warga lancar. Pada kesempata itu juga warga masyarakat mengungkapkan bahwa PT. Machmahon yang melakukan pengeboran air di wilayah tambang Hu`u dihkabarkan memanfaatkan air hanya untuk keperluannya sendiri.  

Selain itu warga masyarakat berharap agar pihak PT STM bis berkomunikasi dengan pihak PT Macmahon menyalurkan air bersih yang dibor nya itu untuk kepentingan warga sebagaian. Selain itu warga juga meminta kepada pihak PT STM agar menambah bak air.

Humas PT STM yang diwakili Emil, Sawan dan Suhardin saat dialog tersebut menjelaskan, pihaknya saat ini belum bisa melaksanakan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga karena di lokasi atau lahan tersebut masih terdapat tanaman  jagung warga, sehingga sementara pekerjaan dihentikan sambil menunggu panen. Paling lambat menurut Humas PT STM selambat2nya mobilisasi alat untuk pengeboran air akan dilakukan awal bulan April ini sudah ada.

Dialog yang berlangsung damai tersebut warga masayarakat dusun Nanga doro desa Hu'u Kec Hu'u kabupaten Dompu mengaku puas dan menerima baik penjelasan pihak PT STM dan pada saat itu pula warga membuka pemblokiran jalan sehingga lalulintas jalan normal kembali.

Usai dialog para pihak bersama Humas PT STM dan masyarakat dusun Nangadoro menuju lokasi pengeboran air secara bersama sama guna diketahui langsung aktifitas pengeboran air oleh PT Macmahon di lokasi kontrak Karya PT STM tersebut.

Communications Manager PT STM Agus Hermawan

Ditempat terpisah Communications Manager PT STM Agus Hermawan saat dihubungi BidiNews mengatakan, Bantuan air bersih untuk dusun Nangadoro memang sudah masuk perencanaan PT STM, hanya tinggal menunggu pelaksanaan saja. Program bantuan sumur dalam untuk keperluan air bersih ini dalam tahap awal kita lakukan di desa Nangadoro dan Marada,” jelas Agus Hermawan.

Diungkapkan Agus Hermawan, di dusun Nangadoro PT STM juga selesai membangun kembali masjid Al Abrar yang diresmikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Dompu, H Burhan pada Januari 2022 lalu.” Ujarnya.


Pewarta : Ahmad
Editor  : BN-007

0 Komentar