DEMA FEBI UIN Mataram Gelar Sholat Ghaib dan Doa Bersama untuk Rakyat Palestina


Perang yang berkecamuk antara Israel dan Hamas yang dimulai kembali sejak 7 Oktober menjadi mula jerit tangis dan kepedihan di tanah Gaza. Puluhan Ribu perempuan dan anak-anak tak bersalah turut meregang nyawa. Air mata dan darah orang-orang tak berdosa tumpah di bumi Palestina. Kebiadaban Zionis Yahudi tak kunjung berhenti, walau suara lantang seluruh penjuru dunia mengecam konflik kemanusiaan ini. Situasi tersebut memantik nurani DEMA FEBI UIN Mataram.

BidikNews.net,Mataram,NTB - Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram menggelar acara sholat ghaib dan doa bersama yang dihadiri oleh segenap komponen akademik FEBI, termasuk Dekan, para Wakil Dekan, Kaprodi, dan mahasiswa. 

Sholat ghaib dan doa bersama untuk Palestina tersebut dilaksanakan pada Rabu 15 Nopember 2023 bertempat di area parkir FEBI UIN Mataram sebagai wujud dukungan moral dan kepedulian kepada rakyat Palestina yang sedang menghadapi kondisi sulit serta mendorong negara-negara lain untuk mendukung penghentian serangan Israel terhadap Palestina.

Dalam atmosfer yang penuh kekhusyukan, sholat ghaib dipimpin oleh Dr. H Khairul Hamim, MA wakil dekan dua FEBI, diikuti oleh para dosen, staf, dan mahasiswa FEBI UIN Mataram. Setiap rangkaian doa diarahkan untuk mengirimkan harapan dan kekuatan kepada rakyat Palestina yang berada dalam cobaan yang sulit.

Acara ini menjadi lebih istimewa dengan kehadiran Dekan FEBI, Prof Dr Riduan Mas'ud, yang ikut serta dalam barisan sholat ghaib dan doa bersama, dan juga Para Wakil Dekan, Kaprodi, dan staf lainnya juga turut serta, membentuk satu kesatuan dalam doa dan kepedulian untuk warga Palestina.

Dekan FEBI, Prof Dr Riduan Mas'ud usai sholat ghaib dan doa bersama dalam sambutannya menyampaikan agar kita semua bersama-sama mengirimkan pesan kepedulian, kekuatan, dan harapan kepada saudara-saudara kita di Palestina. Semoga doa kita menjadi energi positif yang mampu memberikan kekuatan dan ketabahan bagi mereka." Ujarnya.

Para mahasiswa yang turut serta dalam acara ini juga menyatakan rasa kepedulian mereka. 

Rizwan mahasiswa semeter 5 jurusan ekonomi islam, salah seorang peserta, menyampaikan, Ini bukan hanya doa, tapi juga bentuk aksi kecil kami untuk mendukung dan berbagi beban dengan saudara-saudara kita di Palestina." Kata Rizwan dengan mata berkaca-kaca.

Acara sholat ghaib dan doa bersama ini menciptakan momen kebersamaan dan solidaritas di antara civitas akademika FEBI UIN Mataram, sekaligus mengingatkan bahwa kekuatan yang sesungguhnya terletak pada kebersamaan dan kepedulian kita kepada sesama. 

Semoga doa dan kepedulian ini dapat membawa keberkahan dan perdamaian bagi rakyat Palestina.” Ujar Mahasiswa lainnya.


Kabag Humas dan Kerjasama UIN Mataram, H.Sapardi, SE, MM dalam keterangannya kepada media ini mengatakan, kegiatan Sholat Ghaib dan Doa bersama yang dilaksanakan DEMA FEBI UIN Mataram sebagai bentuk kepedlian kemanusiaan terhadap warga Palestina yang saat ini tengah menderita akibat serangan brutal Zionis Israel. 

Melalui kesempatan yang baik ini DEMA FEBI UIN Mataram mengajak kepada kita semua untuk luangkan waktu selepas solat, berdoa agar penderitaan yang dialami oleh saudara kita yang berada di Palestina cepat usai dan semoga mereka yang telah mendahului kita, meninggal dalam keadaan Syaid dan Husnul Khotimah,” katanya sambil menahan kesedihan.  

H.Sapardi juga menyampaikan akan pentingnya kepedulian terhadap situasi di Palestina dan bagaimana doa bersama ini dapat menjadi bentuk kecil dari kontribusi kita dalam mendukung perdamaian.

“Kita memang tidak bisa membantu Palestina melalui perang, tapi kitab bisa berdoa kepada Allah supaya diberi kekuatan kepada saudara-saudara kita muslim yang ada di Palestina,” tutupnya.

Pewarta: Tim BidikNews.net


0 Komentar