Lepas Peserta Magang ke Jepang, Ini Pesan Bupati Lotim H. M. Sukiman Azmy


BidikNews,Lotim,NTB
- Kata “sukses” mudah diucapkan namun sulit diraih. Karena itu dibutuhkan tekad dan semangat membaja menghadapi tantangan, terlebih di luar negeri yang memiliki banyak perbedaan. Tanpa kemampuan penyesuaian yang baik maka akan sulit meraih sukses. 

Ungkapan itu disampaikan Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy dirilis Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Lotim sebelum melepas peserta magang dan pelatihan ke Jepang di Wisma Haji Selong, Sabtu (28/1). 

Bupati yang hadir bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, kalak BPBD, dan jajaran Forkopimda Lombok Timur menguraikan upaya yang perlu dilakukan meraih sukses. 

Sukses, ungkapnya, dapat diraih dengan serius. Serius bermakna sungguh-sungguh sejak mempersiapkan diri hingga melaksanakan tugas nantinya. Selain serius ulet juga dibutuhkan. Ulet pada konteks ini adalah mampu menghadapi tantangan atau kendala yang ada dan tetap rajin, tekun, dan gigih. 

Modal berikutnya adalah konsisten, tetap pada pendirian, “sekali bercita-cita ke Jepang penuhi persyaratannya, ulet, tekun, rajin mengikuti arahan dan pendidikan,” pesannya. Selain itu dibutuhkan pula kesabaran. 

Kesabaran para peserta nantinya akan diuji melalui berbagai kesulitan. Akan tetapi Bupati berpesan agar bersabar, “pelan tapi pasti berkat kesabaran itu, kita akan menerima hasilnya,” ungkap Bupati.

Pesan berikutnya adalah agar para peserta tetap energik. Menurutnya energik menjadi salah satu sikap masyarakat Jepang yang patut ditiru untuk menyesuaikan diri dengan budaya kerja di negara tersebut. 

Terakhir, Bupati berpesan agar para peserta senantiasa bersyukur. Rasa syukur dapat diwujudkan diantaranya dengan beribadah, berdoa dan zikir kepada Allah SWT, “ndak lupa sembayang, ndak lupa doa, ndak lupa zikir,” pesannya.

Sebagai penutup pidato Bupati berharap agar seluruh peserta dapat meraih kesuksesan yang menjadi tujuan.

Sebelumnya, ketua Ikapeksi NTB Sukri menyampaikan bahwa ada 14 orang pemagang asal Lombok Timur yang akan mengikuti pelatihan tahap II, dan 63 orang yang merupakan calon peserta. 

Pemagang asal Lombok Timur melalui program IM Japan menurutnya cukup sukses, mengingat sejumlah peserta diperpanjang kontraknya. Program magang IM Japan berlangsung 3-5 tahun.

Pewarta  : Afif

0 Komentar