Wujudkan Kemandirian Para Pelaku Usaha, Dinas Koperasi Dompu Lanjutkan Program Pemberdayaan Tahun 2023


BidikNews,Dompu,NTB
- Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Dompu di tahun anggaran 2023 ini kembali meluncurkan program pemberdayaan, hingga bantuan sarana dan prasarana terhadap pelaku usaha.

Sebelumnya program ini pernah diluncurkan di tahun 2022 lalu. akan tetapi belum maksimal, sehingga akan dilanjutkan ditahun 2023, guna keberlanjutan pemberdayaan dan bantuan sarana prasarana untuk mencapai sasaran program keseluruhan. hal itu disampaikan kadis Koperasi dan KUKM. Kamis (19/1/2023) kemarin.


"Program keberlanjutan pemberdayaan dan bantuan sarana prasarana untuk mendorong para pelaku usaha agar mencapai akses pasar yang lebih tinggi." kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Dompu, H. Khairul Insan, MSi.

Selain mendampingi para pelaku usaha untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan melalui pendidikan, pihaknya juga membantu memberikan ruang agar bisa mempromosikan produknya.

"Untuk itu Pemerintah Daerah Kab. Dompu di bawah kepemimpinan AKJ-SYAH, masih tetap mendorong di sektor Koperasi UMKM melalui program pemberdayaan dan bantuan sarana dan prasarana dan keberlanjutan program ini," ungkap Dae Mpera, sapaan akrabnya.

Demi mewujudkan kemandirian bagi para pelaku usaha. Meski masih banyak yang belum mendapatkan bantuan, kini pihaknya akan mendata, membina hingga diberikan fasilitas untuk mengembangkan usahanya.

Meski dengan jumlah anggaran yang sangat terbatas, yang tidak sebanding dengan jumlah pelaku usaha miskin atau kurang mampu yang sudah teridentifikasi mencapai angka 23 ribu.

"Itu berdasarkan hasil data tunggal Indonesia khusus pendataan Kab. Dompu tahun 2022 kemarin, teridentifikasi pelaku usaha mencapai 23 ribu yang bergerak di sektor non pertanian." terangnya.

Lebih lanjut dijelaskan dari realisasi program tersebut di tahun 2022 yang mencapai 1 milyar rupiah itu, disebutkan bahwa sasarannya hanya di peruntuhkan untuk pemberdayaan,

"diberikan bantuan bagi pelaku usaha Antara lain, mesin jahit, alat cukur.
Kemudian diberikan bantuan sarananya seperti rombong, Kompresor bagi pelaku usaha yang membutuhkan." Jelasnya.

Sehingga program ini tetap berlanjut, walaupun jumlah anggarannya sangat berbeda dari tahun sebelumnya. karena di tahun 2023 ini, jumlah anggaran yang digelontorkan sekitar 1 milyar rupiah.

Nantinya program ini dapat membantu para pelaku usaha dengan jumlah pelaku usaha yang bergerak di beberapa sektor di Kab. Dompu yang mencapai 23 ribu itu, khususnya masyarakat yang kurang mampu yang perlu didorong kemandiriannya." Ujarnya.

H. Khairul Insan, semasih dirinya diberikan kepercayaan untuk menjabat Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan menengah, akan menyelesaikan salah satu masalah tersebut dengan cara perdayakan para pelaku usaha sesuai porsi anggaran yang tersedia.

Pewarta Iwan.Westom

0 Komentar