Miq Gite Gaungkan NTB Maju Melaju, Tiga Kepala OPD Mundur, Pj. Sekda Bilang Tidak Menjadi Persoalan


BidikNews,Mataram,NTB
- Tiga Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB mengundurkan diri. 

Tiga Kepala OPD tersebut diantaranya Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB, Taufiek Hidayat, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB, Amry Rakhman, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, Mahdi.

Pengunduran diri tiga Kepala OPD tersebut disaat Pj. Gubernur Miq Gite bersemangat  menggaungkan NTB Maju Melaju menuju NTB yang Gemilangbersama masyarakat. 

Pengunduran diri Tiga Kepala OPD tersebut ditanggapi serius Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Drs. Fathurrahman. Dalam keterangannya kepada wartawan, Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Drs. Fathurrahman mengatakan pengunduran diri kepala OPD sebutnya sebagai sesuatu hal yang biasa. 

Menurut Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Drs. Fathurrahman, alih fungsi Pejabat Struktural menjadi Fungsional sangat lumrah terjadi di lingkup Pemerintahan.

“Jadi itu alih status, mereka tentu ada pilihan-pilihan dari struktural menjadi fungsional kan seperti itu. Atau ingin memperpanjang masa pensiunnya,” kata Penjabat Sekda NTB Drs. Fathurrahman, Rabu (25/10/2023).

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) NTB Drs. Fathurrahman negatakan,  mundurnya tiga Kepala OPD ini tidak menjadi persoalan. Terlebih jika Pejabat yang bersangkutan ingin mengabdikan diri lebih lama sebagai ASN.” Katanya.

“Kalau ASN beralih menjadi fungsional atau menjadi dosen itu tentu tidak ada persoalan. Itu pilihan dari ASN, bahkan sekarang pemerintah mendorong bagaimana ASN ini lebih mandiri di jalur fungsional,” jelas Faturrahman.

Fathurrahman menegaskan, dengan mundurnya tiga kepala OPD tersebut Pemprov NTB tidak akan kekurangan pejabat eselon II, karena masih banyak Pejabat Eselon III yang akan mengisi kekosongan jabatan Kepala OPD tersebut. Oleh karena itu, Pemprov berencana membuka open bidding atau Pansel untuk tiga jabatan Kepala Dinas.

Saat ini tercatat ada tiga Kepala OPD lingkup Pemprov yang lowong. Diantaranya Kepala Dinas PUPR NTB yang resmi ditinggalkan Mohammad Rum, kemudian Kepala BRIDA NTB, dan Staf Ahli Setda NTB Bidang Infrastruktur.

Sebelumnya Pj. Gubernur NTB Drs.HL. Gita Ariadi meminta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau kepala dinas yang tidak 'nyaman' bekerja sama dengan dirinya untuk mengundurkan diri.

Hal itu disampaikan Lalu Gita saat ketika memberikan sambutan dalam Sosialisasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024-2026. Sosialisasi tersebut merupakan kegiatan perdana Lalu Gita seusai dilantik menjadi Pj Gubernur NTB pada Jumat (22/9/2023) di Mataram. Seluruh kepala dinas lingkup Pemprov NTB ketika itu hadir dalam kesempatan tersebut.

Pewarta : Tim BidikNews


0 Komentar