Dahsyatnya Keistimewaan Ramadhan, Begini.... Kata Imam Masjid Al Achwan


Keistimewaan bulan Ramadhan dalam Al Quran dan hadits banyak dijelaskan. Bulan suci Ramadhan menjadi momen yang paling dinanti dan dirindukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Demikian Disampaikan Drs. H. Muhammad Nasikhin, M. Ag dalam ceramah singkatnya dihadapan jamaah sholat subuh  di Masjid Al Achwan Lingkungan Griya Pagutan Indah (GPI) Mataram pada senen,4/4/22 hari kedua Ramadhan 1443 H.

BidikNews - Banyaknya keistimewaan bulan Ramadhan, membuat umat muslim merasakan nikmatnya menjalani ibadah. Di bulan suci Ramadhan, umat Islam dianjurkan untuk banyak berdoa dan berbuat kebaikan, baik dalam konsep Hablum Minallah (hubungan manusia dengan Sang Pencipta), Hablum Minannas (hubungan antar individu) maupun Hablum Minal 'Alam (hubungan manusia dengan alam). Ketiganya saling berkesinambungan dalam mendapatkan ridha Allah SWT." kata H.M.Nasikhin.

Dari sekian banyak amal kebaikan yang tertuang dalam ketiga konsep tersebut, ada sejumlah amalan yang disukai Allah SWT. Alangkah indahnya jika kita bisa menjalankannya, demi meraih keistimewaan bulan Ramadhan. Begitu istimewanya bulan suci ini, dengan menantikannya saja sudah bernilai ganjaran terbebas dari api neraka." jelasnya dihadapan ratusan jamaah sholat subuh itu.

Dalam ceramah singkatnya tersebut Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram inimenyampikan Dahsyatnya Keistimewaan bulan Ramdhan, yakni terdapat malam Lailatul Qadar, kemudian diturunkannya Alquran, serta bulan yang berlimpah pahala.

Bulan dikabulkannya doa-doa, bulan yang penuh ampunan, bulan yang penuh syafaat. Dibulan Ramadhan setan-setan dibelenggu, serta pintu pintu neraka ditutup dan pintu pintu surga dibuka,” terang Ustadz yang murah senyum dan tawadhu dalam kesehariannya ini.

Dikatakannya, Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan untuk menghapus dosa-dosa yang sebelumnya pernah kita lakukan. Seorang Muslim yang berpuasa secara ikhlas, menahan panas, lapar dan haus, maka panasnya berpuasa itu menjadi simbol untuk membakar dosa-dosanya.

Bulan Ramadhan kata Ustadz H.M.Nasikhin, kerap disebut dengan bulan syahrun mubarak. Keistimewaan bulan Ramadhan bukan hanya mendapatkan berkah pahala semata tapi juga ada berkah lain dari aspek ekonomi, di mana Ramadhan memberi keberkahan ekonomi bagi para pedagang dan lainnya. Banyak yang diuntungkan di bulan Ramadhan, antara lain, penjual Buah-Buahan. Penjual Kue. Toko pakaian dan Perlengkapan Shalat dan lain lain.

Kemudian bagi fakir miskin, terdapat keistimewaan di bulan Ramadhan tersendiri. Pada bulan suci ini, seorang muslim digalakkan dan disunnahkan untuk berinfaq dan bersedekah. Bahkan diwajibkan untuk membayar zakat fitrah untuk golongan yang membutuhkan.” Kata HM. Nasikhin.

Peristiwa Lailatul Qadar merupakan salah satu dahsyatnya keistimewaan Ramadhan. Begitu pula Al quranul Karim diturunkan Allah pada Bulan Ramadhan. Keistimewaan bulan Ramadhan dalam Al Quran telah dijelaskan Allah SWT yang tertuang dalam surah Al Qadr ayat 1-5. yang artinya:

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." (QS. Al Qadr ayat 1-5)

Ustadz H. Nasikhin juga mengungkapkan dahsyatnya keistimewaan Ramadhan lainnya adalah Sedekah. Sedekah terbaik kata H.M.Nasikhin saat bulan Ramadhan karena pahala sedekah di waktu ini, menjadi yang terbaik dibanding waktu yang lain.

Sebagai keistimewaan bulan Ramadhan yang penuh berkah, alangkah baiknya kita tak perlu ragu dalam berbagi. Bahkan Allah SWT menjanjikan akan melipatgandakan rezeki.” Katanya.

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid ayat 18).

Pewarta : Dae ompu
Editor    : BN-007

1 Komentar