Ahli Temukan Lokasi Neraka, Miliaran Kali Panas Matahari


BidikNews,Mataram,NTB
- Tempat terpanas di alam semesta bukanlah Matahari. Namun ada sebuah lubang hitam yang dilaporkan memiliki suhu jauh lebih panas dari pusat Tata Surya itu.

Bernama Quasar 3C273, lubang hitam itu memiliki suhu inti lebih dari 10 triliun derajat Celcius. Sebagai perbandingan, suhu permukaan Matahari 'hanya' 5.500 derajat celcius.

Obyek tersebut berjarak 2,4 miliar tahun cahaya dari Bumi. "Saya pikir jawaban yang sangat dekat dengan lubang hitam besar, khususnya yang berakresi, yang artinya melahap gas," kata postdoctoral di Black Hole Initiative, Daniel Palumbo, dikutip dari Live Science, Kamis (24/8/2023).

Quasar 3C273 punya karakteristik sama seperti lubang hitam lainnya. Yakni gravitasinya sangat kuat, membuat tidak ada objek apapun yang bisa lepas dari tarikannya.

Soal tempat terpanas di jagat raya ini bisa bergantung pada pertanyaan yang diajukan, ungkap peneliti Black Hole Initiative bernama Koushik Chatterjee. Dia mengatakan tempat dengan suhu paling tinggi adalah saat peristiwa besar terjadi di antariksa.

Misalnya saat dua objek berukuran besar bertabrakan. Ledakan dari peristiwa itu akan membuat lonjakan suhu sangat tinggi.

Sebuah studi yang diterbitkan jurnal Nature Physics tulis CNBC Indonesia, 24 August 2023 menyebutkan dua bintang neutron, inti bintang besar yang runtuh, bertabrakan akan menghasilkan suhu mencapai 800 miliar derajat celcius.

Bukan hanya itu, Chatterjee menjelaskan bintang neutron yang bertabrakan dengan lubang hitam juga bisa menghasilkan suhu yang tinggi. Tabrakan kosmik ini dilaporkan hanya terjadi dalam sekejap saja.

Palumbo juga mengakui sulit menentukan suhu terpanas di alam semesta. Dia menekankan adanya masalah pada jarak yang jauh dengan obyek-obyek tersebut.

"Sulit mempelajari suhu benda yang sangat jauh, Anda tidak bisa mengukurnya dengan termometer," ungkapnya.

Pewarta: Tim BidikNews


0 Komentar