Pinandita Kota Mataram Lakukan Dhamayatra ke Sumbawa

Pinandita Kota Mataram Lakukan Dhamayatra ke Sumbawa

 BidikNews - Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Korda Kota Mataram melakukan Dharmayatra ke Pulau Sumbawa pada Minggu 15 Mei 2022.

Ketua PSN Korda Kota Mataram Pinandita Gde I Ketut Susila S.Pd menyampaikan bahwa dharmayatra ini diikuti oleh 92 orang Pinandita dari Kota Mataram.

Dharmayatra ini sebagai upaya untuk penguatan Trihita Karana (hubungan dengan Tuhan, hubungan dengan sesama manusia, dan hubungan kepada alam).

Acara Dharmayatra diisi dengan simakrama dan Rsi Yadnya kepada para Pinandita yang ada di Pulau Sumbawa.

Setelah Rsi Yadnya, Dharmayatra dilanjutkan menuju Pura Jagatnatha Sumbawa untuk melaksanakan persembahyangan Shanti Puja.

Menurut Pinandita Gde I Ketut Susila, Shanti puja untuk berdoa agar bangsa Indonesia khususnya masyarakat NTB agar senantiasa mendapat keselamatan dan kedamaian.

Pinandita Gde I Ketut Susila menegaskan Dharmayatra PSN Kota Mataram ini terselenggara atas dukungan Wakil Ketua DPRD Kota Mataram, I Gde Sudiarta dan Pinandita Guru Gede Wenten bersama Pinandita Gede Ardana.

"Kami semua akan melakukan persembahyangan bersama berdoa bersama dengan harapan bencana alam termasuk covid agar segera sirna, sehingga aktivitas masyarakat bisa normal kembali," terangnya.

Sementara itu Pinandita Gede Ardana menyampaikan bahwa Shanti Puja ini merupakan upaya PSN Kota Mataram untuk melaksanakan Dharma Agama dan Dharma Negara.

Ia berharap kegiatan Simakrama yang diinisiasi oleh PSN Kota Mataram ini bisa meningkatkan tali persaudaraan.

"Semoga ke depannya, kegiatan serupa ini bisa terus berlangsung. Dan tidak hanya ke Sumbawa saja, melainkan bisa ke daerah-daerah lain. Serta mengharap dukungan dari lembaga terkait dan pemerintah." Pungkas Pinandita Gede Ardana.

Pewarta: Hadi
Editor: BN-11

0 Komentar