Kadis Kominfo Kab.Dompu Ingatkan Bahaya Bermedsos Bagi Anak dan Remaja


Para orang tua perlu memperhatikan dan mengenali aturan jenis media sosial yang akan digunakan si anak. Mengingat bahwa media sosial tidak bisa menggantikan orang tua atau guru dalam hal penanaman karakter.

BidikNews,Dompu,NTB - Kebutuhan perangkat gadget, seperti HP dan Tablet Android yang tidak bisa di hindarkan lagi, di Jaman modern sekarang ini, dengan kemajuan teknologi canggih, seringkali kita lihat anak-anak di usia ramaja seperti anak sekolah bahkan sekolah dasar sudah menggunakan perangkat tersebut, karena punya dampak positif untuk anak-anak dibawah umur (Pelajar).

disamping itu juga, berdampak Negatif bagi anak-anak itu sendiri, untuk itu berhati-hati dalam melakukan/menggunakan aktivitas di media sosial, seperti Facebook, Twitter dan lainnya, karena saat ini banyak sekali foto, video dan gambar yang tidak bisa ditonton oleh anak-anak, misalnya video untuk 17 tahun ke atas atau video dan gambar yang memang tidak bisa ditonton oleh anak-anak atau larangan untuk anak.

Sehingga Kondisi seperti ini sangat berdampak pada penggunaan Facebook anak dibawah umur. "Coba kita lihat di Facebook banyak sekali muncul foto dan video yang tidak senonoh. Maka itu, perlu ada perhatian serius dari para pihak," Kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dompu, Abdul Syahid SH, Rabu (4/1/2023). 

Menurutnya, kondisi seperti ini, sangat dibutuhkan pengawasan secara khusus dari para orang tua, dalam mengawasi anak-anaknya saat menggunakan telepon genggam (telepon seluler/hp). "Ini yang harus dilakukan oleh para orang tua," jelasnya.

Sehingga ketika anak-anak dibawah umur menggunakan aplikasi jejaring sosial Facebook, yang dikhawatirkan akan mempengaruhi secara psikologis. Apalagi, aplikasi tersebut banyak mempertontonkan hal-hal yang tidak senonoh. "Meski aplikasi Facebook ada hal yang positif, tapi juga ada hal yang negatif yang bisa merusak pengetahuan anak-anak," jelas Kadis Kominfo.

Kemudian untuk mengatasi hal ini, pihaknya akan terus mengimbau kepada masyarakat, khususnya para orang tua agar mengawasi secara ketat anak-anaknya dalam menggunakan HP.

sehingga masa depan anak tergantung pada orang tua, untuk mengawasi anak-anak. Ini yang harus kita sadari dan wajib kita lakukan dan juga bimbingan dari guru-gurunya disekolah,"ujarnya.


Kenali Aturan Media Sosial

Abdul Syahid juga mengingatkan agar para orang tua perlu memperhatikan dan mengenali aturan jenis media sosial yang akan digunakan si anak. Pasalnya, masing-masing media sosial pasti memiliki kebijakannya sendiri dalam menentukan usia penggunanya.

Namun orang tua tetap harus mengawasi anaknya saat menggunakan media sosial. Bahkan sebaiknya orang tua menemani anaknya saat membuka akun. Akan lebih baik lagi jika orang tua lebih dulu menelusuri serta menggunakan akun media sosial tersebut, untuk melihat apakah benar cocok digunakan si anak atau tidak," katanya

Pewarta : Iwan Westom

0 Komentar