Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di GPI Mataram, Hadirkan TGH. Mujiburrahman Sebagai Penceramah

Foto: Repro BidikNews

Maulid Nabi adalah momen memperingati hari kelahiran Baginda Nabi Muhammad SAW. Umat Islam dari seluruh dunia memilki cara uniknya masing-masing dalam menyemarakkan peringatan Maulid Nabi. Namun, kegiatan yang berbeda tersebut tetap memiliki tujuan yang sama.

BidikNews,Mataram,NTB - Diadakannya Maulid Nabi memiliki beberapa tujuan, Pertama, Maulid Nabi diperingati setiap tahunnya agar kita dapat mengenal dan mencintai Rasulullah SAW lebih dalam lagi

Kedua, dengan diperingatinya Maulid Nabi kita bisa belajar sejarah dan ajaran-ajaran yang ia tinggalkan. Banyak sifat-sifat nabi yang dapat kita teladani seperti Sidiq, Amanah, Fatonah, dan Tabligh.

Ketiga, agar kita tetap bersemangat menyiarkan dan menjalankan ajaran agama Islam. Dengan begitu kita menjalankan segala kewajiban umat Islam seperti salat 5 waktu, puasa, dan bersedekah.

Maka atas dasar inilah Takmir Masjid Al Achwan beserta warga Muslim di Lingkungan Griya Pagutan Indah (GPI) Mataram bersinergi untuk memperingati acara maulid nabi Muhammad SAW. 

Acara yang digelar pada hari Jumat, 6 Oktober 2023 ini bertempat di Masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram usai sholat Magrib berjamaah. Hadir sebagai penceramah peringatan maulid tersebut yakni TGH. Mujiburrahman (Wakil Walikota Mataram).

Rangkaian acara maulid Nabi Muhammad SAW diawali dengan sambutan Ketua Takmir Masjid Al Achwan, Prof. DR. H. Maimun Jubair, M.Pd. 

Dalam sambutannya, Prof. DR. H. Maimun Jubair, M.Pd. menyampaikan ucapan terima kasih kepada TGH. Mujiburrahman (Wakil Walikota Mataram) yang telah meluangkan waktu untuk hadir ditengah warga muslim Griya Pagutan Indah Mataram.

Kehadiran Wakil Walikota Mataram, TGH. Mujiburrahman kata Prof. Maimun merupakan satu kehormatan bagi warga kepada Wakil Walikota Mataram yang selama ini dirindukan kehadirannya.

Prof.Maimun mengatakan, Peringatan Maulid yang dilaksanakan setiap tahunnya untuk selalu mengingat nabi yang Mulia Muhammad SAW sehingga keteladannya dapat diikuti oleh seluruh ummat Muslim.

Diakhir sambutannya, Prof.H. Maimun mengajak jamaah muslim Griya Pagutan Indah untuk senantiasa terus menanamkan rasa cinta kepada Baginda Nabi serta mengikuti keteladanan Rasulullah Muhammad SAW. 

Ketua Takmir Masjid Al Achwan, Prof. DR. H. Maimun Jubair, M.Pd. ketika memberikan sambutan di acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di masjidAl Achwan GPI Mataram

Sementara itu, TGH.Mijiburrahman ketika mengawali uraian hikmah maulid Nabi Besar Muhammad SAW mengungkapkan rasa senang dan bahagianya karena dapat hadir dan bertemu dengan warga masyarakat di Lingkungan Griya Pagutan Indah Mataram yang dicintainya.

Dalam Kesempatan yang istimewa itu, TGH. Mujiburrahman mengajak agar kita semua selalu mengingat akan keteladanan Nabi Besar Muhammad SAW.

Dalam uraian hikmah Maulidnya, TGH. Mujiburrahman mengatakan bahwa dengan memperingati Maulid Nabi akan mempertebal rasa cinta kepada Baginda Rasul dan meneladani akhlak beliau. 

Meneladani akhlak beliau kata TGH Mujiburrahman harus benar-benar menanamkan rasa cinta yang sejati kepada Baginda Rasul. Banyak sekali ajaran, anjuran yang diajarkan beliau sebagai teladan untuk kita sebagai ummat yang dicintainya.

Bagaimana kita menunjukkan cinta kepada Rasulullah,? yakni keinginan kuat untuk bertemu dan berkumpul bersama Rasul kelak. Kemudian, menaati beliau dengan menjalankan sunahnya dan mengikuti ajarannya serta memperbanyak salawat kepadanya.dan selalu mencintai orang-orang yang dicintai Nabi.” Kata TGH.Mujiburrahman.

Hikmah lain dari uraian ceramah yang disampaikan Wakil Walikota Mataram itu memberi isyarat bahwa untuk semakin mencintai Rasulullah kita perlu sering memahami kisah-kisah beliau yang menggetarkan jiwa. Kita perlu sering membaca risalah Rasulullah dengan segala kesempurnaan akal dan akhlaknya. Kita berusaha menghidupkan sunnah Rasulullah dalam keseharian kita, mulai dari yang paling sederhana.

Dari uraian hikmah Maulid yang disampaikan TGH.Mujiburrahman tersebut jika kita ingin mencintai Baginda Rasulullah maka kita harus Mentaati perintah beliau, Membenarkan berita dan kabar yang beliau bawa, mengerjakan apa yang di perintah-Nya, menjauih apa yang dilarang-Nya dan selalu berdoa dan bersholawat untuk-Nya (Nabi Muhammad SAW ). 

Diakhir uraian hikmah Maulid, TGH.Mujiburrahman berpesan dengan memperingati lahirnya baginda nabi Muhammad SAW serta menjalani semua syariat yang diajarkannya semoga menjadikan bukti kecintaan kita pada Rosulullah SAW, hingga kita semua mendapat syafaat Nabi Muhammad  SAW.

Foto bersama. TGH. Mujiburrahman berpose bersama Ja,aah masjid Al Achwan usai ceramah maulid pada Jum`at, 6 Oktober 2023

Hadir dalam acara peringatan Maulid antara lain, Prof.DR.H. Maimun Jubair, M.Pd, Prof. DR. H. Ahmad Amir Azis, M. Ag, Prof. Tato Asmuni, Prof. DR. H. Kadri, M. Si, Imam Besar Masjid Al Achwan Ustadz Drs.H.Muhammad Nasikhin, M.Ag berserta seluruh jamah Muslim maupun ibu-ibu majelis Taklim di Lingkugan GPI. 

Turut Hadir mendampingi TGH. Mujiburrahman (Wakil Walikota Mataram), Camat Sekarbela Mataram, Cahya Samudra dan Camat Mataram serta Kepala Lingkungan GPI dan seluruh Ketua RT se Griya Pagutan Indah Mataram.

Jamaah Muslim yang hadir pada peringhatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al Achwan itu Nampak bersatu dalam cinta, cinta kepada baginda nabi Muhammad SAW. 

Peringatan Maulid dengan tema "Membangun Generasi Cinta Rasul dan Meneladani Ahlak" itu  dipandu oleh Sekrearis Umum Takmir Masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram, Ilhamuddin Kaimuddin, S.Pd tersebut berlangsung khidmat, sekaligus membuat jamaah yang hadir terpesona dengan uraian hikmah Maulid yang disampikan Wakil Walikota Mataram itu.

Pewarta: Dae Ompu



0 Komentar