DR.H.Maimun Zubair, M.Pd, Ungkap "Rahasia" Marhaban Ya Ramadhan


"Marhaban Ya Ramadhan atau Ramadhan Kareem sering dilihat di sejumlah tempat menjelang datangnya bulan puasa. Tulisan Marhaban Ya Ramadhan juga kerap menghiasi beranda media sosial akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui makna yang dikandung dua kata dari bahasa Arab terseb
ut
".

BidikNews - DR. H. Maimun Zubair, M.Pd mengungkapkan kalimat “Marhaban Ya Ramadhan dan Ramadhan Kareem” biasanya disampaikan saat orang berkirim pesan untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan, baik melalui media sosial atau bisa ditemui di berbagai tempat, seperti baliho, iklan, poster, bahkan di pusat perbelanjaan.” tuturnya

Dihadapan ribuan jamaah hari pertama sholat tarawih Masjid Al Achwan di lingkungan Griya Pagutan Indah (GPI) Mataram, DR. Maimun Zubair, M.Pd mengatakan istilah Marhaban Ya Ramadhan adalah “Selamat Datang Bulan Ramadhan”.

Kata Ramadhan merujuk kepada bulan ke-9 pada kalender Hijriah yang mana seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan menjalankan ibadah-ibadah lainnya di bulan Ramadhan

Dijelaskannya, kata Marhaban berarti luas atau lebar. Kata tersebut diucapkan kepada tamu untuk mengungkapkan bahwa ia disambut dengan hati lapang penuh kegembiraan.

Dengan demikian arti kata Marhaban Ya Ramadhan secara luas adalah “Selamat Datang Ramadhan, kami menyambutMu dengan penuh lapang dada dan kegembiraan.”

Karena itu kata Marhamban ya Ramadhan wajar untuk diucapkan ketika orang menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang senantiasa bergembira dan berlapang dada.” ucap Staf pengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram.

Sedangkan uacapan Ramadhan Kareem, kata DR. H.Maimun Jubair memiliki arti "Ramadan yang pemurah atau murah hati".  

Saat kalimat Ramadhan Kareem diucapkan pada orang lain, ia seolah-olah sedang menyampaikan pesan “Selamat menjalani Ramadhan dengan murah hati.” Maka  sangat indah jika dibalas dengan ucapan “Allahu Akram” yang bermakna "Allah jauh lebih murah hati.” Ucap Maimun Zubair.

“Setahun tak terasa, Ramadan pun telah kembali. Mari kita awali Bulan suci Ramadhan ini dengan ucapan Bismillah, untuk menyambut bulan penuh berkah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa kita semoga diampunkan segala dosa.” Ujar DR. H. Maimun Zubair yang juga Ketua Takmir Masjid Al Achwan saat memberikan sambutan pada hari pertama sholat tarawih di Lingkungan Griya Pagutan Indah Mataram.

"Setitik tinta dapat jadi noda. Setitik salah bisa jadi dosa. Karena itu di bulan penuh berkah ini mari kita tekun ibadah. Marhaban ya Ramadan" (*)

Pewarta : dae ompu
Editor    : BN-007

1 Komentar