Keluarga Besar SMAN 1 Woja Ucapkan Marhaban Ya..Ramadhan 1444 H


BidikNews,Dompu,NTB
- Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu umat Islam di seluruh dunia. Di bulan Ramadhan, umat Muslim berlomba mengejar pahala dan kebaikan. Saat bulan Ramadhan tiba, semua umat Muslim dewasa atau balig diwajibkan melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan.

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah, dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan puasa dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad menurut keyakinan umat Muslim. Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari rukun Islam.

Ramadhan merupakan bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan. Dalam sebuah hadits riwayat Ahmad disebutkan bahwa pintu surga akan dibuka dan pintu neraka akan ditutup pada bulan ini. Bahkan, setan akan dibelenggu.

Artinya: “Telah datang bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu. Saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.” (HR. Ahmad).

Pada bulan ini setiap muslim diwajibkan untuk berpuasa. Sebagaimana diperintahkan Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 185.

Artinya: “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka berpuasalah.” (QS. Al Baqarah: 185).

Karena itu, Melalui Bulan yang penuh berhkan ini, Keluarga Besar SMAN 1 Woja Dompu menyampaikan selamat menunaikan ibadah Puasa 1444 H/2023 M.

Pewarta: Iwan Westom

0 Komentar